Tips Cara Menikmati Hidup

Tips Cara Menikmati Hidup

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Kesempatan hidup di dunia hanya sekali. Mari kita hadapi dan nikmati. Hidup bukan coba-coba dan bukan gladi resik, ayoo kita isi dan seriusi. Waktu terus berjalan, tahun-tahun berlalu begitu cepat, jangan lupa untuk kita maknai dan hargai. Jadi, kita harus memanfaatkan sebagian besar hidup kita, mumpung kita masih bernafas, dengan menikmati (enjoy) setiap saat, setiap moment, setiap hari, dengan cara sebaik mungkin.

Ada banyak pasang surut dalam hidup ini, itu wajar. Ada banyak lika-liku jalan hidup ini, itu juga wajar. Karena Sunnatullah kehidupan memang begitu. Ibarat roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. Gelombang kehidupan bisa membuat manusia putus asa dan terkadang tidak masuk akal. Beberapa orang dihadapkan lebih banyak tantangan selama hidup mereka daripada yang lain. Tapi tidak satu pun manusia yang bisa lepas dari tantangan itu. Tidak ada pilihan untuk menghindarinya kecuali harus menghadapinya.

Ngeri ya, mendengarnya. Bagi kita yang sekarang sudah dewasa, tak lagi anak-anak, harus memikul tanggung jawab bernama ‘kemandirian’. Setiap kita dituntut untuk bekerja menghidupi diri sendiri dan keluarga hingga tak punya banyak waktu lagi untuk bersenang-senang. Seorang Karyawan, PNS, buruh, pekerja harus bekerja 8 jam sehari dan 5 hari dalam seminggu, lama-lama anda bisa lupa bagaimana caranya menikmati hidup! Apalagi jika anda terjebak pada rutinitas pekerjaan anda, itu artinya anda hanya menjalani hidup, bukan menikmati hidup. Baca juga: Enjoy Your Life, Seni Menikmati Hidup.

Jadi bagaimana kita bisa menikmati hidup di saat tantangan, masalah dan kemalangan terjadi pada kita sepanjang waktu? Di saat kita harus bergelut dengan waktu untuk sibuk bekerja siang malam, kerja keras, peras keringat, banting tulang, pergi pagi pulang petang, penghasilan pas-pasan, dll? Nah, biar anda bisa lebih enjoy menikmati hidup di tengah kesibukan perkara kerjaan, di tengah himpitan masalah, coba deh tips berikut ini. Semoga anda masih belum lupa bagaimana caranya jadi manusia, ya…!!!

  1. Kenali dirimu sendiri dan kenali Tuhamu. Siapa anda sebenarnya dan apa tujuan anda hidup di dunia ini. Munculkan kesadaran diri untuk mengenali jati diri anda. Luangkan waktu untuk berbicara dengan diri sendiri. Eeiit… tapi jangan di pinggir jalan ya, nanti anda diteriakin “orang Gila…“. Baca juga: Menemukan Jati Diri.
  2. Terimalah dirimu sendiri apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Hargailah dirimu sendiri bahwa dirimu adalah orang penting dan hebat. Akui dirimu jika kamu berbuat kesalahan. Baca juga: Citra Diri Positif.
  3. Buka hati, buka mata, dan buka telinga untuk mensyukuri karunia Allah yang luar biasa besar dalam hidup kita. Bahkan kita tidak akan sanggup untuk menilai dan menghitungnya.
  4. Buatlah keputusan dan komitmen untuk menyingkirkan pikiran dan emosi negatif dan ucapkan selamat datang kepada pikiran dan emosi positif.
  5. Carilah hal positif dalam setiap situasi dan kejadian. Ini untuk melatih kita memiliki cara pandang yang positif terhadap segala sesuatu.
  6. Jadikan kegagalan, pengalaman dan waktu yang Anda lalui sebagai peluang untuk belajar di masa depan. Jadi biasakan diri untuk mengambil hikmah dan pelajaran terhadap semua masalah yang terjadi.
  7. Jagalah kesehatan tubuh dan pikiran Anda – makan makanan sehat dan gerakkan tubuh Anda, olah raga, menghirup udara segar, !
  8. Lakukan hal-hal baru untuk memberikan pengalaman baru – dengarkan musik, baca buku, nikmati makanan, travelling, rekreasi, bertemu dengan orang baru, dll.
  9. Gunakan bakat, pengetahuan, keahlian dan kebaikan Anda untuk membantu orang lain, berbagi kepada sesama, menebar manfaat dalam hidup.
  10. Tersenyumlah. Berikan senyuman terindah kepada setiap orang yang anda temui. Senyum adalah sedekah yang paling mudah. Senyuman merupakan cara efektif untuk menyebar kebahagiaan hidup.

Silahkan dicoba Tips di atas ya. Semoga anda bisa menikmati hidup bukan sekedar menjalani hidup. Rasakan kebahagiaan yang akan anda dapatkan…

Baca juga: Hidup Penuh Keindahan

Salam perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , ,

4 replies

  1. Saya sedang nyoba yang ke 9 mas, yakni dengan menulis. Walau tulisannya masih tergolong hedonis, tapi ya semoga ada sedikit inspirasi buat yang baca. Hhheee

Trackbacks

  1. Closing: Muhasabah Akhir Tahun | Sugibisnis's Blog
  2. Mudik Lebaran 2018 | Sugibisnis's Blog
  3. Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: