Jadilah Guru Peradaban Bukan Guru Pelajaran

Jadilah Guru Peradaban Bukan Guru Pelajaran

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Setiap orang yang pernah mengenyam dunia pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA pasti pernah mendapatkan pelajaran dari seorang Guru. Guru seperti ini merupakan Guru formal, karena ditunjuk dan diangkat secara resmi oleh institusi sebagai guru. Mereka harus melalui jenjang pendidikan yang dipersyaratkan, seperti sarjana pendidikan, dan lain-lain.

Guru formal harus mengajar mata pelajaran kepada siswa sekolah berdasarkan kurikulum yang telah dibuat. Mereka mengajar mata pelajaran tertentu setiap minggu, supaya siswa didiknya memahami dan menguasai isi mata pelajaran tersebut. Guru formal akan mendapatkan imbalan berupa gaji dari pemerintah atau lembaga sekolah yang mengangkatnya menjadi guru.

Tapi tahukah Anda, bahwa di luar sana banyak sekali Guru non formal, yang aktivitasnya juga mendidik dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain? Ilmu pengetahuan itu akan menjadi bekal hidup yang sangat berharga bagi seseorang. Dengan pelajaran itu seseorang akan menjadi lebih cerdas, memiliki kompetensi tertentu, lebih ahli di bidang tertentu, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kehidupannya. Guru seperti ini biasanya tidak mendapatkan imbalan gaji secara rutin. Mereka biasanya bekerja tulus tanpa pamrih.

  • Orangtua, adalah guru pertama buat setiap orang. Orangtualah yang pertama kali mengasuh dan mendidik setiap anak-anaknya mulai dari bayi sampai besar. Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak cerdas, anak baik, dan anak yang berhasil di masa depan.
  • Guru Sekolah, adalah Guru kedua setelah orangtua. Mereka mengajarkan mata pelajaran sekolah agar anak menjadi cerdas dan terampil untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya atau sebagai bekal dalam mencari pekerjaan atau usaha.
  • Dosen, yaitu Guru yang mengajarkan mata kuliah kepada para mahasiswa ketika kuliah di sebuah campus atau universitas. Dosen mengajarkan ilmu pengetahuan dan ilmu praktis sesuai jurusan untuk mendukung dimana, di bidang apa mahasiswa akan bekerja nantinya.
  • Sahabat Karib dan Mentor, yang senantiasa mensupport, memberikan pencerahan dan motivasi untuk selalu optimis dan fight dalam bekerja, dalam berusaha, dalam berjuang mengejar mimpi.
  • Murobbi, yang senantiasa berdakwah mengajak peserta didiknya (binaanya) kepada kebaikan, menegakkan kebenaran dan mencegah kemunkaran. Murobbi akan menanamkan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan sehingga menjadi keyakinan/keimanan dan membentuk binaanya memiliki kepribadian yang kuat, menjadi anak shaleh yang sukses dunia dan akhirat.

Apapun jenis profesinya, jadilah Guru Peradaban bukan sekedar Guru Mata Pelajaran. Profesi Guru seperti ini sangat mulia karena akan menjadi berkah di dunia dan akhirat bagi kehidupan guru itu sendiri maupun anak didiknya. Bagaimanakah karakteristik Guru Peradaban?

  • Bekerja diniatkan sebagai Ibadah kepada Allah, sehingga akan bekerja dengan tulus dan sepenuh hati. Imbalan terbesar bukan gaji, tetapi keberkahan hidup dari Allah SWT.
  • Memiliki Visi yang kuat untuk menyiapkan peserta didiknya menjadi anak yang hebat, cerdas, dan antusias untuk menggapai sukses masa depan.
  • Bersungguh-sungguh dan Totalitas dalam mengajar dan mendidik siswanya.
  • Senantiasa meningkatkan kompetensinya untuk memperbaiki kualitas cara dan metode pengajaran.
  • Tidak sekedar mengajar, tapi juga melatih dan mengontrol keberhasilan pesesta didiknya
  • Dekat dan dirindukan oleh peserta didiknya.
  • Selalu mendo’akan kebaikan untuk anak didiknya

Guru Peradaban bukan sekedar pengajar mata pelajaran yang tugasnya mentransfer ilmu sesuai jadwal. Bukan sekedar profesi yang setiap bulan mendapatkan gaji. Bukan sekedar aktivitas menggugurkan kewajiban mengajar. Bukan sekedar kebanggaan yang berhasil memberikan test dan ujian. Akan tetapi, Guru pada hakikatnya adalah aktivitas mengajar dan mendidik untuk mempersiapkan generasi masa depan, generasi yang akan mengisi peradaban selanjutnya di dunia ini… Itulah Guru Peradaban..!!!

Baca juga: Jadilah Pahlawan di Bidang Anda

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Selamat Hari Guru !!

Salam perubahan…!!!



Categories: Uncategorized

1 reply

Trackbacks

  1. Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: