Your Enemy is Yourself

My Enemy Is Me

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Musuhmu adalah dirimu sendiri…!!! Kedengarannya menakutkan ya… Tapi coba renungkanlah dan sadarilah, betapa banyak pertarungan dalam diri kita setiap saat??? Tapi kebanyakan manusia tidak menyadari akan hal ini, makanya mendengar judul ini serasa aneh.

Tahukah Anda, bahwa Pikiran manusia hanya akan berada dalam satu kondisi pada suatu waktu tertentu. Dan bagaikan dua sisi mata uang, kondisi itu hanya ada dua yaitu positif atau negatif, baik atau buruk. Dan pikiran kita hanya dapat memilih salah satunya. Pilihan itu hanya Andalah yang menentukan. Keputusan 100% ada di tangan Anda. Keputusan itulah yang pada akhirnya akan menentukan kualitas sikap dan perilaku Anda selanjutnya. Apakah baik atau buruk, apakah optimis atau pesimis, apakah semangat atau loyo, apakah berorientasi masa depan atau mementingkan nafsu saat ini…

My enemy is me

Inilah yang tidak disadari kebanyakan manusia, sehingga hidupnya terjebak dalam kebingungan yang tidak jelas. Aktivitasnya hanya rutinitas yang sekedar mengisi waktu. Bingung mau belajar apa. Bingung dirinya mau menjadi apa. Bingung tujuan hidupnya apa. Bingung mau mengerjakan apa. Bingung mau usaha apa. Bingung pada diri sendiri. Akhirnya pilihannya jatuh pada aktivitas yang sia-sia. Asyik nonton TV, nonton Youtube, browsing internet tidak jelas, nulis status galau di medsos, buka status orang lain yang gak penting, main games, dan akhirnya mata selalu mengantuk dan tidurrrrr… Impian gak jelasnya terkubur dalam kegelapan.

Jadi benarlah kalo dikatakan Musuhmu adalah Dirimu Sendiri. Karena dalam diri kita setiap saat terjadi “peperangan“, terjadi tarik menarik antara pilihan baik atau buruk tadi. Coba perhatikan hal-hal berikut:

  • Dalam diri kita ada EGO yang selalu melebihkan diri sendiri, membenarkan diri sendiri, merasa tidak pernah salah dan akhirnya cenderung menyalahkan orang lain. Jari telunjuknya selalu diarahkan keluar, padahal tidak disadari, ketika menunjuk orang lain, 4 jari yang lain menunjuk pada dirinya sendiri… Ampunilah aku !!!
  • Dalam diri kita ada NAFSU yang selalu serakah dan tidak pernah merasa puas. Nafsu akan selalu mengejar kesenangan dan kenikmatan sampai terpuaskan. Bisa jadi kita akan terjebak dengan menghalalkan segala cara untuk meraihnya walaupun menabrak norma dan hak orang lain… Ohh, TIDAAK !!!
  • Dalam diri kita ada Rasa MALAS yang selalu menggerogoti kemauan dan kesungguhan kita. Akhirnya kita hidup santai dan kebanyakan menunda segala aktivitas/pekerjaan yang hasilnya belum kelihatan saat ini. Musuh besarnya adalah kata “NANTI“. Hilanglah peluang masa depan yang selalu lewat dalam dirinya… Ohh, No !!!
  • Dalam diri kita ada HATI, yang apabila sakit/mati akan menghancurkan kehidupan. Orang yang banyak mengidap penyakit hati (sombong, iri, dengki, tamak, tidak bersyukur, dan lain-lain) pasti akan memiliki perilaku yang buruk, berbuat kerusakan yang tidak hanya menghancurkan kehidupan dirinya sendiri, tetapi juga orang lain… Na’udzubillah !!!
  • Dalam diri kita ada MENTAL, yang apabila miskin akan menghalalkan segala cara. Mental miskin akan membuat jiwa kita kerdil. Hidupnya lebih banyak pesimis, mengharap orang lain baik hati padanya, menyalahkan keadaan dan orang lain, tidak mau berkorban, prinsipnya lebih baik menerima dibanding memberi, dan memiliki sifat-sifat buruk lainnya… Semangaaattt yuk !!!
  • Dalam diri kita BELIEF yang akan menentukan arah hidup kita kemana menuju. Kepercayaan yang salah akan mengakibatkan kompas hidup kita menjadi salah arah, tersesat, dan terombang-ambing gelombang kehidupan. Tidak memiliki keyakinan tentang diri sendiri, tentang masa depan baik di dunia maupun di akherat, tidak yakin dengan impiannya, maka hidupnya akan lemah, loyo dan tidak memiliki gairah/semangat… Ohh my God !!!
  • Dalam diri kita ada RUH, yang apabila gersang akan menghentikan segala amal kebajikan. Ruh butuh makanan. Jika tidak disirami dengan air keimanan, makanan aktivitas/ibadah rohani, dan pupuk taujih robbani, maka akan semakin gersang dan merana, menjadi layu dan akhirnya mati. Tertutuplah inisiatif amal baik yang memberi berkah kehidupan… Sadarlah !!!

Bagaimana Kawan? Sadarkan diri Anda! Pertempuran terjadi setiap saat dalam diri Anda bukan? Kendalikanlah potensi dan kelebihan/ kekuatanmu. Kendalikanlah kekurangan dan kelemahanmu, yang berpotensi menjadi musuhmu. Kalahkanlah musuh terbesar diri Anda yaitu Anda sendiri, kalo ingin Sukses Dunia Akherat. Your Enemy is Yourself !!!

Yuks.. Bersiaplah, Berbekalah, Belajarlah, dan BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Baca juga: Kepribadianku Menentukan Masa Depanku

Salam perubahan!!!



Categories: Personal

Tags: , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Penyakit Kronis Mental Manusia | Sugibisnis's Blog
  2. Pertempuran Dalam Diri | Sugibisnis's Blog
  3. Jari Telunjuk Mengarah ke Luar – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: