Keuangan Keluarga Bocor Halus

Keuangan Keluarga Bocor Halus

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pernahkah anda mengalami kebocoran halus pada ban mobil/motor anda? Apa yang anda rasakan? Tentunya ban tidak langsung kempes kan, dan kendaraan masih bisa dipakai untuk jalan. Namun jalannya kendaraan menjadi tidak stabil dan terjadi guncangan halus. Dan ketika bocor halus itu berubah menjadi bocor besar atau ban pecah, maka udara dalam ban akan habis seketika. Kendaraan pun tidak bisa dipakai lagi untuk jalan, alias kendaraan akan mogok di tengah jalan. Anda pun harus segera mencari bantuan untuk menambal ban tersebut atau menggantinya dengan ban serep yang tersedia.

Demikian juga dengan kondisi keuangan keluarga, bisa mengalami bocor halus. Apa itu “Bocor Halus” dalam keuangan? Bocor halus adalah pengeluaran-pengeluaran yang kita anggap sepele karena jumlahnya relatif kecil dan tujuannya tidak terlalu penting, namun karena intensitasnya cukup sering, sehingga mampu menguras pendapatan kita jauh lebih besar dari pengeluaran rutin lainnya. Akhirnya cashflow pun menjadi defisit dan tanpa anda sadari bocor halus itu malah memberikan kesan bahwa Anda menjadi BOROS.

Coba Anda amati pos-pos pengeluaran secara detail, untuk pengeluaran yang terjadi dengan nominal kecil tapi sering terjadi, bahkan rutin tanpa anda sadari. Bocor Halus dalam pengeluaran anda sehari-hari biasanya berbentuk:

  • biaya parkir, biaya tol dan biaya BBM ketika setiap pekan anda selalu pergi jalan-jalan keluar rumah.
  • biaya makan di restoran setiap akhir pekan ketika anda pergi jalan-jalan atau ke mall untuk shopping. Di mall akhirnya membeli barang-barang yang secara kebutuhan belum butuh-butuh amat.
  • biaya jajan walaupun hanya sekedar gorengan atau cemilan ketika mulut anda terasa gatal ingin ngemil.
  • kemudahan sistem delivery order, fenomena transportasi online seperti Go-Food, Go-Mart, Go-Send, dan lain-lain, membuat anda lebih mudah untuk jajan.
  • Seringnya SMS Promo masuk ke HP dari restoran, toko kue dan makanan seperti roti, donat, pitza, dan lain-lain menggoda anda untuk selalu memanfaatkan peluang itu untuk jajan.
  • kebiasaan untuk mengambil paket berlangganan komplit namun tidak digunakan sepenuhnya, seperti paket TV kabel, internet, majalah dan pusat kebugaran.
  • biaya entertain untuk membeli kado ulang tahun sahabat atau relasi, kado pernikahan apalagi ketika jatuh bulan musim kawin, eh… maaf…nikah.
  • Mungkin masih banyak pengeluaran lain yang semakin menambah Bocor halus keuangan keluarga anda semakin besar.

Buatlah list pengeluaran-pengeluaran itu selama sebulan, kemudian anda jumlahkan. Berapa totalnya? Waw… anda pasti akan kaget, ternyata Besar Juga ya..!!!

Naahhh, jika anda sudah sadar tentang Bocor Halus keuangan anda, anda tahu apa yang harus anda lakukan kan? Coba lakukan pengereman untuk menghemat pengeluaran-pengeluran tersebut. Penghematan yang bisa anda lakukan segera dialokasikan untuk menabung atau investasi, misalnya beli Emas batangan atau ditabung dalam bentuk uang (tabungan) namun jangan diotak-atik saldonya. Buatlah rekening bank khusus untuk menampun tabungan itu.

Jadi marilah kita mulai menambal “Bocor Halus” keuangan kita dengan memperbaiki cashflow yang ada terlebih dahulu. Sebelum bocor halus itu berubah menjadi bocor besar, yang akan membuat keluarga anda goncang. Buatlah skala prioritas dan budget pengeluaran bulanan, berfokus kepada hal-hal yang memang penting. Berkomitmenlah terhadap diri sendiri dan keluarga, untuk ketat terhadap budget bulanan anda. Maka insya Allah anda akan merasakan manfaatnya yang sangat besar…

Baca juga: Efisiensi Biaya 100% Profit

Salam perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , ,

4 replies

Trackbacks

  1. Refleksi Hidup Akhir Tahun | Sugibisnis's Blog
  2. Mengapa Uang HABIS Terus? – Sugibisnis – Gudangnya Inspirasi Kehidupan
  3. Dompet Kosong, Tidak Ada Uang – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  4. Keuangan Keluarga Pasca Lebaran – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: