Makna Tepuk Tangan

Makna tepuk tangan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tepuk tangan merupakan gerakan menemukan kedua telapak tangan dengan hentakan keras berulang-ulang hingga mengeluarkan bunyi. Orang bilang bunyinya “Prok-prok-prok”. Kadang ada yang bunyinya pelan dan biasa saja, kadang pula berbunyi keras dan luar biasa.

Ternyata tepuk tangan ini bermanfaat untuk kesehatan loh. Pada telapak tangan kita banyak terdapat titik-titik syaraf penting buat tubuh kita yang berhubungan langsung dengan organ tubuh. Ketika bertepuk tangan akan terjadi tekanan-tekanan pada titik syaraf dan pembuluh darah. Setidaknya ada 28 titik tekanan yang terjadi pada saat kita melakukan tepuk tangan. Meskipun tidak dilakukan secara sengaja, menekan pada titik-titik ini pada gilirannya akan memengaruhi organ-organ yang terhubung di dalam tubuh kita. Jadi sudah cukup jelas disini bahwa tepuk tangan bisa dibilang adalah jenis terapi khusus yang dapat membantu menyembuhkan problem kesehatan yang kita alami, terutama untuk melancarkan sirkulasi darah.

Telapak tangan juga merupakan salah satu bagian dari panca indra kita yaitu indra peraba dan perasa untuk menerima rangsangan dari luar yaitu panas, dingin, sentuhan, sakit, dan tekanan. Ketika telapak tangan kita sehat, maka semakin baik pula fungsinya untuk indra peraba.

Akan tetapi, yang tidak kalah penting dari manfaat tepuk tangan di atas adalah apa makna tepuk tangan yang kita lakukan. Tepuk tangan merupakan ekspresi kebahagiaan, penghargaan, atau rasa hormat yang memberi dorongan positif bagi kita dan orang lain. Kapan biasanya orang melakukan tepuk tangan?

  • Pada saat memanggil seseorang yang posisinya agak jauh darinya. Orang lain, baik yang dipanggil atau bukan, cenderung akan menengok dan mencari sumber suara tepuk tangan tersebut.
  • Pada saat permainan tepuk tangan. Hal ini sering dilakukan pada acara games untuk selingan dalam kegiatan training, rakor, outbond, pramuka, sekolah, dan permainan anak-anak.
  • Pada saat menggoda anak bayi yang digendong. Biasanya orang yang gemes melihat anak bayi yang lucu, menggoda dengan bertepuk tangan di depannya. Respon bayi itu pun bisa tertawa atau malah menangis.
  • Pada saat perayaan Ulang Tahun. Ketika seseorang sedang ulang tahun, biasanya dikejutkan oleh teman-temannya dengan memberikan ucapan “Selamat Ulang Tahun” sambil bertepuk tangan.
  • Pada saat menyambut dan melepas Pembicara dalam sebuah forum. Tepuk tangan ini sebagai sebuah ekspresi penghormatan dan penghargaan (terima kasih) kepada seseorang atas jasanya memberikan materi/ilmu kepada peserta forum.
  • Pada saat seseorang merasa sangat BAHAGIA. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mendapatkan anugerah dan penghargaan berupa hadiah atau manfaat masa depan untuk perbaikan kualitas hidup, misalnya kenaikan gaji, bonus, dan lain-lain.
  • Pada moment seseorang dianggap HEBAT atau JUARA. Tepuk tangan ini merupakan ekspresi kekaguman dan pemberian apresiasi kepada orang tersebut, atas karya dan prestasi yang diraihnya.
  • Mungkin masih banyak lagi moment-moment dimana mana orang melakukan tepuk tangan.

Waw, ternyata banyak sekali manfaat dan makna dari Tepuk Tangan. Dari semua moment tepuk tangan yang disebutkan di atas juga memiliki arti yang berbeda-beda. Untuk itu, mulai sekarang jangan ragu-ragu ketika Anda diminta untuk bertepuk tangan. Lakukan tepuk tangan dengan semangat dan sekeras-kerasnya. Karena suatu saat Anda lah yang akan mendapat tepuk tangan itu dari orang lain.

Baca juga: Ternyata Aku Orang Hebat

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Personal

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: