Niat Saja Tidak Cukup

Niat saja tidak cukup

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Setiap Manusia yang normal sudah pasti memiliki banyak sekali Keinginan. Sesuatu yang ingin digapai di masa depan, ingin dimiliki atau ingin menjadi seperti apa, itulah Keinginan. Biasanya keinginan Anda ditandai dengan kata-kata berikut:

  • “Saya mau ini…”
  • “Saya pingin punya ini…”
  • “Nanti saya mau begini…”
  • “Alangkah indahnya kalau saya…”

Keinginan itu wajar dan manusiawi kok. Justru orang yang tidak memiliki keinginan, itu yang aneh. Hidupnya berjalan hampa, statis, dan tidak bergairah. Namun sekuat apa Keinginan itu mempengaruhi tindakannya, inilah yang berbeda-beda setiap orang. Orang yang memiliki Keinginan kuat untuk meraih sesuatu, pasti hidupnya akan lebih bersemangat dibanding orang yang keinginannya lemah.

Keinginan yang diiringi dengan keyakinan dan kemauan kuat untuk mewujudkannya akan berubah menjadi Dream (Impian). Impian yang kuat akan mendorong dan mempengaruhi pikiran kreatifnya, perasaan lembutnya, sikap dan perilakunya. Impian akan menumbuhkan energi yang kuat dalam dirinya sehingga memiliki semangat dan antusiasme dalam bekerja dan berkarya. Semakin yakin dan semakin jelas gambaran/imaginasi impian masa depannya, akan semakin besar energi yang dimilikinya. Wajar akhirnya kalau orang seperti ini akan selalu optimis, bekerja lebih keras, tidur lebih sedikit, dan bisa jadi lebih banyak gagalnya.

Keinginan yang terbetik dalam hati (heart) untuk melakukan sesuatu, itu namanya Niat. Jadi Niat itu dorongan dari hati, direspon oleh otak (akal dan pikiran), yang selanjutnya otak memerintahkan anggota badan untuk melakukan sesuatu sesuai niatnya (Action). Makanya niat itu inherent dalam setiap tindakan kita. Niat itu kerjaan hati, sehingga tidak perlu diucapkan dengan lisan pun, niat sudah mengiringi setiap tindakan manusia.

Ketika niat muncul dalam hati namun tidak keluar menjadi tindakan nyata, kira-kira kenapa ya? Apanya yang salah? Ayoo, siapa yang bisa jawab? Memang benar, dalam pemahaman Islam, niat baik yang tidak menjadi kenyataan sudah berpahala satu bagian. Sedangkan niat buruk yang tidak terlaksana tidak berdosa.

Mungkin sebelumnya Anda pernah memiliki niat dan keinginan untuk berbisnis, niat untuk belajar, niat untuk tidak tidur pagi, niat untuk bersedekah, niat untuk memperbaiki diri, niat untuk qiyamul lail, niat untuk baca Alqur’an, niat untuk silaturahim, niat untuk berubah, dan lain-lain, namun sampai sekarang niat itu belum menjadi kenyataan. Tahu-tahu waktu berjalan begitu cepat. Belum ada satu pun niat yang terealisir. Why???

Yuk kita introspeksi diri. Kenapa ya, kok keinginan dan niat saya berat untuk direalisasikan???

  • Boleh jadi niat tidak menggerakkan akal dan pikiran karena pikiran Anda terlalu banyak mental block. Getarannya nyaris tak terdengarrr…
  • Boleh jadi Keinginan Anda tidak kuat, tidak menjadi Impian sehingga tidak yakin bisa mewujudkannya. Tidak menjadi energi pendorong untuk melakukan tindakan nyata.
  • Bisa jadi Anda berada dalam comfort zone (zona nyaman) sehingga muncul Ketakutan untuk mencoba sesuatu, Tidak Berani Memulai, dan takut untuk Berubah.

Ya begitulah jawabannya. Niat saja tidak cukup untuk menuju sukses. Mau niat sebesar gunung, setinggi langit, dan seluas jagad raya tidak akan ada hasilnya kalau Anda tidak berusaha mewujudkannya dengan tindakan nyata. Yang namanya Niat ya harus dipasangkan dengan action, kalau Anda mau berhasil. Siap untuk action? Lakukan sekarang!!!

Baca juga: Jangan Takut Salah

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Rantai Gajah di Kepala Kita | Sugibisnis's Blog
  2. Beranikan Diri Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog
  3. Hidup Lebih Berwarna – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: