Kekuatan Visi: Apa Yang Sedang Kamu Lakukan?

Kekuatan Visi: Apa Yang Sedang Kamu Lakukan?

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Di sebuah desa di daerah pedalaman sedang ada project pembangunan gedung Sekolah Dasar. Di desa tersebut masih banyak anak-anak usia sekolah yang masih belum mendapatkan haknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Mereka hanya banyak bermain kesana-kemari bersama teman-teman sebaya.

Kita berfokus pada pekerjaan pembangunan gedung sekolah saja. Pekerjaan itu dilakukan oleh kontraktor dan melibatkan banyak orang pekerja, yang kebanyakan berasal dari desa tersebut. Ada beberapa orang mandor/supervisor dan ada seorang pimpro (pimpinana proyek).

Suatu hari ketika para pekerja sedang melaksanakan jobnya masing-masing, ada seorang Bijak yang datang untuk menanyakan sebuah pertanyaan kepada para pekerja. Pertanyaannya adalah “Apa yang sedang Bapak lakukan sekarang?”

  • Pekerja pertama, pengaduk pasir dan semen, menjawab dengan sikap ketus dan sinis, “Bapak gak lihat saya sedang ngapain? Lihatlah… saya sedang Mengaduk Pasir”!!! jawabnya.
  • Pekerja kedua, pembuat tembok dengan batu bata dan adukan pasir, menjawab dengan lebih elegan, “Kami sedang membangun Sekolah untuk pendidikan anak-anak di desa ini”.
  • Pekerja ketiga, Supervisor (mandor), yang sedang mengawasi dan mengarahkan pekerjaan anak buahnya, dengan semangat menjawab, “Kami sedang mempersiapkan masa depan desa ini, agar lebih maju dan sejahtera”.

Perhatikanlah, tiga orang pekerja ditanya dengan pertanyaan yang sama, tetapi memberi jawaban yang sangat berbeda. Coba apa perbedaan yang anda tangkap???

Jawabannya adalah Kekuatan Visi dari para pekerja tadi. Cara ketiga pekerja tadi dalam memandang visi masa depan dan dalam meyakininya sangat berbeda. Hal ini tergambar dalam sikap mereka dalam menjawab dan apa isi jawabannya.

  • Pekerja pertama: orang yang berpikir sempit. Hanya bisa melihat kondisi saat ini, tanpa bisa membayangkan masa depan. Orang seperti ini biasanya memiliki sikap egois, lebih mementingkan dirinya sendiri dibandingkan berpikir untuk orang lain atau orang banyak.
  • Pekerja kedua: orang yang memiliki pikiran dan pandangan lebih maju, memiliki Impian masa depan tetapi masih tawadhu’ (malu-malu dan kurang kuat). Orang seperti ini biasanya akan lebih dewasa, lebih terbuka dan bisa bekerja sama dalam sebuah tim.
  • Pekerja ketiga: orang yang Visioner, memiliki kekuatan pandangan masa depan sangat kuat. Orang seperti ini akan selalu bersemangat mengajak dan memotivasi orang lain untuk mewujudkan visinya itu. Impian besarnya dianggap GILA  oleh orang lain. Tapi dia tidak akan berhenti sebelum Visinya tercapai.

Jadi jelaslah, bahwa kekuatan Visi kita tergambar dari sikap kita terhadap pekerjaan itu sendiri. Tercermin dalam antusiasme kita dalam melakukan pekerjaan saat ini. Terlihat dari semangat dan kegigihan dalam memperjuangkan impiannya, walau sering jatuh dan gagal.

Oleh karena itu, milikilah kekuatan Visi Masa depan yang kuat Kawan, agar pekerjaan kita lebih maksimal dan produktif. Hanya orang yang Visioner yang bisa mengubah hidupnya dengan lompatan yang tinggi.  Hanya orang yang Visioner yang bisa menyulap rawa-rawa menjadi perumahan elit dan megah. Hanya orang yang Visioner yang bisa merekrut dan memperkerjakan ratusan ribu karyawan. Hanya orang yang Visioner yang dapat memiliki jutaan fans dan pengikut. Dan masih banyak contoh yang lain…

Baca juga: Hidup Harus Berani Bermimpi

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: