Hidup Menjadi Berkah

Hidup Menjadi Berkah

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Anda pasti sering mendengar kata “BERKAH” bahkan selalu mengucapkannya setiap hari tanpa Anda sadari. Betul kan? Coba perhatikan:

  • Dalam kalimat salam yang diucapkan setiap hari ada kata Berkah, Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan keberkahan selalu menyertai Anda (kalian).
  • Dalam do’a untuk pengantin baru ada kata berkah, baarokalloohu lakuma… Semoga keberkahan Allah untuk kalian berdua (pasangan pengantin)…
  • Dalam khotbah Jumat ada kata berkah, khotib menutup khutbah pertama dengan ungkapan, baarokallohu lii walakum… semoga berkah Allah untukku dan untuk kalian…
  • Dalam setiap moment seseorang mendapatkan sesuatu yang menggembirakan ada kata berkah, misalnya melahirkan anak, lulus ujian, tamat sekolah, wisuda, membeli rumah baru, mobil baru, diterima kerja, dan lain-lain. Biasanya orang akan ikut berbahagia dengan mengucapkan, baarokalloh lakum… semoga berkah Allah untukmu…
  • Dalam perayaan ULTAH ada kata berkah. Teman-temanya sering berdoa, baarokalloh fii umrik… semoga berkah Allah ada dalam umurmu…
  • Grup band Wali juga menciptakan lagu yang berjudul “Cari Berkah”

Dan masih banyak lagi kejadian dimana sering terucap kata Berkah. Tapi, pernahkah Anda berpikir, apa makna kata Berkah tersebut? Yuk lanjut..!!

Nabi Isa as. pun pernah mengatakan, waja’alanii mubaarokan ainama kuntu… dan Dia (Allah) menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada… Yakni bermanfaat bagi manusia. Isa ‘alaihis salam di samping keadaan dirinya yang sempurna, yakni sebagai seorang nabi, beliau juga menyempurnakan orang lain dengan memberikan manfaat kepada mereka, seperti mengajarkan kebaikan kepada mereka, mengajak mereka kepada Allah (da’wah ilallah) dan melarang kemungkaran. Siapa saja yang duduk atau berkumpul dengannya, maka akan memperoleh keberkahannya, dan orang yang menemaninya akan ikut bahagia.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.
  • Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali). Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.
  • Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti: (1) tumbuh, berkembang, atau bertambah; dan (2) kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi”.

Sehari-hari kita juga sering mendengar kata “mencari berkah”,  yang bermaksud mencari kebaikan atau tambahan kebaikan, baik kebaikan berupa bertambahnya harta, rezeki, kesehatan, ilmu, dan amal kebaikan (pahala).

Spirit dari perkataan nabi Isa as di atas, bahwa janganlah kita hanya menjadi pencari berkah, tapi diri kita pun harus menjadi Berkah buat orang lain. Dalam diri kita, dalam hidup kita harus memberikan keberkahan kepada siapa saja, dan dimana pun kita berada. Dalam arti, setiap nafas kita, bicara kita, dan tingkah laku kita harus selalu memberikan manfaat dan kebaikan bagi sesama. Diri kita menjadi asbab bagi orang lain untuk menjadi lebih cerdas, lebih paham, dapat hidayah, lebih ahli, lebih sehat, lebih sukses, lebih bahagia, dan lebih baik dari kondisi sebelumnya. Menebar manfaat dan menuai berkah!!!

Alangkah indahnya jika orang bisa mencapai level itu. Yakinlah, hidupnya akan sukses dan bahagia. Allah akan mencintai orang-orang seperti itu. Itulah sebaik-sebaik manusia di dunia ini. Khairukum, anfauhum linnas… sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia…

Baca juga: Meaningful, Hidup harus Bermanfaat

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Insight Mencabut Tissu | Sugibisnis's Blog
  2. Rezeki Tidak Akan Tertukar | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: