Masa Depan Gelap, Terangi dengan MIMPI

Masa Depan Gelap, Terangi dengan MIMPI

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Setiap manusia tidak akan pernah bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan dalam kehidupannya. Jangan kan masa depan, satu jam ke depan pun kita tidak tahu apa yang akan terjadi terhadap diri kita. Apakah kita akan lebih baik dari kondisi saat ini atau biasa-biasa saja, atau bahkan justru lebih buruk dari sekarang? Kita tidak akan pernah tahu. Apalagi bagaimana kondisi kita dan kehidupan kita 5 tahun  ke depan, 10 tahun ke depan, 20 tahun ke depan, dan seterusnya. Satu-satunya kondisi yang kita tahu dan bisa kita kendalikan adalah Sekarang atau SAAT INI (Now).

Wajarlah jika dikatakan Masa Depan adalah Gelap. Masa depan adalah Misteri karena tidak ada yang tahu. Saking gelapnya masa depan (gelap gulita), mata kita tidak bisa melihat apa-apa di sana. Sehingga kebanyakan orang akan berjalan berputar-putar dalam kegelapan itu, tabrak sana tabrak sini, tersesat makin jauh dan ujung-ujungnya menyerah saja kepada keadaan saat ini. Menyerah kepada nasibnya saat ini tanpa ada usaha untuk keluar dari kegelapan itu… Lalu, bagaimana solusinya untuk keluar dari kegelapan???

Sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT, kita yakin bahwa apa pun yang terjadi terhadap diri kita dalam hidup ini adalah ketentuan dan kehendak Allah. Itu benar!! Namun, sadarkah Anda, bahwa ada ketentuan yang sudah pasti terjadi yang digariskan Allah (taqdir) dan kita tidak bisa menghindarinya, dan ada ketentuan yang Allah pastikan setelah melalui usaha/Ikhtiar dan Do’a kita. Inilah yang dikatakan sebagai Nasib. Bukan kah Allah sudah berfirman dalam Alqur’an:

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS Ar-Ra’du : 11)

Jadi nasib kita di dunia ini, apakah miskin atau kaya, gagal atau sukses, sengsara atau bahagia, menjadi berkah atau -maaf- sampah, itu semua tergantung dari diri kita sendiri yang menentukannya. Apa buktinya? Tandanya adalah, setiap kali menghadapi sesuatu di dunia ini, kita selalu memiliki pilihan (choice) sebelum mengerjakannya. Iya kan..!! Mau pilih yang penting atau tidak, yang baik atau yang buruk, yang bermanfaat atau yang mudharat, dan seterusnya…

Nah, karena masa depan itu Gelap Gulita, maka satu-satunya cara untuk menghadapinya adalah dengan menyalakan PELITA yang bercahaya kemana Anda akan menuju. Dan nyalakan juga lilin-lilin kecil yang mengiringi langkah-langkah Anda. Karena kita tidak akan bisa keluar/menghindari dari kegelapan itu. Nyalakanlah Pelita di depan Anda, maka akan ada cahaya yang akan menerangi jalan Anda menuju Pelita itu.

Pelita besar yang menyala itu adalah DREAM (MIMPI) Anda, dan lilin-lilin kecil yang bercahaya itu adalah Keyakinan dan Harapan yang akan menuntun Anda untuk meraih Mimpi tersebut. Atau mungkin ada yang memberikan istilah GOALS. Dengan adanya cahaya dalam kegelapan ini, maka kita akan melihat adanya jalur menuju masa depan. Walaupun kadang terseok, kadang terjatuh, tergores, selama cahaya itu tetap menyala kita akan mudah bangkit kembali untuk menuju Goals kita. Yuks, nyalakan Cahaya Dream kita untuk menerangi jalan kita menuju masa depan…!!!

Baca juga: Hidup Harus Berani Bermimpi

Semoga bermanfaat…

Salam perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

4 replies

Trackbacks

  1. Bingung Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog
  2. Gebyar Tahun Baru 2018 | Sugibisnis's Blog
  3. Spiritualitas Target – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  4. Hidup Lebih Berwarna – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: