Citra Diri Positif

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

MCitra Diri Positifasih nyambung dengan tulisan sebelumnya, Who Am I? Menemukan Jati Diri, Coba lagi Anda berdiri menghadap ke cermin. Perhatikan baik-baik sosok yang berdiri di hadapan Anda, di dalam cermin itu. Siapa Dia??? Ya tentu itu bayangan Anda… Tapi coba tatap dalam-dalam, perhatikan tubuhnya, lihat wajahnya… bagaimana tatapan matanya?

Apa yang Anda rasakan? Apa yang Anda lihat? Bagaimana Anda menilai kepribadian sosok yang ada dalam cermin itu? Sejauh mana tingkat keyakinan Anda terhadap orang itu, akan nasib masa depannya? Bagaimana persepsi Anda tentang orang itu, yang tidak lain dan tidak bukan, itu adalah diri Anda sendiri.

  • Apakah Anda yakin bahwa orang itu adalah baik dan berharga?
  • Apakah Anda yakin bahwa orang itu memiliki banyak potensi dan kemampuan?
  • Apakah Anda yakin bahwa orang itu hebat dan kuat?
  • Apakah Anda yakin bahwa orang itu cerdas dan kreatif?
  • Apakah Anda yakin bahwa orang itu ulet dan pantang menyerah?
  • Apakah Anda yakin bahwa orang itu bisa bekerja keras?
  • Apakah Anda yakin bahwa orang itu akan menjadi orang besar dan sukses?

Jawablah dengan jujur terhadap diri sendiri, sejauh mana tingkat keyakinan Anda? Atau justru banyak yang jawabannya tidak yakin dan sebaliknya??? Na’udzubillah… Lihatlah gambar ilustrasi di atas, seekor Kucing melihat dirinya di kaca sebagai seekor Singa. Ini menggambarkan bahwa kita bisa melihat diri kita lebih besar dibandingkan diri kita yang ada saat ini…

Itulah yang dinamakan Citra Diri, yaitu Bagaimana Anda mempersepsikan tentang diri Anda sendiri. Apakah Anda memiliki Citra Diri Positif atau Negatif. Apabila Anda memiliki Citra Diri Positif, maka Selamat!!! Anda berada di jalur yang benar untuk menuju masa depan yang lebih baik. Tapi, jika Anda memiliki Citra Diri Negatif, tidak yakin dengan diri Anda sendiri, maka… Sadarlah!!! Kehidupan akan keras terhadap Anda… Bukankah Alloh akan menjadikan kita sesuai dengan persangkaan hamba-Nya???

Citra Diri Positif sangat penting bagi Anda. Inilah modal awal yang wajib dimiliki untuk menjalani kehidupan yang serba sulit. Citra Diri akan menentukan kualitas pekerjaan dan hasil yang akan Anda capai, antara lain:

  • Citra Diri akan mempengaruhi sikap Anda dalam berinteraksi dan komunikasi dengan orang lain sehingga akan menentukan tingkat ‘trust’ relasi Anda.
  • Citra Diri akan memberikan ruh, semangat dan gairah pada semua aktivitas Anda sehingga kelihatan bagaimana antusiasme Anda setiap hari.
  • Citra Diri akan membantu Anda menatap masa depan lebih baik sehingga akan memperkuat visi dan impian yang akan Anda kejar.
  • Citra Diri akan meningkatkan daya tahan Anda dalam menghadapi segala macam tantangan kehidupan sehingga Anda memiliki jiwa ulet, fight dan pantang menyerah.

Jadi, sekali lagi… Setelah Anda menemukan siapa Jati Diri Anda, marilah kita berusaha memiliki Citra Diri Positif terhadap diri sendiri, agar kehidupan yang kita jalani ini menjadi lebih mudah. Hidup menjadi lebih bergairah dan indah.

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!

 

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Tips Cara Menikmati Hidup | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: