Jangan Takut Pada Masalah

Jangan Takut Pada Masalah

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada tulisan sebelumnya yang berjudul Trouble is A Friend, sudah dijelaskan bahwa setiap manusia hidup pasti memiliki Masalah, karena masalah itu adalah teman kita. Masalah muncul di pikiran, hati, dan sekeliling kita. Oleh karena itu, sikap kita yang tepat adalah jangan menghindari Masalah dan Jangan Takut pada Masalah, tapi Hadapilah masalah itu.

Anda mau menghindari masalah? Emang bisa… mau sembunyi dimana? Dia akan selalu mengikutimu. Wong masalahnya ada dalam dirimu…!!! Anda takut pada masalah? Padahal masalah itu kan bukan hantu… memang dia akan selalu membayangi dan mengikutimu. Makanya, segera selesaikan masalah itu supaya Anda lebih tenang dan bahagia. Jangan digenggam terlalu lama, apalagi ditunda dan dikumpulkan, akhirnya menjadi tabungan masalah. Kalo sudah begini menjadi rumit, wajarlah jika Anda merasa masalah itu seperti Hantu karena menjadi momok buat Anda. Selalu menghantui kemana pun Anda pergi, dimana pun anda berada…

Jika masalah besar/kecil muncul dan langsung Anda selesaikan, banyak sekali manfaat yang akan anda rasakan. Jangan malah digenggam terlalu lama, nanti akan menjadi Bom Waktu yang bisa meledak kapan saja. Muncul masalah sekecil apa pun, biasakan untuk segera diselesaikan..

Baca juga: Menggenggam Masalah Terlalu Lama

Masalah itu sunnatullah, tidak akan bisa hilang. Kalo kita renungkan lebih dalam, Masalah itu penting dan baik bagi kita semua loh. Coba pikirkan!! Masalah itu tanda dan alarm dari Allah SWT kepada setiap manusia, untuk introspeksi diri:

  • agar manusia ingat kepada Allah SWT dan memperbaiki keimanannya. Ingatlah, bahwa Allah yang menurunkan masalah dan memberikan solusinya. Bermunajatlah !!
  • agar manusia menyadari bahwa ilmunya terbatas, kemampuan dan kompetensinya masih kurang untuk melakukan suatu pekerjaan di bidang tertentu. Belajarlah !!
  • agar manusia termotivasi untuk selalu belajar, upgrade kapasitas dan kompetensi yang dimiliki. Jangan berhenti di level tertentu, karena dunia ini berubah makin cepat. Berlatihlah !!
  • agar manusia Belajar Memecahkan masalahnya sendiri. Keberanian memecahkan masalah sendiri akan menumbuhkan kebiasaan baik dan membuatnya semakin berpengalaman. Hadapilah !!
  • agar kualitas hidup manusia semakin baik, kedewasaannya meningkat, dan dapat mengendalikan dirinya sendiri dalam menjalani kehidupan ini. Upgrade-lah !!

Tuh kan, lihatlah… ternyata memang banyak sekali arti penting masalah bagi kehidupan kita. Yuks belajar dari masalah. Barang siapa yang terbiasa menyelesaikan masalahnya, akan semakin dewasa, akan semakin berpengalaman, akan semakin cerdas, akan semakin ahli, akan semakin bijaksana, akan semakin dapat mengendalikan hidupnya, dan lain-lain. Dan pada akhirnya kualitas hidupnya akan semakin baik. Hidupnya sudah barang tentu akan semakin bahagia. Jadi, Jangan Takut pada Masalah. Buktikanlah..!!!

Baca juga: SUKSES dan GAGAL, Harus Belajar

So… Bersiaplah. Berbekalah. Belajarlah. Dan…. BERUBAH-lah. Maka Anda akan sukses…

Salam perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , ,

2 replies

  1. Bener banget nih mas, masalah ada untuk mendewasakan kita ya. Kitanya saja kadang lebih sering lari, hingga tak terasa udah numpuk aja.
    Postingannya selalu memotivasi nih. Mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: