Bingung Memulai Bisnis

Bingung Memulai Bisnis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Sejak kecil kebanyakan orang ditimang-timang sama orangtuanya sambil disugesti “Jadilah anak pinter, anak cerdas, sekolah yang tinggi supaya nanti bisa jadi Piyayi (Guru, Aparat, Pegawai Negeri, dll). Kuliah yang bener, supaya nanti bisa Cari Kerja yang bergaji Besar“. Ternyata kita memang sudah terbiasa dididik sejak kecil oleh orangtua kita supaya nanti kita menjadi Pekerja atau Karyawan. Mungkin jarang sekali orangtua yang mendidik anaknya sejak kecil untuk menjadi seorang Pengusaha, yang bisa memperkerjakan orang banyak.

Kondisi di atas diperparah lagi dengan sistem pendidikan di negara kita. Mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, SD, SMP, SMA, tidak ada pelajaran tentang Keuangan dan Cara Mencari Uang. Mata kuliah yang dipelajari di perguruan tinggi alias campus tidak memadai untuk membahas Cara Mengelola Keuangan dengan benar. Tidak ada mata kuliah tentang Cara Sukses Menjadi Pebisnis atau Pengusaha. Kalau pun toh ada, sifatnya hanya pengetahuan saja dan teori belaka, tidak ada prakteknya. Makanya wajar jika dikatakan bahwa mayoritas anak muda sekarang tidak memiliki Kecerdasan Finansial.

Buktinya apa??? Cobalah perhatikan anak muda sekarang, terutama para sarjana atau diploma lulusan perguruan tinggi!! Ketika mereka lulus dari kampus merasa sangat bangga. Acara wisuda pun digelar besar-besaran, memakai toga baju kebesaran (ukuran XXL kalee). Habis wisuda mereka menggelar acara syukuran, makan-makan mengundang sanak saudara dan teman-temannya. Tapi coba perhatikan lagi, setelah rangkaian acara wisuda selesai, apa yang mereka rasakan? Galau tingkat tinggi.!!! Mereka baru bingung mau kerja apa, buram mau usaha apa? Akhirnya mereka sibuk melamar kerja, mencari kerja kesana-kemari. Mereka hunting lowongan kerja, mengikuti job fair, dan lain-lain.

Setiap hari kerjanya memenuhi panggilan interview di beberapa perusahaan. Beruntunglah bagi yang bisa langsung diterima dan langsung bisa bekerja sebagai Karyawan Baru, dengan gaji apa adanya atau sebatas UMR saja. Namun banyak pula yang sudah banyak melamar pekerjaan kemana-mana, namun tidak ada satu pun yang menerimanya. Mungkin belum rezekinya… sehingga akhirnya jadilah Pengacara alias Pengangguran banyak acara). Padahal di luar sana, setiap saat selalu ada peluang bisnis yang bisa anda jalankan.

Baca juga: Tips Mengatasi Rasa Takut GAGAL Memulai Bisnis

Itulah REALITA. Anak muda sekarang merasa Bingung untuk memulai Usaha, Galau untuk memulai Bisnis. Karena memang mereka minim Kecerdasan Finansial. Sangat sedikit yang mengerti atau melek finansial. Kira-kira apa alasan lain yang membuat mereka Kebingungan Memulai Bisnis?

  • Tidak memiliki Goals yang jelas untuk masa depan, yang dapat mengarahkan kemana dirinya akan menuju. Akibatnya, tidak ada yang memacu dirinya dan masa depannya terasa Gelap. Baca juga: Masa Depan Gelap, Terangi dengan Mimpi.
  • Tidak memiliki pengetahuan, bakat dan skill bisnis dan belum berpengalaman menjalankan bisnis. Kalo ini alasannya, maka semua orang tidak akan pernah berbisnis, karena pengalaman didapatkan dari keberanian mulai bisnis. Dengan langsung mencoba dan praktek bisnis, maka anda akan memiliki pengalaman berharga tentang bisnis.
  • Takut salah dan takut gagal. Alasan ini banyak sekali menghinggapi kepala kebanyakan orang, termasuk kalian wahai anak muda. Ketakutan ini menjadi momok yang sangat besar untuk memulai usaha. Karena pada dasarnya setiap orang tidak menginginkan kondisi ketidakpastian dan penuh dengan resiko. Memulai bisnis berarti kita akan masuk dalam kondisi itu. Baca juga: Jangan Takut Salah
  • Tidak memiliki Modal Usaha (Uang) yang cukup. Untuk memulai bisnis memang jelas butuh modal, tapi bukan semata-mata modal Uang. Betapa banyaknya usaha yang dimulai dengan modal sangat kecil. Sesuatu yang besar selalu dimulai dari yang kecil. Padahal diri anda memiliki Modal yang sangat Besar untuk berbisnis, yaitu Otak, yang bisa melahirkan Pikiran dan Ide Bisnis brilian. Gunakanlah..!
  • Terjebak dalam kondisi Zona Nyaman. Alasan ini juga melekat kepada orang yang tidak berani menghadapi resiko. Akhirnya memilih untuk menjadi Karyawan saja, yang kerjanya santai, sudah jelas, rutin dan setiap bulan pasti terima gaji. Baca juga: Tips Keluar dari Zona Nyaman

Itulah mungkin beberapa alasan yang sering membuat Anda menjadi orang yang Takut dan Bingung untuk Memulai Bisnis. Dengan memahami alasannya semoga bisa menginspirasi anda untuk bisa mengatasinya dan segera menemukan Ide Bisnis anda. Selamat mencoba..!

Baca juga: Sukses Adalah Hak Saya

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , ,

4 replies

Trackbacks

  1. Memulai Bisnis Tidak Pernah dari NOL | Sugibisnis's Blog
  2. Beranikan Diri Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog
  3. Tulisan Perdana Awal Tahun | Sugibisnis's Blog
  4. Bingung Mau Menulis Apa | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: