Umur Manusia Makin Pendek

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

USIA umat Muhammad Saw tidak sepanjang usia umat-umat sebelumnya. Umat atau bangsa terdahulu dikaruniai usia yang sangat panjang. Lihat misalnya Nabi Nuh a.s. Menurut satu riwayat, usianya mencapai 1.650 tahun. Sebelum peristiwa banjir bandang terjadi, Nabi Nuh telah berdakwah selama 950 tahun. Allah Subhanahu Wata’ala mengabarkan dalam Al-Quran, “Sesungguhnya kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun.” (Al-‘Ankabut: 14).

Sebelum diutus menjadi Rasul, usia Nuh sudah 350 tahun. Sesudah terjadinya banjir bandang yang dahsyat, ia masih hidup selama 350 tahun lagi. Jadi, total usianya sekitar 1.650 tahun (Tafsir al-Thabari, juz 20).

Berapa usia kaum muslim rata-rata? Berkisar antara 60 hingga 70 tahun. Hal ini dinyatakan dalam berbagai riwayat hadist. Salah satunya diriwayatkan oleh Muhammad ibn al-Musayyab ibn Ishaq. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda, “Usia umatku berkisar antara 60 hingga 70 tahun. Sedikit sekali di antara mereka yang melebihi usia tersebut.” (Shahih Ibni Hibban, …. dari Abu Hurairah).

Dalil di atas merupakan ayat Qauliyah yaitu ketentuan Alloh baik melalui Alqur’an maupun Hadits Nabi. Mau tidak mau, sebagai orang yang beriman kita harus mempercayainya. Namun jangan lupa, ada juga ayat Kauniyah, yaitu sunnatullah di alam semesta ini yang pasti akan berlaku. Kita pun wajib untuk membaca dan mentaddaburinya…

Umur manusia makin pendek

Apa yang Anda lihat saat ini dalam perkembangan peradaban manusia? Perubahan? .. Ya… Perubahan dan perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan zaman yang sangat pesat ini juga mengakibatkan perubahan perilaku dan gaya hidup manusia. Lihatlah perkembangan berikut ini :

  • Kemajuan alat transportasi, semuanya serba automatic. Akhirnya membuat orang semakin malas untuk jalan kaki dan bersepeda, padahal itu menyehatkan.
  • Kecanggihan IT, semua serba digital, robotic dan otomatis. Akhirnya membuat manusia sedikit sekali bergerak. Makin sedikit orang yang jalan kaki, olah raga, jogging, dan lain-lain.
  • Kehebatan gadget (TV, laptop, HP, PS, Games tools, dll) membuat orang semakin terlena dengan dunia sendiri alias autis dan malas bergerak. Anak-anak pun tidak pernah bermain dengan aktivitas fisik seperti zaman dulu. Satu-satunya aktivitas fisik yang dilakukan adalah ‘Gerakan Jempol’ karena main gadget.
  • Semakin meratanya signal HP ke pelosok membuat langit kita penuh dengan gelombang elektromagnetik. Konon kabarnya hal ini berimbas pada kesehatan manusia.
  • Maraknya makanan instant, junk food dan fast food semakin menjauhkan dari menu makanan sehat, dan ini semakin digemari dan menjadi budaya hidup manusia saat ini.
  • Zona hijau makin sedikit karena terkikis perkembangan perkotaan. Ditambah lagi semakin tingginya tingkat polusi udara semakin memperparah udara yang kita hirup setiap saat…

WAW… sedemikian HEBAT  perubahan dan perkembangan kehidupan manusia saat ini.

Jadi wajarlah, jika dikatakan makin kesini umur manusia akan semakin pendek. Ternyata seiring dengan perubahan dan perkembangan kehidupannya. Hal ini yang aku yakini, bahwa ayat-ayat Kauniyah akan selalu bertemu dengan ayat-ayat Qauliyah

Salam perubahan…!!!



Categories: Uncategorized

2 replies

Trackbacks

  1. Dunia Berubah Begitu Cepat | Sugibisnis's Blog
  2. Generasi Mbah Google | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: