Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Wahai sahabat, mari kita merenung dan berpikir sejenak, siapakah orang yang paling berjasa dalam hidup kita setelah kedua orang tua kita? Saya tahu jawaban Anda, pastilah Guru kan? Guru ibarat pelita yang menjadi penerang dalam kegelapan. Jasa mereka sangat besar seperti jasa para pahlawan bangsa yang telah rela mengorbangkan pikiran, jiwa  dan raga mereka. Guru pun sama, mereka mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan keahlian mereka untuk mendidik dan membangun generasi masa depan. Maka, Guru pun layak disebut sebagai seorang pahlawan.

Guru sering disebut dengan istilah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Apa maknanya? Guru adalah orang yang paling berjasa dalam kesuksesan Anda hari ini. Tanpa melalui perantaraan guru, Anda tidak akan menjadi orang seperti sekarang ini. Guru adalah pendidik formal pertama yang mengajarkan berbagai pelajaran dan ilmu pengetahuan yang menjadi bekal hidup, mengejar mimpi sukses masa depan setiap orang. Jadi guru memiliki peran yang sangat penting dan besar dalam kehidupan setiap orang. Guru laksana PAHLAWAN, yang tidak pernah diberikan penghargaan dan tanda jasa secara resmi. Untuk menggambarkan hal ini, ingatlah lirik lagu Hymne Guru ciptaan Sartono:

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Begitu mulia profesi Guru. Begitu berharga pengabdian Guru. Begitu besar jasa Guru. Guru selalu memberikan santapan jiwa dan akal dengan ilmu, pembinaan akhlak mulia, dan membimbing perilaku yang baik dan benar kepada anak didiknya. Oleh karena itu, Guru memiliki kedudukan dan derajat yang tinggi dalam agama Islam. Hal ini dijelaskan dalam Firman Allah Swt:

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Mujadalah : 11)

Apabila seorang Guru menjalankan tugasnya dengan tulus ikhlas dengan motivasi beribadah kepada Allah, Jika seorang Guru senantiasa meningkatkan ilmunya untuk membangun generasi robbani, Jika seorang Guru bekerja dengan sungguh-sungguh dan professional, maka wajarlah jika Guru seperti ini berikan gelar Pahlawan. Dan Allah akan mengangkat derajat Guru ini. Allah yang akan memberikan imbalan yang sangat besar. Allah lah yang akan memberikan keberkahan dalam kehidupannya. Jadi jangan pernah ragu untuk menjadi seorang GURU…

Baca juga: Jadilah Guru Peradaban Bukan Guru Pelajaran

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Murabbi: Pahlawan Dalam Kesunyian | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: