Apa Impianmu Nak?

Apa Impianmu Nak?

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada tulisan kali ini, saya mengajak Anda untuk flash back ke masa lalu. Apakah Anda masih ingat waktu kecil dulu, waktu usia Balita atau pra sekolah? Kalau anda tidak ingat silahkan tanyakan pada ayah-bundanya masing-masing ya… Atau Anda perhatikan saja anak kecil. ketika mereka ditanya apa cita-citanya:

  • “Nak… nanti kalo gede kamu pingin jadi apa?” 
  • Anak-anak itu menjawab dengan tegas: “Aku… mau jadi dokter” atau “aku mau jadi pilot” atau “aku mau jadi tentara”, atau “aku mau jadi penyanyi”, dll.

Bukan masalah profesi apapun yang mereka cita-citakan, atau nanti mereka ingin menjadi apa, karena itu sangat tergantung dari pola asuh dan didikan orangtua. Bagi anak kecil, informasi yang setiap hari didengar, gambar visual yang selalu dia lihat, semua benda yang dia sentuh dan rasakan, serta perlakuan dan pengalaman yang dia alami akan masuk terekam dalam alam bawah sadarnya dan membentuk kepribadiannya. (Baca juga: Kepribadianku Menentukan Masa Depanku). Hal yang jauh lebih penting adalah KETEGASAN cara anak-anak itu menjawab tentang cita-citanya. Mereka menjawab dengan lantang, tegas dan penuh keyakinan, mau jadi apa nanti setelah besar. Imaginasi dan visualisasinya begitu kuat dalam pikiran anak-anak, dimana pikiran bawah sadarnya masih lebih dominan dibanding pikiran sadarnya…

Kalo pertanyaan itu diulang sekarang dan ditujukan kepada para remaja dan pemuda, apa jawabanmu wahai Pemuda??? Saya yakin, hanya sebagian kecil saja yang masih konsisten bisa menjawab dengan jelas dan tegas tentang impiannya. Dan mayoritas, apa jawabannya??? Ini dia jawabannya: Bingung, Hanya Diam, Gak Tahu, Terserah Nanti lah, Ikuti Nasib aja, Tergantung Hasil Sekolah, dll.

Ternyata kebanyakan pemuda sudah melupakan Impian masa kecilnya. Sebagian besar pemuda sekarang sudah tidak memiliki Impian yang jelas tentang masa depannya. Hidupnya mengalir begitu saja mengikuti arus perkembangan zaman. Mengapa bisa demikian ???

  • Bisa jadi karena didikan dan pola asuh orangtua yang kurang tepat
  • Bisa jadi karena terlalu larut dalam pergaulan bebas
  • Bisa jadi karena terjebak dengan kemajuan teknologi gadget
  • Bisa jadi karena hilangnya semangat untuk selalu belajar
  • Bisa jadi karena terlena dengan asyiknya main game, nonton youtube, browsing, dan main medsos.
  • Bisa jadi karena mengidap penyakit MALAS dan akhirnya ingin Tidur terus
  • Bisa jadi karena lemahnya motivasi untuk hidup sukses

Bagaimana Impian mempengaruhi hidup Anda, Baca juga: Hidup Harus Berani Bermimpi

Wahai Pemuda, bangkitlah.!!! Ingatlah masa depanmu. Bagaimana nasibmu di masa depan, tergantung dari keputusanmu saat ini. Jadi, masa depanmu ditentukan sekarang, bukan nanti. Segera tetapkan impian besarmu dan visi hidupmu di masa depan. Pikirkan, bayangkan, imaginasikan, visualisasikan, yakinkan, ikhtiarkan dan jangan lupa bedo’a kepada Allah untuk membimbing jalan untuk mewujudkannya. Jadi kalo ditanya, Nak, apa Impianmu? Anda langsung bisa menjawabnya dengan tegas dan penuh keyakinan…

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Masa lalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: