Berubah Atau Punah

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)
Berubah atau Punah, kedengarannya agak extrem ya. Tapi memang di zama VUCA seperti sekarang, kalau kita tidak berubah, pasti kita akan tergerus, tersingkir, dan lama-lama mati ditelan zaman.

Ingin tahu apa itu zaman VUCA, silahkan baca: Dunia Berubah Begitu Cepat.

Berubah atau Punah

Perubahan adalah sesuatu yang pasti dan kita sekarang hidup di zaman yang serba berubah itu. Kita adalah bagian dari perubahan dan perkembangan itu sendiri, maka sangat dibutuhkan kemampuan adaptasi diri yang luar biasa. Why ??? Tujuannya adalah agar kita tetap hidup di jalan yang benar, dan tidak PUNAH diterjang badai perubahan. Maksudnya ?

  • Kita hidup tetapi serba kesulitan
  • Kita melangkah tetapi gak punya tujuan
  • Kita berpikir tetapi lebih senang tidur
  • Kita bersosialisasi tetapi tak punya harga diri
  • Kita berusaha tetapi selalu gagal
  • Kita tersenyum padahal menderita
  • Kita bekerja tetapi hasilnya nihil
  • Kita bernafas tetapi hidupnya sengsara

ANDA tidak mau kan hidup seperti itu? Sama, SAYA juga tidak mau…

Bukankah  Allah SWT telah berfirman :

إنَّ اللهَ لا يُغَيّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّى يُغَيّرُوْا مَا بِأنْفُسِهِمْ

Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’ad ayat 11)

Perubahan itu harus dimulai dari diri kita sendiri kemudian perubahan akan datang dari Allah Ta’ala untuk kita. Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum yang ditimpa kelemahan, kehinaan, perpecahan dan dikuasai musuh sampai mereka mau merubah apa yang ada dalam diri mereka berupa penyimpangan dalam syariat dan pembangkangan kepada Allah. Sehingga makna yang harus dipahami adalah bahwa perubahan itu adalah perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya berupa keburukan, kehinaan dan ma’syiat.

Berubah atau Punah menjadi judul sebuah buku motivasi karya FX Afat Adinata dan Kevin Wu yang laris dan menjadi salah satu buku yang masuk dalam Best Seller dari Toko Gramedia. Menurut pengarang buku ini, dalam menghadapi perubahan, orang bisa digolongkan menjadi tiga tipe yaitu:

Pertama, Change Maker

Change maker adalah orang yang terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Mereka terus bergerak maju dan menciptakan tantangan-tantangan baru guna mencapai tujuan yang lebih tinggi lagi. Tipe ini merupakan SUBJEK perubahan.

Kedua Change Adapter

Change adapter adalah orang yang harus mengahadapi perubahan serta melakukan penyesuaian (adaptasi) agar bisa melewati perubahan itu dan bahkan menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Change adapter adalah orang yang berhasil bertahan menghadapi berbagai perubahan dan bahkan mendapat nilai tambah atau menjadi lebih baik karena berhasil melalui perubahan itu. Mereka adalah OBJEK perubahan, tapi bisa menjadikan perubahan itu sebagai landasan untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi.

Ketiga Change Quitter

Change quitter adalah mereka yang tak sanggup menghadapi perubahan dan memilih menyerah. Change quitter bisa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang melihat masalah sebagai possible death (mungkin bisa berhasil atau gagal) dan mereka yang melihat masalah sebagai certain death (pasti gagal).

Kelompok orang yang ketiga, mungkin tepatnya disebut apa ya? Ahaaaa… KORBAN perubahan. Kira-kira Anda dan Saya berada di posisi mana ya? Kita sendiri lah yang akan memutuskan.

Yuks.. Bersiaplah, Berbekalah, Belajarlah, dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan



Categories: Motivasi

Tags: , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Berubah Itu MUDAH | Sugibisnis's Blog
  2. Ingin Berubah? Itu Mudah! – Andre Dirgahayu
  3. Lawan SHIFTING dengan INOVASI | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: