Membentuk Jiwa Bisnis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Jiwa bisnis seseorang terbentuk dari mindset, kepribadian dan pengalamannya sejak waktu kecil hingga usia remaja. Lingkungan lah yang membentuknya menjadi seperti apa. Lingkungan anda menentukan siapa anda. Lingkungan seperti apa yang dimaksud, adalah:

  • Kedua orangtua
  • Guru di sekolah
  • Teman sekolah
  • Teman bergaul dan bermain
  • dan mungkin…. Tokoh yang diidolakannya

Yang paling berperan dalam membentuk karakter dan jiwa bisnisnya adalah bagaimana cara kedua ORTU nya dalam mendidik dan mengasuhnya sejak kecil. Dan apa profesi kedua ORTU akan menentukan pola asuhnya dan hal ini sangat mempengaruhi mindset dan kepribadian anaknya. Coba perhatikan…!

  • Anak yang lahir dari ORTU dokter, cenderung ingin jadi dokter
  • Anak yang lahir dari ORTU tentara, cenderung ingin jadi tentara
  • Anak yang lahir dari ORTU pengusaha, cenderung ingin jadi pengusaha
  • Anak yang lahir dari ORTU yang tidak jelas profesinya, cenderung tidak jelas juga cita-citanya…

So, berbahagialah bagi Anda yang dilahirkan dari kedua ORTU yang memiliki VISI yang kuat terhadap masa depan anak-anaknya. Karena, insya Alloh Anda akan jadi “orang” di masa depan. Kenapa bisa begitu??? Akan saya bahas di tulisan yang lain.

Membentuk Jiwa Bisnis

Jiwa bisnisku kebentuk dari didikan orangtuaku sejak kecil yang memang keduanya berprofesi sebagai pedagang dan pebisnis. Ayah saya, selain sebagai petani, juga memiliki hewan ternak ayam, kerbau, bebek. Setiap hari selalu berbisnis komoditi apa saja yang bisa dijual-belikan seperti padi, jagung, ketela, kelapa, dll. Ibu saya juga seorang pedagang yang membuka warung kelontong di rumah. Setiap pagi habis sholat subuh selalu pergi ke pasar berbelanja kebutuhan sehari-hari untuk dijual di warung. Pangsa pasarnya adalah warga kampung dan tetangga di sekitar rumah.

Selain bersekolah, aku pasti kebagian jatah pekerjaan untuk membantu profesi kedua orangtuaku. Baca juga : Latihan Bisnis Sejak Kecil

Permainan waktu kecil bersama teman-teman juga sangat berperan membentuk jiwa bisnisku. Kenapa? (Untuk membaca mainan pada masa kecil, baca juga: Mainan Masa Kecil).

Permainan yang membutuhkan media: karet gelang, kelereng, gambar wayang kecil-kecil, dll. Dengan berbagai macam permainan dan games, yang menang akan mendapatkan semua media permainan yang dipertaruhkan… Uupss…tapi bukan judi ya, hanya melatih kecerdasan dan ketangkasan. Maka aku berusaha untuk selalu menang di setiap permainan.

Dengan semangat untuk menang, maka aku selalu berusaha melatih diri supaya lebih cermat dan hebat. Dan hasilnya…. Ya Benar… Aku sering menang dalam permainan. Dan tentunya saya memiliki banyak karet gelang, kelereng, gambar wayang. Sementara teman-teman yang kalah kehabisan mainannya. Dan mereka pun akhirnya membeli lagi mainan itu untuk bisa bermain kembali. Begitu seterusnya, aku sering menjual mainan ke teman-teman. Dapatlah uang jajan…

Jiwa bisnis sejak kecil ini akhirnya terbawa terus sampai ke masa sekolah, kuliah, kerja sebagai PNS, kerja sebagai karyawan swasta, dan sampe sekarang…

Semoga bisa diambil insight dan inspirasinya…

Salam Perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Latihan Bisnis Sejak Kecil | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: