Balon Hitam Pun Bisa Terbang

Balon Hitam Pun Bisa Terbang

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada suatu hari di Amerika, ada seorang anak yang berkulit lebih gelap dibanding teman-teman sebayanya merasa minder dan tak percaya diri. Ia memprotes ayahnya karena ia merasa teman-temannya yang berkulit putih, lebih unggul, lebih pintar dan lebih hebat dari dirinya. Ia merasa dirinya tak sempurna dan tak mampu bersaing dengan teman-temannya yang berkulit putih.

Akhirnya sang ayah mengajaknya jalan-jalan ke tempat seorang penjual balon gas yang berwarna-warni di pinggir sebuah lapangan. Sang ayah meminta anaknya untuk memperhatikan penjual balon itu.

  • Penjual balon memompa balon biru, ketika ada seorang anak datang membeli, lalu anak itu melepaskan balon biru terbang tinggi ke angkasa. Semua orang bersorak dan bertepuk tangan gembira.
  • Penjual balon memompa balon merah, ketika ada seorang anak yang datang dan membelinya, lalu sang anak melepaskannya ke udara dan balon merah terbang tinggi ke angkasa. Semua orang kembali bersorak dan bertepuk tangan gembira.
  • Penjual balon memompa balon kuning, karena ada seorang anak yang membelinya, lalu sang anak pun melepaskannya ke udara dan balon kuning terbang tinggi ke angkasa. Semua orang bertepuk tangan gembira.

Setelah berwarna-warni balon dibeli dan diterbangkan, semua terbang tinggi mengangkasa, akhirnya anak berkulit gelap itu mendatangi penjual balon dan bertanya dengan nada sedih, matanya berkaca-kaca.

  • Anak: “Pak, apakah balon hitam tidak bisa terbang tinggi seperti balon-balon warna lainnya?”
  • Penjual balon: “Oh, bukan warna yang membuatnya terbang tinggi Nak.” Penjual balon mencari balon warna hitam dan dipompanya. Balon hitam pun mengembang, semakin besar, bahkan lebih besar dari balon biru, balon merah dan balon kuning sebelumnya. Penjual balon pun memberikan balon hitam itu kepadanya sebagai hadiah.

Anak berkulit gelap itu memegang balon berwarna hitam dan melepaskannya ke udara. Balon hitam pun terbang tinggi ke angkasa. Semua orang yang melihatnya bersorak sorai dan bertepuk tangan gembira. Sang anak pun ikut merasa bergembira dan wajahnya berseri-seri.

  • Ayah: “Kini kamu tahu kan Nak, bukan warna yang membuat balon terbang tinggi, tapi isinya.”

Anaknya pun mengangguk. Kini ia tahu dan yakin, bahwa bukan kulit gelap atau kulit terang, bukan kulit hitam atau kulit putih, bukan pula tubuh pendek atau tinggi yang membuatnya cerdas dan berprestasi, tapi isinya. Ya, Isinya!!!

Wahai Sahabat, apa hikmah yang bisa dipetik dari cerita di atas? Anda bisa terbang tinggi tuk meraih mimpi, Anda bisa melejit dan sukses bukan karena warna kulit Anda. Bukan karena latar belakang keluarga, ekonomi, pendidikan atau yang lain, tetapi karena isi Anda. Pola pikir (baca – mindset), karakter/kepribadian, kompetensi dan sikap mental juara yang ada dalam diri Anda yang akan mendorong Anda meraih keberhasilan. Yakinlah dengan diri sendiri karena Anda memiliki modal itu semua.

Baca juga: Kepribadianku Menentukan Masa Depanku.

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Temukan PASSION Dalam Bekerja | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: