GROWING: Hidup Harus Bertumbuh

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pagi ini aku sedang mengamati tanaman hobby-ku, yaitu Hidroponik yang berada di depan rumah. Dan memetiknya beberapa tanaman untuk dibuat sayur oleh istriku. Tanaman sayur hijau ini ternyata tiap hari selalu bertumbuh dan berkembang. Ketika dipindahkan ke rangkaian hidroponik masih berdaun 4, tiap hari aku amati selalu ada pertumbuhan, daun makin bertambah banyak dan tanaman tumbuh makin besar dan hijau. Melihatnya begitu menyenangkan dan menyegarkan. Ketika berumur kurang lebih 1 bulan sudah bisa dipetik untuk dijadikan sayur yang lebih sehat.

Poses pertumbuhan tanaman Hidroponik itu terdiri dari:

  • penyemaian benih pada media tanam
  • benih pecah tumbuh menjadi kecambah
  • kecambah dikenakan sinar9 matahari, tumbuh menjadi bibit
  • bibit tanaman berdaun 4 dipindahkan ke modul hidroponik.
  • modul hidroponik dialiri cairan nutrisi, tanaman makin tumbuh menjadi besar dan hijau.
  • tanaman sudah besar siap untuk dipetik/dipanen.

Hidup Harus Bertumbuh

Pelajaran apa yang bisa dipetik dari cerita singkat di atas ??? Ya… Growing alias Hidup Harus Bertumbuh. Tanaman saja bertumbuh dan selalu bermanfaat untuk kehidupan. Bagaimana dengan kita sebagai manusia? Jangan sampai kalah dong dengan tanaman hidroponik !!! Kita juga harus bertumbuh bukan hanya sekedar fisik, tetapi intelektual, mental, emosional dan kepribadian juga harus bertumbuh ke arah yang lebih baik dan produktif, maka kita akan menjadi manusia yang bermanfaat untuk kehidupan.

Bertumbuh adalah pertanda kehidupan. Lihatlah makhluk hidup di sekeliling kita, tanaman bertumbuh. Hewan bertumbuh dan berkembang. Dan mereka semua bermanfaat untuk kelangsungan hidup alam semesta ini. Hanya makhluk hidup yang telah mati saja yang tidak mengalami pertumbuhan. Mereka statis bahkan bisa menjadi sampah dan lama-lama akan lapuk dan lenyap dimakan rayap dan bakteri.

Ada sebuah ungkapan indah yang sering disebut penceramah sebagai hadits, padahal bukan hadits, yaitu:

“Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang hari ini sama (dengan kemarin) maka dia telah lalai (merugi), barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin maka dia terlaknat (binasa).”

Ungkapan di atas memberikan motivasi agar kita setiap hari senantiasa bertumbuh dan bermanfaat ke arah yang lebih baik. Kehidupan kita harus makin berkah dan menebarkan manfaat. Prestasi kita harus semakin produktif. Kedermawanan kita harus semakin besar. Kesuksesan kita pun juga akan semakin berkembang. Dan akhirnya kebahagiaan kita pun akan semakin besar…

Jangan sebaliknya ya Kawan…!! Hidup dibiarkan mengalir begitu saja. Waktu terlalu banyak disia-siakan, hanya diisi dengan aktivitas yang tidak bermanfaat. Sepanjang hari main HP yang tidak jelas apa tujuannya, nonton Youtube, nonton sinetron TV, film korea yang bertele-tele, main games, dan ujungnya tidurrrr… Bayangkan kalo setiap hari hidup Anda seperti itu… Kira-kira apa yang akan terjadi dengan masa depan hidup Anda? Kebayang kan..???

Padahal masa depan kita seperti apa sangat tergantung dari apa yang kita putuskan hari ini, apa yang kita impikan hari ini, apa yang kita yakini hari ini, dan apa yang kita lakukan hari ini. Oleh karena itu, peganglah prinsip di atas, bahwa Hidup Harus selalu Bertumbuh, maka kita akan sukses di masa depan…

Untuk belajar berubah secara mudah, baca juga: Berubah Itu Mudah

Yuks.. Bersiaplah, Berbekalah, Belajarlah, dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , ,

5 replies

Trackbacks

  1. MEANINGFUL: Hidup Harus Mermanfaat | Sugibisnis's Blog
  2. Jadilah Pembelajar Bukan Pelajar | Sugibisnis's Blog
  3. Berubah: Belajar Dari Kepompong | Sugibisnis's Blog
  4. Insight Mencabut Tissu | Sugibisnis's Blog
  5. Apa Kiprahku di Dunia? | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: