Mainan Masa Kecil

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Aku sering membayangkan dan bertanya pada diri sendiri.. “Masa kecilku dulu bahagia gak ya?”. Jawabku sendiri… “ada suka dukanya. Kadang bahagia, kadang sedih, kadang menangis dan kadang tertawa…”  Itulah kehidupan kita semua semenjak kecil yang pasti dilewati oleh semua orang. Dan keindahan masa kecil setiap orang berbeda sesuai zamannya masing-masing.

Baca juga: Kenangan Anak Gembala

Soalnya aku sering mendengan orang berkata… Masa Kecilnya kurang bahagia.. ketika melihat orang dewasa bermain/bertingkah layaknya anak-anak. Bisa jadi hal itu benar, bisa jadi tidak, tergantung sikonnya.

Dunia anak-anak (pra sekolah, TK, SD, SMP) identik dengan dunia bermain, bergaul bersama teman-teman sebaya. Sebagai seorang anak desa, aku pun banyak bermain dan bersahabat dengan alam. Waktu bermain biasanya selepas waktu bekerja membantu orang orangtua dan sepulang sekolah… siang, sore bahkan malam hari ketika terang bulan. Bermain bersama, berkumpul, bersosialisasi, bercanda dan kadang juga berantem dengan sesama kawan karena berebut mainan…

Mainan masa kecilku sungguh sangat berbeda dengan mainan anak-anak zaman sekarang. Bagaikan langit dan …dasar… sumur. Hahaha, itu istilah yang menggambarkan kondisi amat sangat berbeda. Namun hal ini tidak mengurangi rasa senang, bahagia dan keceriaan masa anak-anak. Sehingga tidak bisa diperbandingkan mentah-mentah, tapi perlu melihat periode zamannya, zaman OLD atau zaman NOW??

Mainan masa kecil

Coba liat… dan bandingkan :

Zaman NOW atau Kondisi Sekarang: Mainan anak sekarang hanya satu, yaitu GADGET yang serba digital. Mereka main PS (Play Station), Video games, Laptop, TV, dan yang paling fenomenal HP/Smartphone. Anak-anak sekarang rata-rata sudah pegang HP. Bahkan usia bayi pun sudah dikenalkan dengan HP sama ibunya, Makanya jangan heran… ketika ada BAYI sekarang yang baru lahir sudah pintar selfie dan fotogenic. Anak-anak asyik sekali main HP, tidak peduli dengan orang lain. Ketika diganggu atau diminta HP-nya marah dan menangis…

Zaman OLD atau Kondisi Dulu: Mainan aku dulu sangat tradisional dan semuanya bersahabat dengan alam. Anak-anak bermain bersama, berkumpul dengan berbagai macam permainan yang semuanya membutuhkan aktivitas fisik, bergerak, jongkok, berdiri, berlari, lompat, dan lain-lain. Alat dan sarana yang digunakan pun juga semua dari alam, seperti tanah, batu, pecahan genting, pelepah pisang, dedaunan, karet gelang, kelereng alias gunduk, kertas, gambar, dll.

Bahkan aku dulu sering membuat mainan sendiri :

  • Mobil-mobilan dari bahan kulit jeruk bali, kulit/sabut kelapa dan dari bambu. Rodanya dibuat dari karet bekas sendal jepit.
  • Bedil alias tembak-tembakan dari bahan pelepah pisang dan dari bagian pucuk batang bambu yang kecil. Pelurunya menggunakan bunga jambu yang rontok atau dedaunan.
  • Seruling dari bahan bambu yang dilubangi.
  • Tas dari bahan bungkus rokok.
  • Pecut dari bahan batang eceng gondok yang dikeringkan.
  • Layang-layang dari bahan bambu, kertas minyak, dan benang.
  • Petasan dari bahan ketas bekas dan beli bahan peledaknya secara sembunyi-sembunyi di agennya.
  • Dan masih banyak mainan lain yang menggunakan bahan alam.

Coba lihatlah perbandingan kondisi DULU dan SEKARANG… begitu jauh kan perbedaannya???

Ternyata perbedaan itu juga melahirkan generasi yang berKUALITAS berbeda. Anak zaman dulu berbeda dengan anak zaman sekarang, terutama dalam hal :

  • sikap, etika dan perilaku,
  • ketahanan dan kekuatan fisik,
  • kesehatan,
  • kemandirian,
  • fighting spirit atau daya juang,
  • kecerdasan,
  • kreativitas
  • dan tentunya character yang berbeda…

Enjoy with your life. Nikmati perjalanan hidup Anda, hadapi segala tantangan dengan enjoy dan semangat serta asah selalu kompetensi dan kreativitas Anda…

Baca juga: Kangen Masa Kecil

Salam Perubahan…!!!



Categories: Masa lalu

Tags: , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Membentuk Jiwa Bisnis | Sugibisnis's Blog
  2. Kenangan Anak Gembala | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: