Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi Kerja Karyawan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Apakah Anda seorang Karyawan yang Bekerja di sebuah perusahaan? Ataukah Anda seorang Pegawai Negeri yang bekerja di instansi pemerintah? Apakah Anda seorang Pekerja harian lepas yang bekerja pada proyek atau anda seorang Buruh yang bekerja di pabrik? Dan masih banyak lagi lahan pekerjaan bagi setiap orang. Untuk mengeneralisir semua profesi ini, sebut saja dengan istilah Karyawan.

Tapi, pernahkah Anda merenung dan introspeksi, apa Motivasi Kerja Anda? Bagaimana kualitas pekerjaan Anda? Bagaimana tingkat produktivitas Anda? Seberapa besar performance yang Anda hasilkan? Semua jawaban dari pertanyaan ini akan saling terkait dan mempengaruhi atau bahasanya pengaruhnya berbanding lurus.

  • Kinerja dan produktivitas seorang Karyawan akan sangat ditentukan oleh kualitas pekerjaanya. Bagaimana seorang karyawan bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dengan memaksimalkan segenap kompetensi yang dimiliki.
  • Kualitas kerja seorang karyawan akan sangat ditentukan oleh Motivasi Kerjanya, bekerja itu untuk apa.
  • Motivasi Kerja karyawan akan sangat ditentukan oleh paradigma atau Mindset kerjanya, bagaimana ia memandang bahwa bekerja itu apa sih?

Sahabatku, Bekerja jangan hanya dipandang sebatas Rutinitas belaka, pagi masuk kantor hingga sore pulang kantor sesuai jam kerja dan menjalankan tugas pokok hanya sekedarnya saja. Seharusnya karyawan memandang dan memahami Bekerja sebagai:

a. Pengabdian

Ketika Anda diangkat sebagai karyawan tetap perusahaan, mendapatkan gaji dan hak-hak karyawan, asuransi kesehatan dan fasilitas jabatan lainnya, maka anda harus mengabdikan diri anda kepada perusahaan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh agar kinerja maksimal. Optimalkan kompetensi diri, selalu diasah dan diupgrade, agar kualitas pekerjaan dan produktivitas Anda selalu meningkat.

b. Ibadah

Apabila karyawan bekerja dengan benar, dengan niat mencari ilmu, pengalaman dan penghasilan untuk kehidupan diri dan keluarganya, maka semua aktivitasnya akan bernilai Ibadah di sisi Alloh SWT. Karena yakin bahwa bekerja adalah ibadah, maka karyawan akan takut untuk berbuat curang dan menyimpang dari ketentuan/peraturan yang akibatnya akan merugikan perusahaan.

c. Professional Character Building

Setiap aktivitas yang kita lakukan dalam menjalani pekerjaan kita pada hakekatnya membentuk pengalaman kerja dan karakter kita sekaligus mengukir track record (sejarah) profesionalitas kerja kita. Track record ini akan memberikan nilai seperti apa diri kita dikenal dalam dunia kerja. Karakter profesional kerja kita inilah yang akan menentukan perkembangan karir selanjutnya, baik di perusahaan yang sama maupun di perusahaan lain jika dia sudah resign dan bekerja di tempat lain.

Apabila karyawan sudah memiliki ketiga cara pandang dan motivasi kerja di atas, saya yakin, dia akan bekerja dengan sebaik-baiknya, bekerja dengan sungguh-sungguh, penuh antusias, untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan. Karyawan akan memahami pekerjaanya dengan baik, memiliki hubungan yang harmonis sesama karyawan dan dengan atasan-bawahan, serta akan mengedepankan nilai-nilai budaya kerja yang positif.

Selamat menjadi karyawan terbaik!!!

Baca juga: Alam Tidak Pernah Bohong

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Inspiratif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: