Jadilah Pahlawan di Bidang Anda

Jadilah Pahlawan di Bidang Anda

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan karena untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah bersedia mengorbankan harta dan nyawanya, bersimbah darah, keluar masuk hutan, diasingkan, hanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kita mengenang perjuangan Bung Tomo dan pejuang lainnya bertempur mati-matian untuk melawan tentara Inggris di Surabaya, hanya bermodalkan beberapa pucuk senjata api dan bambu runcing. Bung Tomo dengan berapi-api mampu mengobarkan semangat perjuangan rakyat lewat siaran-siarannya radionya untuk mengusir penjajah.

Gambar Pahlawan selalu dimasukkan dalam Uang Kertas negara kita. Namanya banyak diabadikan dengan nama-nama jalan di tempat tinggal kita atau di jalan-jalan protokol di kota-kota. Nama bandara juga banyak memakai nama pahlawan. Bahkan nama perguruan tinggi pun diambil dari nama pahlawan.

Sangatlah hebat kiprah dan prestasi para pahlawan yang sering kita dengar. Apakah sekarang kita harus terjun ke medan perang untuk mendapat gelar Pahlawan? Bukankah sekarang banyak Pahlawan di sekitar kita?

  • TKI yang bekerja di luar negeri disebut sebagai pahlawan devisa,
  • GURU disebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa,
  • Petugas Kebersihan, para penyapu jalan disebut sebagai pahlawan kebersihan,
  • Pencetak Goll sepak bola disebut pahlawan kemenangan,
  • Nah, ada lagi pahlawan yang kerjaanya tidur dan santai, biasanya kita sebut dengan pahlawan kesiangan…

Pahlawan secara etimologi adalah berasal dari Bahasa Sansekerta “phala” yang mempunyai makna hasil atau buah. Sedangkan dalam mitologi barat seorang pahlawan adalah seseorang yang diberikan karunia atau kekuatan maha dahsyat serta keberanian yang luar biasa untuk membela kebenaran dan membela yang lemah. Makanya di negara barat banyak muncul film-film Super Hero..!!!

Lalu bagaimanakah kita menilai seseorang agar layak disebut sebagai pahlawan? Apakah harus berjuang dan meninggal dunia terlebih dahulu? Dengan kesepakatan bersama rakyat atau dengan surat Keputusan Presiden? Bukan itu Kawan..!!!

Pahlawan adalah mereka yang memiliki keberanian untuk berjuang, bekarya, berkorban, untuk menghasilkan prestasi besar yang mempunyai nilai dan manfaat bagi kehidupan umat manusia. Mereka berjuang dengan gagah berani, ikhlas dan mengedepankan kepentingan bersama banyak orang daripada kepentingan pribadi. Karya mereka memberikan perbaikan dan kemajuan bagi peradaban umat manusia.

Jadi, ciri-ciri Pahlawan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Ide Besar
  • Berani sebagai Pioneer
  • Konsisten Action
  • Bermoral dan Kaya Mental
  • Pembelajar Cepat
  • Bekerja lebih Lama dan ulet
  • Berani berkorban
  • Heroik dan Pantang Menyerah
  • Yakin dan Percaya Diri

Menghadapi kondisi umat seperti sekarang ini diharapkan muncul banyak pahlawan masa kini dalam segala bidang kehidupan. Bangsa ini membutuhkan banyak pahlawan untuk mewujudkan Indonesia lebih maju, berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial dan budaya. Dengan demikian kehidupan masyarakat Indonesia akan semakin baik dan sejahtera, Indonesia yang Madani. Baldatun Thayyibatun wa Robbun Ghofur, dambaan semua orang.

Jadilah Pahlawan di bidang Anda, wahai Kawan.!!! Bekerjalah sebaik mungkin. Berkaryalah sebesar mungkin. Berprestasilah sebanyak mungkin.

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses.

Baca juga: Orang Sukses vs Orang Flat

Salam perubahan…!!!



Categories: Uncategorized

2 replies

Trackbacks

  1. Memperpendek Garis Lawan | Sugibisnis's Blog
  2. Jadilah Guru Peradaban Bukan Guru Pelajaran | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: