Tips Keluar Dari Zona Nyaman

Tips Keluar Dari Zona Nyaman

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Dalam tulisan sebelumnya, Comfort Zone Memang Enak sudah dijelaskan, bahwa kebanyakan orang  senang berada di zona nyaman karena membuat anda lebih merasa aman. Namun ketika anda terlena dan terjebak di zona nyaman terus menerus, anda sulit untuk maju dan berkembang. Keseharian anda akan terasa monoton, tidak berani mencoba tantangan dan petualangan baru yang anda belum bisa mengukur resikonya. Padahal kehidupan dunia selalu berubah, tidak ada kepastian. Dan makin ke sini perubahan itu makin cepat dan kompleks. Kalo Anda terus berada di zona nyaman, suatu saat anda akan tergerus dan kalah. Lalu bagaimana caranya untuk keluar dari zona nyaman? Tips mudah berikut bisa anda coba ya!

Sadari Dimana Zona Nyaman Anda
Untuk keluar dari zona nyaman, kita perlu menyadari terlebih dahulu zona nyaman yang kita miliki saat ini. Lihatlah kegiatan anda sehari-hari, apakah memiliki pola yang cenderung tetap dan teratur. Misalnya anda selalu memilih jalan yang sama untuk pergi ke kantor. Anda mengerjakan pekerjaan kantor selalu dengan cara yang sama. Anda selalu ingin pergi ke restoran yang sama. Anda selalu memakai pakaian dengan corak dan model yang sama. Anda selalu bergaul dengan teman dekat yang sama. Ini semua memberikan indikasi tentang zona nyaman anda. Anda merasa nyaman sekali bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan tanpa berusahaan untuk berbisnis secara mandiri, itu pun merupakan zona nyaman terbesar anda…

Belajar hal-hal yang Baru
Jadilah diri Pembelajar yang memiliki semangat untuk selalu belajar hal-hal yang baru, yang sebelumnya anda belum pernah tahu, atau hanya sekedar tahu tapi belum paham isinya. Anda tidak akan rugi secara waktu, tenaga dan pikiran kok. Justru sebaliknya, anda akan mendapatkan ilmu baru, wawasan baru, atau keahlian baru yang akan bermanfaat untuk hidup anda. Bahkan saya yakin, imbasnya akan meningkatkan kualitas dan produktivitas pekerjaan anda. Buktikan ya…!!! Misalnya orang yang jago Accounting, perlu belajar ilmu Marketing biar tahu cara berjualan. Orang jago Marketing perlu belajar ilmu produksi biar tahu cara membuat produk baru. Orang produksi perlu belajar ilmu SDM agar tahu cara mengelola manusia yang baik. Seorang karyawan perlu mengikuti seminar bisnis biar memiliki jiwa bisnis mandiri. Tonton channel-channel Youtube yang baru yang bermanfaat untuk masa depan anda, jangan menonton channel hiburan terus, dan lain-lain.

Tetapkan Target/Goals yang Baru
Seorang mahasiswa yang tidak pernah menetapkan Goals kapan ia harus lulus, maka kemungkinan besar ia akan mendapatkan gelar MA (mahasiswa abadi). Seorang karyawan yang tidak pernah menetapkan Goals kapan dia harus promosi, naik jabatan, naik penghasilan, maka ia akan selalu berada pada posisi sekarang, bekerja seperti sekarang. Seorang pengusaha yang tidak membuat Target penjualan yang tinggi, maka omsetnya akan begitu-begitu saja dan cenderung menurun. Oleh karena itu, betapa pentingnya membuat Target dan Goals dalam kehidupan kita. Ketika target tercapai, segera buat lagi target baru yang lebih menantang. Karena Goals akan membuat seseorang menjadi tertantang, tidak bisa tinggal diam di zona nyaman, ia akan selalu berpikir dan berusaha untuk mencapai Goals tersebut.

Lakukan Sesuatu yang Baru

Salah satu cara yang mudah dan sangat efektif untuk keluar dari zona nyaman adalah dengan mencoba melakukan sesuatu yang baru. Lakukan pekerjaan/aktivitas baru yang sebelumnya belum pernah anda lakukan. Misalnya ikut kelas memasak, pergi ke teater sendiri, ikut seminar sendiri, camping/wisata alam, dan sebagainya. Di kantor cobalah untuk melakukan pekerjaan dengan cara yang baru, ubah layout ruangan, ketika muncul masalah cobalah selesaikan dengan pendekatan yang baru, ubah penampilan baru, ubahlah gaya kepemimpinan anda kepada anak buah, dan lain-lain. Intinya adalah tempatkan diri dalam situasi yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

Bertemu dengan Orang-Orang yang Baru
Tips keluar dari zona nyaman yang terakhir adalah bergaullah dengan orang baru yang sebelumnya belum anda kenal. Buatlah jaringan pertemanan baru baik di dunia nyata maupun media sosial. Beranikan diri untuk berbicara dengan orang baru yang berbeda latar belakang dengan anda. Berinteraksi dengan orang baru akan memberikan anda wawasan baru, pengalaman baru dan cakrawala berpikir baru yang bermanfaat untuk kehidupan anda.

Semoga bermanfaat…

Baca juga: Comfort Zone Memang Enak

Salam perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Gempa Bumi vs Gempa Diri | Sugibisnis's Blog
  2. Bingung Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: