Jangan Takut Competitor

Jangan Takut Competitor

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Apakah Anda sudah nonton film “Justice League” yang baru-baru ini diputar di bioskop? Film ini menggambarkan bersatunya para Super Hero untuk melawan kekuatan super jahat yang membahayakan bumi. Dimotori oleh Batman dan Wonder Woman, mereka berdua mengajak dan membujuk Super Hero yang lain untuk bergabung, dengan alasan kemanusiaan, untuk menyelamatkan bumi dari ancaman dan bahaya dari kekuatan Steppenwolf dan tentara Parademons. Kekuatan jahat itu sedang mencari 3 Mothers Boxes di bumi untuk disatukan menjadi kekuatan maha dahsyat.

Akhirnya satu per satu Super Hero pun bergabung. Mereka adalah Batman, Wonder Woman, Aquaman, The Flash, Cyborg yang masing-masing memiliki kekuatan dan kelebihan yang unik. Sangat disayangkan, Superman yang memiliki kekuatan super sudah meninggal, akibat pertarungan dengan Batman di episode sebelumnya. Semenjak kematian Superman, bumi menjadi rentan diserang oleh makhluk asing.

Namun ternyata Superman bisa hidup kembali, berkat kekuatan dari lawan, yaitu kekuatan dahsyat dari Mother Box ke-3 yang dialiri listrik oleh The Flash. Walaupun pada akhirnya kotak ke-3 itu pun jatuh ke tangan Steppenwolf…

Untuk mengetahui kelanjutan ceritanya, silahkan tonton sendiri film Justice League ya. Saya hanya ingin mengambil pelajaran dari sekuel cerita film di atas. Insight yang bisa diambil adalah:

1. Kekuatan Sinergi

Bersatunya Super Hero termasuk Superman setelah hidup kembali, menjadi satu team menghasilkan kekuatan yang sangat dahsyat untuk melawan musuh sehebat apa pun. Apabila setiap Super Hero mengedepankan egonya masing-masing, membanggakan kekuatan dan kehebatan masing-masing pasti akan terjadi perpecahan. Dan perpecahan itu tentunya akan menghasilkan kelemahan. Kelemahan akan menyebabkan musuh mudah untuk menyerang dan akhirnya kalah, hancur berantakan.

Bersinergi dengan orang lain, apalagi yang memiliki kehebatan tertentu, dalam bisnis dan pekerjaan akan menghasilkan Super Team yang hebat. Pekerjaan akan menjadi mudah. Kinerja menjadi lebih baik dan produktif. Bisnis akan semakin berkembang dan profitable. Target pun akan mudah diraih bahkan melampauinya…

2. Energi dari Competitor

Lihatlah, Superman bangkit lagi karena faktor kekuatan hebat dari lawan. Demikian juga dalam pekerjaan dan bisnis, kekuatan dari Competitor seringkali bisa menjadi Energi yang luar biasa untuk bangkit dari keterpurukan. Competitor saja bisa berhasil, maka kita pun bisa berhasil, apalagi jika kita memiliki kekuatan dan kompetensi yang terpendam. Lakukan ATM: Amati, Tiru, Modifikasi dan ditambah dengan keunikan kita sendiri. Hasilnya pun bisa lebih hebat dibanding Competitor.

Namun perlu diingat, dalam etika bisnis, berkompetisilah secara sehat. Jangan sekali-sekali berbuat curang atau menjegal lawan. Fastabiqul khairaat… Dalam bekerja di kantor, selalu optimalkan kompetensi diri, buat diri kita lebih hebat dari orang lain, maka kita akan menang. Dalam bisnis, lakukan yang terbaik, selalu berinovasi, jaga kualitas produk, berikan pelayanan sepenuh hati, maka kita juga akan menang.

Baca juga: Memperpendek Garis Lawan

Salam perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , ,

5 replies

  1. Mantap mas tipsnya. Memang 2 aspek yang mas jabarkan penting banget buat kemajuan suatu usaha.

Trackbacks

  1. Kompetisi Mencari JUARA Futsal | Sugibisnis's Blog
  2. Persaingan Melahirkan Kualitas – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: