MEANINGFUL: Hidup Harus Mermanfaat

Hidup Harus Mermanfaat

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Anda pernah datang ke Taman Bunga, atau tempat yang ditumbuhi banyak tanaman bunga? Atau mungkin di depan rumah Anda juga ada tanaman bunga? Coba perhatikan ketika bunga itu sedang mekar… daunnya hijau berpadu dengan warna-warni bunga yang beraneka warna. Ada yang kuning, merah, pink, putih, dan ungu di bawah langit biru yang dihiasi sedikit awan putih. Sinar matahari pagi yang putih kekuningan menerpa daun dan bunga-bunga yang sedang mekar. Di atasnya beterbangan lebah dan kupu-kupu yang mengkilap warna sayapnya, terkadang hinggap untuk menghisap madu dari bunga-bunga itu…

Apa yang Anda rasakan dalam pikiran dan hati, ketika mendengar dan membayangkan cerita di atas?? Atau bahkan melihat langsung taman bunga di atas??

  • Alloh Sang Pencipta
  • Bersyukur
  • Begitu indah
  • Takjub dan terpesona
  • Udara segar
  • Tenang dan sejuk
  • Kehidupan
  • Menebar manfaat
  • Bebas stress
  • Bahagia

Ya, Anda benar semua. Semua pikiran dan perasaan di atas pasti akan Anda rasakan ketika melihat pemandangan taman bunga yang indah. Ternyata hidup ini begitu indah ya. Segala permasalahan yang timbul hanyalah riak dan hiasan yang harus dinikmati. Tantangan yang ada hanyalah sebagai batu pijakan untuk ditapaki. Lika-liku hidup hanyalah sebagai lorong yang harus dilewati,

Coba kita fokus pada tanaman Bunga yang Mekar. Ternyata bunga mekar ini begitu banyak menebar manfaat untuk kehidupan. Menghasilkan udara yang segar, menghasilkan madu untuk dihisap lebah dan kupu-kupu, dan memberikan panorama indah yang menyejukkan mata. Lebah dan kupu-kupu pun tidak merusak bunga, tapi justru memberikan manfaat untuk regenerasi dan pertumbuhan bunga-bunga selanjutnya, dengan mempertemukan putik dan benangsari yang akhirnya akan menghasilkan biji /bibit bunga yang subur. Bunga memberikan madu, lebah dan kupu-kupu memberikan pertumbuhan kembali kepada bunga.

Memberi manfaat adalah salah satu ciri kehidupan. Kita sebagai manusia yang hidup, harus memberi manfaat untuk sesama manusia, bahkan untuk makhluk lain juga yang ada di alam semesta ini. Karena manfaat yang kita tebar, akan memberikan kehidupan bagi orang lain, akan memberikan kebahagiaan kepada sesama, dan menghasilkan keharmonisan dalam ekosistem kehidupan manusia.

Untuk mengetahui ciri kehidupan yang lain, baca juga: Hidup Harus Bergerak Maju, dan baca ini juga: Hidup Harus Bertumbuh.

Bukankah Rasulullah telah berpesan melalui sabdanya:

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Menjadi manusia yang bermanfaat adalah salah satu karakter / kepribadian yang harus dimiliki oleh setiap orang. Manusia yang senantiasa menebar manfaat disebut sebagai manusia yang terbaik di antara manusia yang baik. Memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri. Jangan kalah sama tanaman bunga, yang begitu banyak menebar manfaat untuk kehidupan manusia…

Yuks.. Bersiaplah, Berbekalah, Belajarlah, dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Hidup Menjadi Berkah | Sugibisnis's Blog
  2. Lari Sprint dan Marathon | Sugibisnis's Blog
  3. Bersyukurlah: Ternyata Aku Kaya Raya – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: