Hidup Harus Bersemangat (Antusias)

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Suatu hari saya pernah tidak sengaja merusak sarang semut merah. Ada lubang kecil, berbentuk bulat dan penuh dengan pasir yang tersusun cukup rapi. Semut-semut banyak yang lalu lalang keluar masuk sarang tersebut. Mereka berjalan dengan cepat dan gesit, setiap ketemu teman selalu berhenti dan kepalanya saling bertemu… mungkin cipika-cipiki kali… Ada yang sedang rame-rame menyeret makanan ke dalam sarang. Ada yang berjalan keluar sarang untuk mencari makanan, dll.

Hidup harus bersemangat (antusias)

Secara tak sengaja, kaki saya menyenggol sarang semut tersebut. Akhirnya sarangnya pun berantakan. Pasir berlubang yang tadinya tertata rapi menjadi hancur. Tapi setelah itu, saya melihat pemandangan yang sangat menakjubkan… Subhanalloh. Dalam waktu yang tidak lama, semut-semut telah berkumpul  di sekitar sarang dan secara bergotong royong membangun kembali sarangnya yang roboh tadi. Masing-masing semut menggigit pasir yang menutupi sarang, dan menyusunnya kembali menjadi bangunan sarang seperti semula… Waw, saya berdecak kagum dan hati pun berbisik “Subhanalloh, ini ayat-ayatMu di dunia ya Alloh”

Mungkin banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari cerita sarang semut di atas. Namun saya akan berfokus pada kecepatan pergerakan mereka membangun kembali sarangnya yang roboh. Semut-semut berjalan sangat gesit. Dalam waktu singkat mereka berkoordinasi dan bekerja sama secara cekatan untuk membangun sarangnya. Semut-semut itu hidupnya selalu bersemangat dan penu antusias. Kalau tidak antusias mana mungkin semut bisa mengangkat makanan yang jauh lebih besar dari tubuhnya. Kalo tidak bersemangat mana mungkin sarang terbangun kembali dalam waktu singkat…

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, antusiasme diartikan sebagai kegairahan; gelora semangat; minat besar terhadap sesuatu. Memiliki semangat yang berapi-api dalam bekerja atau dengan kata lain”terobsesi”, akan dapat memaksimalkan kinerja yang dihasilkannya. Antusiasme akan memberikan energi positif baik kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain yang berinteraksi dengannya. Apa pun profesi Anda, apa pun pekerjaan Anda, apa pun bisnis Anda, apa pun impian besar Anda, jika tidak dibarengi dengan antusiasme dalam bekerja, maka akan terjadi kejenuhan, rutinitas, stagnan, kemunduran dan bahkan kegagalan dalam meraih kesuksesan.

Para pendaki gunung sejati, meskipun mereka sudah sangat capek, tetapi antusiasme atau semangat mereka akan semakin tinggi ketika mengetahui bahwa mereka sudah mendekati puncak gunung yang akan mereka capai. Secara tidak langsung, api antusiasme akan menggerakkan jiwa dan raganya menuju puncak ketika mereka sudah melihat puncak begitu dekat.

Hidup harus bersemangat (antusias)

Antusiasme, gairah, semangat atau passion merupakan syarat yang harus dimiliki seseorang apabila ingin sukses dalam hidup. Anda boleh saja mempunyai tujuan, keinginan, sasaran atau rencana yang sudah terjadwal dengan baik, namun jika Anda tidak memiliki antusiasme dalam menjalankannya, maka bisa dipastikan bahwa hasil yang Anda peroleh tidak akan sesuai dengan yang Anda harapkan. Target kinerja yang Anda idamkan tentu akan meleset jauh pencapaiannya.

Jadi, Enthusiasme is the greatest power in life! Antusiasme adalah kekuatan terpenting di dalam hidup ini. Semangat adalah roh dari segala aktivitas dan kerja dalam menggapai impian. WHY ??? Dengan antusiasme, maka:

  • Antusiasme menjadi motivasi yang luar biasa untuk meraih impian hidup kita.
  • Mendorong kita untuk tidak pernah berhenti belajar. Don’t Stop Learning!
  • Memaksimalkan potensi dan kapabilitas yang kita miliki dalam segala aktivitas.
  • Menumbuhkan daya kreativitas dan inovasi dalam bekerja.
  • Membuat kita berpikir solutif dalam menghadapi setiap masalah.
  • Menjadikan hidup kita terasa lebih INDAH dan mudah.

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang memiliki antusiasme yang besar. Sebaliknya, orang-orang yang gagal adalah mereka yang tidak memiliki antusiasme di dalam hidupnya. Oleh karena itu, milikilah semangat atau antusiasme di dalam setiap hal yang kita lakukan, agar semakin mendekatkan diri kita kepada sukses yang kita impikan.

Yuks.. Bersiaplah, Berbekallah, Belajarlah, dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Belajar Bersepeda | Sugibisnis's Blog
  2. Hidup Harus Berani Bermimpi | Sugibisnis's Blog
  3. Rahasia Sederhana untuk Sukses | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: