Inspirasi Dari Toilet

Ide Besar Dari Toilet

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Apa yang Anda kerjakan saat di Toilet? Pasti jawabannya Pipis atau Buang Air Besar alias BAB… dan pasti bukan untuk makan atau minum kan? Bukan itu maksudnya, tetapi pertanyaan lengkapnya adalah Apa yang Anda lakukan ketika Anda sedang BAB ???  Pasti jawabannya juga beragam, tergantung kebiasaan Anda. Anda manfaatkan waktu untuk apa ketika sedang di Toilet. Ada yang memakan waktu cukup lama, ada yang cuma sebentar. Berikut ini mungkin kondisi Anda ketika di Toilet:

  • ada yang menghayati dan menikmati sekali nikmatnya BAB
  • ada yang main HP: browsing, nonton youtube atau mungkin update status… lagi eek!!! (ihhh jorok ahh). Yang penting jangan di-live ya..!!!
  • ada yang lagi “ngeden” karena sembelit, wajahnya cemberut, mata melotot dan sesekali keluar suara. Coba seandainya ada cermin, lihat wajah Anda di sana, pasti Anda tidak akan suka…
  • ada yang menahan sakit di perutnya karena mungkin lagi mules dan mencrett
  • ada yang sambil telepon orang lain
  • ada yang sambil membaca buku atau koran
  • ada yang sambil bengong, melamun pikiran kemana-mana
  • ada juga orang yang memanfaatkan waktu untuk BERPIKIR sehingga bisa menemukan ide-ide kreatif dan ide besar dari toilet.

Pernahkah juga Anda mengalami lupa dimana naruh kunci motor/mobil? Dan ternyata jawabannya ketemu dalam sholat. Ketika Anda sedang sholat tiba-tiba ingat dimana kunci motor/mobil itu berada… Wahh, gak khusyu’ dong sholatnya…

Kedua kondisi di atas, yaitu ketika buang air besar di toilet dan ketika sholat memiliki kemiripan, yaitu sama-sama berada dalam kondisi tenang, rileks dengan perasaan senang dan ikhlas. Orang yang sedang BAB akan merasa sangat ikhlas membuang kotoran dari dalam perutnya dan tidak akan terbersit pikiran untuk mengambilnya kembali. Demikian juga orang yang sedang sholat, mereka sedang dalam kondisi pasrah diri dan khusyu’ berdoa menghadap Alloh…

Kondisi ini sering dikatakan bahwa pikiran kita sedang berada dalam gelombang Alfa. Pada gelombang ini, pikiran kita sedang nyaman, terlepas dari hiruk pikuk aktivitas pekerjaan dunia, sehingga merupakan saat yang paling tepat untuk memasukkan nilai atau sugesti positif ke dalam tubuh kita. Perpaduan antara perasaan senang, rileks, dan ikhlas ini dapat mengusik ide kreatif dari alam bawah sadar otak kita. Dengan itu, kita bisa berpikir lebih liar dan bebas. Ini menyebabkan seseorang menjadi lebih terbuka pada alam bawah sadar sekaligus imajinasi atau lamunan mereka.

Untuk itu, gunakanlah waktu ketika anda sedang BAB sebagai waktu untuk mengembangkan imaginasi dan ide-ide kreatif. Waktu yang tepat untuk berpikir lebih dalam mencari jalan keluar atas segala permasalahan yang dialami. Waktu yang pas untuk menemukan ide-ide baru dan ide besar yang belum pernah ada. Atau sebagai waktu yang efektif untuk menanamkan sebuah sugesti positif ke dalam alam bawah sadar. Biasakanlah…!!!

Baca juga: Jadilah Pembelajar Bukan Pelajar

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Personal

Tags: , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Apa Pikiran Anda Tentang Bisnis? | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: