Tips Mengatasi Rasa Takut GAGAL Memulai Bisnis

Tips mengatasi rasa takut gagal memulai bisnis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Ingatkah Anda bagaimana seorang bayi belajar berjalan? Bayi saat belajar berjalan mengalami jatuh berkali-kali, kadang mengalami lecet-lecet di kaki dan tangannya, kadang bayi tersebut menangis karena sakit yang dirasakan saat jatuh. Namun coba lihat, apakah bayi tersebut berhenti mencoba untuk berjalan setelah mengalami sakit tersebut? Apakah bayi tersebut merasa kapok dan akhirnya menyerah untuk belajar berjalan?

Baca juga: Jangan Takut Salah

Tentunya tidak bukan? Bayi tersebut akan bangkit lagi, mencoba lagi dan lagi sampai akhirnya bisa berjalan. Di kepala bayi tersebut hanya ada satu tujuan, yaitu “aku harus bisa berjalan”. Makanya ia tidak akan patah semangat walaupun sering jatuh, ia tidak akan menyerah walaupun lecet dan sakit. Awalnya mungkin masih belum stabil jalannya, namun hal itu merupakan suatu kemajuan besar dalam hidupnya. Dari belum bisa menjadi bisa karena Berani Mencoba.

Baca juga: Rahasia Sederhana Untuk Sukses

Cerita seorang bayi belajar berjalan ini merupakan contoh paling tepat bagaimana seharusnya kita bersikap menghadapi suatu tantangan. Bagaimana kita berusaha menghilangkan rasa takut salah, takut gagal, takut rugi, dan lain-lain ketika kita mau memulai berbisnis. Mungkin pertanyaan berikut muncul di benak anda:

  • Nanti kalau rugi gimana?
  • Nanti kalau ngga ada yang mau beli gimana?
  • Nanti kalau ditolak gimana?
  • Nanti kalau rencana saya tidak berjalan lancar gimana?

Memulai bisnis baru memang menakutkan, mengerikan bagi seorang yang Penakut. Rasa takut gagal itu muncul karena kita tidak siap menerima sesuatu yang tidak pasti dan penuh resiko. Iya kan?

Rasa takut gagal memang menjadi tantangan terbesar yang dapat mengacaukan segala hal dalam hidup kita. Rasa takut gagal bisa memupuskan harapan kita, menghancurkan impian kita, menurunkan produktivitas kerja kita, menghambat kita untuk tumbuh berkembang, dan menutup semua kesempatan-kesempatan baik yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

Rasa takut gagal ini adalah tantangan mental yang ada dalam diri anda. Maka, yang bisa mengatasi rasa takut gagal hanyalah diri anda sendiri. Apapun profesi anda saat ini, baik pebisnis atau pengusaha, karyawan, mahasiswa, pelajar, pencari kerja, ibu rumah tangga, atau pensiunan, semua pasti akan menghadapi suatu keadaan yang baru, aktivitas yang baru. Boleh jadi keadaan baru itu merupakan sebuah kesempatan yang hadir dalam kehidupan kita untuk menjadi lebih baik. Sepintar apapun kita menghindari tantangan dalam hidup, maka tantangan itu akan tetap datang lagi, lagi, dan lagi, sampai kita berani bertindak dan mampu mengatasinya.

Bagaimanapun ketika Anda memilih untuk memulai sebuah bisnis, rasa takut akan risiko kegagalan bisnis harus dibuang jauh-jauh. Bila tidak perasaan ini akan menghalangi langkah Anda untuk bergerak meraih kesuksesan. Maka dari itu Anda perlu mengenali betul potensi diri agar mampu mengatasi ketakutan gagal dalam bisnis. Berikut ini beberapa Tips yang bisa Anda lakukan:
  • Fokus pada Goals anda. Tutup mata, tutup telinga, fokuslah pada Impian hidup anda. Bayangkan kebanggaan dan keindahan ketika anda berhasil meraih impian anda. Buatlah alasan kuat, Mengapa (WHY) Anda harus mengejar impian itu.
  • Ingat, kesempatan tidak datang dua kali. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan yang hadir didepan mata yang terkadang bagi pebisnis pemula kurang peka terhadap kesempatan itu. Pertimbangkan mengenai “harga” dari sebuah kesempatan. Anda hanya akan menyesal ketika mendapatkan kesempatan dan melewatkannya begitu saja hanya karena takut gagal. Oleh karena itu, kenalilah lebih dalam setiap kesempatan yang hadir sehingga dengan gambaran yang jelas, kepercayaan diri akan meningkat untuk segera memulai bisnis tersebut.
  • Temukan Penyebab Rasa Takut Gagal. Coba tanyakan pada diri anda, apa yang sebenarnya membuat anda takut mencoba sesuatu yang baru. Sebagai contoh, coba kenali rasa takut yang timbul pada saat anda mau mencoba menjalankan bisnis.

    Apakah kita takut karena tidak memiliki bakat bisnis?
    Apakah kita takut karena tidak memiliki ilmu bisnis?
    Apakah kita takut karena kita gaptek?
    Apakah kita takut karena tidak memiliki modal yang besar?
    Apakah kita takut ditertawakan teman-teman kita kalau kita gagal?
    Apakah kita takut karena mungkin akan dilarang oleh orang tua atau pasangan?

    Nah dengan mencari tahu seperti ini, membuat kita lebih jelas mengetahui apa penyebab rasa takut sebenarnya, membuat tantangan nyata terlihat, dan membuat rasa takut yang tadinya terlihat besar menjadi lebih kecil dan sederhana. Dengan begini kita bisa tahu langkah apa yang perlu diambil, dan seharusnya bisa lebih berani dan fokus untuk mengatasi rasa takut tersebut.
  • Sadari bahwa kegagalan adalah Pembelajaran Terbaik. Kegagalan yang didapat dari keberanian untuk mencoba dengan usaha kita yang maksimal adalah merupakan sebuah pembelajaran berharga. Kegagalan adalah sahabat kita dalam perjalanan bisnis. Anda akan terus menemuinya di setiap perjalanan. Hal yang bisa dilakukan adalah meminimalisir dan memperkirakannya. Memang kegagalan sering merugikan secara finansial, namun disamping itu ada keuntungan yang Anda dapatkan yaitu pengalaman berharga yang dapat menjadi pelajaran ke depannya.
  • Membuat Plan B. Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi ketakutan Anda dan mengurangi efek buruk dari resiko kegagalan. Kelebihan memiliki plan B dalam bisnis adalah Anda akan memiliki manajemen resiko secara cerdas sehingga dapat mengambil keuntungan dari datangnya berbagai jenis risiko.
  • Percaya pada Kekuatan dan Kehebatan Diri. Kalau bukan anda yang percaya pada diri sendiri, siapa lagi? Kalau anda percaya pada kekuatan dan kehebatan yang ada di dalam diri anda, maka anda akan berusaha untuk membuktikannya dengan berbuat sesuatu. katakanlah, “Kalo aku yakin bisa, aku pasti bisa.!!
  • Take Action Now. Ini kunci dari semua tips di atas. Semakin cepat Anda memulai maka kepercayaan diri akan meningkat dan Anda akan segera bisa mengatasi ketakutan mengambil risiko itu. Kesulitan memang akan Anda temui pada awalnya, namun ketika Anda memulainya maka akan mengetahui cara menyelesaikan kesulitan tersebut. Tanpa memulai Anda tidak akan tahu masalah dan penyelesaiannya.

Untuk mengatasi rasa takut gagal, kita harus belajar menyesuaikan sudut pandang kita terhadap gagal itu sendiri. Terima kenyataan bahwa sepintar apapun kita, kita pasti akan mengalami kegagalan.

Ingat bagaimana proses Thomas Alva Edison menciptakan bola lampu?
Ingat bagaimana proses Wright Bersaudara menciptakan pesawat?
Ingat bagaimana proses Albert Einstein menciptakan penemuan-penemuan ilmiahnya?

Mereka mengalami kegagalan dulu berkali-kali sebelum mereka berhasil menciptakan sesuatu yang bisa berguna bagi semua manusia di dunia sampai saat ini…
Salam Perubahan…!!!


Categories: Bisnis

Tags: , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Beranikan Diri Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog
  2. Bingung Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog
  3. Liku-Liku Bisnis – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: