Patung: Karya Besar Michael Angelo

Patung: Karya Besar Michael Angelo

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Anda pasti pernah mendengar seorang seniman hebat dari Itali, yaitu Michael Angelo. Ia merupakan pelukis, pemahat patung, arsitek dan penyair terbesar dalam sejarah seni Eropa. Tokoh satu ini dikenal dunia sebagai salah satu seniman pematung terbaik yang pernah ada. Karya-karyanya sangat banyak dan fenomenal yang dapat dilihat di Vatikan.

Saya tidak ingin menceritakan biografi Michael Angelo secara panjang lebar, silahkan googling saja, pasti anda akan menemukan banyak sekali di sana. Saya hanya ingin menceritakan sekelumit kisahnya, ketika ia ditanya oleh seseorang, “Michael Angelo, bagaimana anda bisa hebat sekali dalam memahat patung? Hanya dari sebuah batu bisa anda buat patung yang sangat bagus. Apa rahasianya?

Ketika ditanya seperti itu, Michael Angelo pun menjawab, “Saya biasa-biasa aja kok. Saya sudah melihat sosok patung yang indah dalam batu itu, dan saya tinggal memahat untuk menghilangkan bagian-bagian batu yang tidak berguna…

Waw, jawabannya sangat simple dan santai ya. Tapi sebenarnya memiliki makna yang sangat dalam. Coba perhatikan baik-baik! Seorang pematung hebat bisa melihat sosok patung yang indah dalam sebuah batu. Ini artinya patung yang indah itu sudah tergambar kuat dalam pikiran dan imaginasinya. Sehingga dengan mudah Michael Angelo memahat batu itu, benar-benar menjadi sebuah patung yang indah seperti yang dibayangkannya. Hasilnya pasti akan sangat jauh berbeda, ketika Michael Angelo tidak memiliki gambar patung dalam pikirannya. Dia akan memahat batu itu dengan sembarangan, trial and error, bisa berubah-ubah, pengerjaannya lama, dan akhirnya menjadi sebuah patung yang jelek.

Jadi, pelajaran yang bisa diambil antara lain:

  • Dalam hidup kita harus menjadi orang yang Visioner, yaitu memiliki visi dan goals yang jelas dan kuat. Bahkan gambaran Goals yang ingin kita capai pun menancap kuat dalam pikiran kita sekarang. Hidup kita akan memiliki arah yang jelas kemana akan menuju, dan menjadi bergairah karena ada sesuatu yang kita kejar dan itu sangat bernilai bagi hidup kita. Jadi kita bekerja dan berusaha mulai dari akhir yang ingin kita capai, mengacu kepada hasil akhir yang kita ingingkan, start with the ending. Stephen Covey dalam bukunya “THE 7 HABITS OF HIGHLY EFFECTIVE PEOPLE”, memberikan istilah dalam Habit 2: Begin With The End In Mind.
  • Jika ingin lebih maju dan berkembang, kita harus berani memahat/menanggalkan sifat-sifat buruk dalam diri kita, membuang kebiasaan-kebiasaan yang tidak bermanfaat dari kehidupan kita. Fokuslah pada pekerjaan dan aktivitas yang penting, yang bermanfaat untuk masa depan.
  • Bagi seorang Leader yang memiliki anak buah (team), maka dia harus memiliki kemampuan untuk melihat kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh setiap anak buahnya, kemudian mengasahnya, mengembangkannya dan memberdayakannya agar menjadi sebuah tim yang solid dan produktif.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Comfort Zone Memang Enak

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Manusia Tiba Masa Tiba Akal | Sugibisnis's Blog
  2. Sukses adalah Hak Saya | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: