Berapa Lama Memegang Batu

Menggenggam Masalah Terlalu Lama

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Dalam sebuah kelas training motivasi, Trainer meminta salah seorang peserta untuk berdiri dan disuruh memegang batu, sambil mengatakan, “Pegang batu ini, sampai saya suruh berhenti.” Batu itu tidak berat, palingan hanya 1/2 kg saja. Siapa pun bisa memegangnya dengan sangat mudah. Setelah peserta itu berdiri dan memegang batu, maka Trainer pun melanjutkan materinya tanpa menghiraukan peserta tadi.

Waktu pun berlalu, 1 menit, 5 menit, 10 menit dan sampailah 30 menit. Peserta tadi pun berteriak kepada Trainer, “Pak, kapan saya berhenti pegang batu ini? Kaki saya pegal dan tangan saya sudah terasa kaku, batu ini jadi terasa sangat berat…”

Akhirnya sang Trainer pun membolehkan peserta tadi untuk duduk kembali dan mengambil alih batu yang dipegangnya. Dan peserta punmemijit-mijit sendiri tangannya yang terasa kaku. Trainer pun menjelaskan apa makna dari permainan tadi.

Tahukah kalian, bahwa sebenarnya batu ini sangat ringan. Hanya 1/2 kg saja. Tapi kenapa peserta yang pegang batu tadi berteriak capek dan merasa berat? Ya… karena dia pegang batu ini terlalu lama. Semakin lama batu dipegang, maka akan semakin terasa berat dan akhirnya pasti menyerah tidak kuat…!!

Batu itu ibarat sebuah MASALAH. Bisa jadi masalah yang anda hadapi itu kecil dan hanya sepele. Tapi kalo masalah kecil itu digenggam terus menerus tidak pernah dipecahkan, tidak dicarikan SOLUSI-nya, akhirnya masalah itu menjadi BEBAN BERAT. Masalah kecil itu menjadi bertumpuk, bahkan menimbulkan masalah lain yang lebih berat lagi. Masalah pun pada akhirnya menjadi rumit dan terasa sangat BERAT untuk menyelesaikannyahttps://inspirasipedia.com/2019/03/05/view-pesawat-terbang/ untuk menyelesaikan masalahnya karena dianggap sepele. Mereka merasa masih punya banyak waktu…NANTI..!! Ketika masalah sudah menumpuk dan membesar, akhirnya menjadi pusing dan stress. Pikirannya menjadi kacau dan menjadi lebih emosional. Padahal, jika masalah kecil muncul dan langsung diselesaikan, banyak sekali manfaat yang kita rasakan, antara lain:

Baca juga: View Pesawat Terbang

  • membiasakan cekatan, gesit dan cepat tanggap
  • pikiran kreatif karena selalu mencari solusi
  • pikiran dan perasaan menjadi tenang dan bahagia
  • terhindar dari beban berat dan stress
  • memiliki skala prioritas yang bagus
  • kecerdasan dan kedewasaan lebih meningkat
  • hidupnya lebih produktif

Wahai sahabatku… yuks kita belajar untuk selalu bersegera menghadapi dan menyelesaikan masalah yang muncul dalam hidup kita, baik sifatnya kecil maupun yang rumit. Sekecil apapun masalah, jika tidak segera kita selesaikan, maka akan menumpuk, menjadi besar dan berat. Sebesar apapun masalah, jika kita segera menyelesaikannya, akan menjadi ringan dan mudah. Perasaan kita akan menjadi lebih PLOONG, dan Bahagia…

Baca juga: Siapa Yang Mendorong Saya

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Trouble Is A Friend | Sugibisnis's Blog
  2. Jangan Takut Pada Masalah | Sugibisnis's Blog
  3. View Pesawat Terbang – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: