Dunia Berubah Begitu Cepat

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Anda pernah melihat roller coaster, atau bahkan pernah menaikinya? Apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda lihat dari pergerakan roller coaster tsb? Bergerak sangat kencang, penuh dengan turbulensi ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri, memutar berbentuk lingkaran, dll. Ya… terjadilah turbulensi. Yang melihat saja sampe ngeriii, apalagi yang mengalaminya..?? Pasti akan merasa takut, ngerii, menjerit, histeris, menangis, ada yang mual dan muntah dan bahkan ada yang pingsan.

Dunia Berubah Begitu Cepat

Itulah perumpamaan untuk dunia saat ini, penuh dengan gejolak, keanehan, goncangan, perubahan dan turbulensi. Sekarang sudah zaman ‘edan’, kalo kita gak ikut ‘edan’ gak ‘komanan’, kata orang jawa. Sedang rame dibicarakan bahwa sekarang kita hidup pada zaman VUCA, apakah itu?

  • V = VOLATILITY atau radical unexpected change didefinisikan sebagi perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga.
  • U = UNCERTAINTY yang artinya kurangnya kecepatan kita untuk memprediksikan segala sesuatu peristiwa atau isu yang terjadi. Dengan kata lain dunia penuh dengan Ketidakpastian.
  • C = COMPLEXCITY yaitu situasi dimana segala permasalah yang muncul semakin rumit dan kompleks seperti benang kusut, banyak yang terlibat, saling terkait, saling berpengaruh, dll.
  • A = AMBIGUITY yaitu keadaan di mana antara realitas dengan makna atau penafsiran dari berbagai kondisi yang ada, semua serba ambigu karena tidak memiliki batasan yang jelas, bermakna ganda dan bahkan tidak terlihat.

Semua itu bisa terjadi karena dunia ini berputar dan BERUBAH semakin cepat. Peradaban manusia berkembang begitu cepat dan begitu Canggih. Sekarang sudah sampe pada era digital, IT, internet dan online. Ibaratnya dunia sudah menyatu, tidak lagi dipisahkan dengan jarak. Transaksi terjadi antar negara namun hanya dilakukan secara online di dalam kamar dengan laptop atau HP. Tenaga kerja manusia banyak digantikan dengan mesin canggih dan robot. Semua peralatan dan kendaraan serba otomatis. Waw…

Perkembangan zaman yang sangat pesat ini juga mengakibatkan perubahan perilaku dan gaya hidup manusia, baca: Umur Manusia Makin Pendek

Jadi bagaimana sikap kita untuk menghadapi zaman yang serba BERUBAH ini? Bisa dikatakan di dunia ini tidak ada yang pasti, yang pasti hanyalah PERUBAHAN. Apabila kita menghadapi zaman VUCA ini dengan cara lama, gaya kuno, pendekatan zaman dulu… maka sudah pasti kita akan ketinggalan atau tergilas. Hidup kita bisa jadi akan lebih susah dibandingkan sebelumnya. Segera kuatkan iman kepada Allah SWT, tetapkan tujuan hidup yang jelas, bekali diri dengan ilmu, ahlikan diri dengan praktek dan pengalaman, dan dewasakan diri dengan menghadapi masalah.

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Baca juga : Berubah: Belajar dari Kepompong

Salam perubahan



Categories: Motivasi

Tags: , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Berubah Atau Punah | Sugibisnis's Blog
  2. Fenomena AUTIS di Zaman Now | Sugibisnis's Blog
  3. Perkembangan Zaman Yang Memanjakan | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: