Gempa Bumi vs Gempa Diri

Gempa Bumi vs Gempa Diri

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Malam hari ini, Jumat, 15 Desember 2017, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 23:47:57 WIB dengan kekuatan M=7.3 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.03 LS dan 108.04 BT, tepatnya pada jarak 43 Km Barat Daya TASIKMALAYA-JAWA BARAT pada kedalaman 105 km. Wah… lengkap sekali laporannya ini.

Gempa bumi merupakan guncangan atau getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat gelombang seismik dari dalam lapisan bumi secara tiba-tiba. Gelombang seismik terjadi akibat pelepasan energi karena ledakan gunung berapi (gempa Vulkanik), atau pergeseran kerak/lempeng Bumi (gempa Tektonik). Kekuatan gempa bumi dapat diukur menggunakan seismograf dan menggunakan Skala Richter (SR) sebagai ukurannya. Semakin besar kekuatan gempa akan semakin besar pula getaran yang terjadi.

Gempa bumi yang dahsyat sering terjadi di Indonesia, teruma di wilayah barat Sumatera dan Selatan Jawa. Kekuatan gempa yang dahsyat seringkali menimbulkan kerusakan infrastruktur yang parah dan korban jiwa yang lebih banyak. Apalagi jika dibarengi dengan gelombang Tsunami dimana air laut dengan kecepatan tinggi menghantam daratan. Ketika penduduk tidak menyadari akan hal ini, sudah pasti banyak manusia yang meninggal menjadi korban keganasan gempa dan tsunami tersebut. Seperti yang pernah terjadi di Aceh pada tahun 2004, gempa bumi dan tsunami menghancurkan kota-kota di Aceh dan korban jiwa mencapai ratusan ribu orang.

Itulah gempa bumi, salah satu bencana di alam ini yang sangat mematikan. Tapi tahukah Anda, bahwa dalam diri kita sendiri juga sering terjadi Gempa Diri, dan kebanyakan kita tidak menyadarinya? Setiap hari diri kita mengalami hal berikut:

  • dihantam dengan berita Hoax dan fitnah,
  • ditimpa musibah dalam bentuk permasalahan hidup,
  • disuguhi dengan fenomena kema’syiatan secara massif,
  • diselimuti dengan perbuatan dosa yang melanggar norma hukum dan agama.

Itu semua menghantam diri kita setiap saat yang akhirnya menimbulkan Gempa Diri. Setiap hari terjadi guncangan dalam Pikiran kita, terjadi getaran dalam Jiwa kita, dan terjadi huru-hara dalam Moral dan Mental kita. Inilah bencana dalam diri kita apabila kita tidak menyadarinya. Sebagaimana Gempa Bumi yang menimbulkan korban, Gempa Diri pun mengakibatkan bencana kerusakan yang dahsyat dalam diri kita.

  • manusia semakin pusing dan acuh tak acuh karena semakin bias mana yang benar dan mana yang salah dan tidak memiliki panutan yang jelas,
  • manusia semakin stress menghadapi segala permasalahan hidupnya yang semakin sulit sehingga semakin egois dan menghalalkan segala cara,
  • manusia mengalami degradasi iman dan taqwa, semakin jauh dari Allah SWT karena tergerus arus kema’syiatan yang merajalela di sekitarnya,
  • manusia semakin bingung dan terombang-ambing karena tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas dalam hidupnya.

Wahai sahabatku, yuk sadarilah, betapa bahayanya bencana yang terjadi dalam diri kita akibat Gempa Diri. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT agar kita semakin mendekati-Nya. Bangunlah kekuatan diri, berupa kompetensi diri (ilmu, pengetahuan, wawasan, skill, keahlian, sikap, etos kerja, leadership, pengalaman, dan kinerja) yang hebat untuk membentengi diri dari bencana Gempa Diri. Belajarlah, berusahalah, berubahlah, berdo’alah… Insya Allah kita bisa !!

Baca juga: Tips Keluar Dari Zona Nyaman

Salam perubahan…!!!



Categories: Uncategorized

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: