Inspirasi Menulis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Saya selalu berkeyakinan bahwa kebiasaan menulis tangan di buku khusus ketika sekolah, kuliah, ikut training, mendapatkan inspirasi dan ide baru, dll, pada hakekatnya saya sedang menulis di alam bawah sadar saya. Kenapa bisa??? Karena, apa yang saya tulis tersebut akan lebih berbekas dalam ingatan saya daripada hanya sekedar baca buku atau mendengarkan ceramah. Apa yang kita catat akan mudah diingat dan dipanggil kembali dari memori kita ketika kita membutuhkannya.

Belajar dari seorang Motivator Kocak, Kang Prie GS, yang bisa melihat makna dan hikmah spiritual dari semua benda yang dilihatnya, dari setiap orang yang ditemuinya,  dari semua peristiwa yang dialaminya (Meaningfull). Motivasi disampekan secara spontan dan ceplas ceplos, yang membuat siapapun yang menyimaknya akan tertawa ngakak… Namun di dalamnya penuh dengan pelajaran dan inspirasi. Salutttt… saya sama Kang Prie… Pandanganmu pasti tajam dan bermakna… (kok kayak SCTV ya?)

Inspirasi menulis  Inspirasi menulis

Inspirasi kedua, berasal dari seorang teman di kantor yang hobby-nya sekarang juga selalu menulis di blog, dimana pun dia berada. Setiap tulisannya ringan, singkat, pendek, tapi fokus pada inti topiknya. Dan hebatnya lagi, seringkali dikaitkan dengan kisah sejarah para nabi dan sahabat, sehingga membuat kita yang membacanya tersadar, ternyata peradaban Islam sejak zaman dulu merupakan peradaban terbaik di muka bumi ini. Kadang menyadarkan saya bahwa kontribusi dan prestasi saya di dunia ini masih sangat jauuuhh dari mereka…

Dari 2 orang inspirator inilah, saya mencoba untuk mengikuti jejak mereka. Saya tekadkan dalam diri untuk belajar MENULIS. Saya buka file-file lama, ternyata saya sudah sering menulis pelajaran, motivasi, quote, dll dalam hand book. Saya mencoba membuat blog, eeehh… ternyata saya sudah punya blog lama, yang saya buat di tahun 2009 dengan 4 tulisan awal. Rupanya Impian untuk menulis pernah saya goreskan sejak dulu, namun terpendam dan terkikis dengan hiruk pikuk kehidupan saya selama ini. Dan mulai pertengahan Desember 2017, saya putuskan untuk memiliki web sendiri, untuk menuangkan ide-ide menulis saya…

Inspirasi menulis

Bismillah… Saya akan belajar menulis secara KONSISTEN. Karena saya tahu bahwa begitu buuuaanyakk manfaat menulis bagi diri saya… Lihatlah Quote berikut ini:

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.”
― (Seno Gumira AjidarmaKetika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara)

Salam perubahan…



Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: