Kekuatan Pandangan Mata

Kekuatan Pandangan Mata

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Kita wajib bersyukur memiliki nikmat “Mata” dimana dengan kedua mata kita dapat melihat apapun yang ada dunia ini. Dengan pandangan mata kita bisa menikmati keindahan alam semesta beserta isinya, yang penuh dengan berbagai macam benda dan makhluk hidup. Dengan mata kita bisa menikmati keindahan warna-warni yang ada pada tumbuhan, bunga, ikan, binatang, dan tata surya kita…

Tapi, tahukah Anda apa sebenarnya fungsi mata (penglihatan) kita? Apakah hanya untuk memandang atau melihat segala sesuatu sebagaimana disebutkan di atas??? Bukankah Allah telah berfirman dalam Alqur’an:

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS Al-A’raf : 179)

Ternyata Allah memberikan nikmat mata untuk melihat tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah di muka bumi ini. Alam semesta dengan keteraturan tata surya, beserta seluruh makhluk-Nya di muka bumi ini yang bermacam-macam, itu adalah pelajaran yang sangat penting bagi manusia untuk mengenal siapa dirinya dan siapa Tuhannya. Dengan semakin mengamati alam semesta lebih dalam lagi akan mendorong kesadaran manusia untuk mengenal jati dirinya, Baca juga: Who Am I? Mengenal Jati Diri.

Selain itu, Pandangan Mata merupakan salah satu pintu utama untuk pembelajaran. Dengan pandangan mata, manusia bisa:

  • membaca buku sehingga ada pengetahuan baru yang masuk dalam pikiran
  • membaca keindahan alam semesta dan kehebatan/kebesaran penciptanya
  • membaca berbagai macam character dan perilaku manusia
  • membaca perilaku makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan
  • membaca segala macam kejadian di muka bumi
  • melihat proses bisnis berlangsungnya suatu pekerjaan/pembelajaran
  • melihat berbagai masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda
  • Dan lain-lain

Yang paling penting dari semua fungsi pandangan mata itu adalah, sejauh mana kita bisa menangkap makna, hikmah, dan pelajaran (insight) dari semua yang kita lihat. Inilah pandangan mata tajam penuh arti (Meaning). Namun, kebanyakan manusia seringkali hanya bisa melihat apa yang kasat mata saja, tanpa bisa memaknai lebih jauh lagi secara filosofis.

Misalnya kita melihat objek “Kursi“. Kebanyakan orang hanya bisa melihat kursi sebagai tempat untuk duduk, selesai. Pandangan mata tajam, bisa melihat lebih jauh lagi, selain sebagai tempat duduk, kursi identik dengan jebatan dan kekuasaan, siapa saja yang bisa duduk di kursi tsb, siapa yang akan digulingkan dari kursi tsb, dll…

Contoh lain: Seorang Sales produk kesehatan herbal. Dia hanya bisa melihat aktivitasnya sebatas jualan produk saja supaya laku. Padahal pandangan mata tajam mengatakan bahwa dia sedang menawarkan bantuan dan solusi untuk orang lain agar hidup lebih sehat. Dengan kesehatan, orang bisa melakukan berbagai macam aktivitas dan akan hidup lebih baik.

Itulah kekuatan Pandangan Mata, yang memiliki banyak sekali manfaat untuk pembelajaran buat diri sendiri. Pandangan mata yang semakin tajam dan bermakna akan meningkatkan kedewasaan dan bebijaksanaan setiap orang. Dan pada akhirnya, hidupnya akan semakin spiritual dan bahagia…

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: