Closing: Muhasabah Akhir Tahun

Closing: Muhasabah Akhir Tahun

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Saat menulis artikel ini hari Ahad, tanggal 31 Desember 2017, penghujung tahun 2017. Tak terasa memang, waktu berjalan begitu cepat, tiba-tiba sudah sampai lagi di akhir tahun. Di akhir tahun, biasanya semua lembaga, instansi, organisasi, perusahaan akan melakukan Closing Tahunan. Semua stasiun TV juga melakukan hal yang sama, bahkan mereka menampilkan acara Kaleidoskop untuk menayangkan kembali secara sekilas acara-acara yang sudah mereka tayangkan di televisi sepanjang tahun.

Semua perusahaan akan melakukan Tutup Buku tahun 2017. Semua transaksi ekonomi yang terjadi di tahun 2017 akan di-close dan dievaluasi kinerjanya, baik secara finansial maupun non finansial.

  • Secara finansial, perusahaan akan menghitung dan menganalisa semua transaksi keuangan yang terjadi sepanjang tahun. Apakah semua pengeluaran uang yang dilakukan sudah efektif dan efisien atau belum? Apakah semua pengeluaran uang yang dilakukan menghasikan PROFIT atau LOSS bagi perusahaan?
  • Secara non finansial, perusahaan akan mengevaluasi tingkat pencapaian kinerja yang lebih luas, seperti :
    • Bagaimana tingkat Kehadiran Pegawai/karyawan?
    • Sebesar apa Prestasi Kerja Karyawan atau Unit Kerja?
    • Sebaik apa Kualitas Produk yang dihasilkan?
    • Seindah apa tingkat Pelayanan kepada Customer?
    • Sejauh mana tingkat Perkembangan Perusahaan?
    • Sekondusif apa Lingkungan Kerja yang ada?

Itulah gambaran singkat tentang aktivitas Closing Akhir Tahun sebuah perusahaan. Bagaimana dengan kita, sebagai seorang Individu atau pun Keluarga? Apakah kita juga perlu melakukan Closing Akhir Tahun seperti perusahaan di atas? Ayoo jawab…!!!

Kalau kita ingin maju dan berkembang, kalau kita ingin meningkat derajatnya, kalau kita ingin naik kualitas hidupnya, kalau kita ingin menjadi lebih Cerdas, maka kita harus melakukan hal yang sama dengan perusahaan, yaitu Muhasabah Akhir Tahun. Bukankah Allah sudah berfirman dalam Alqur’an:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Hasyr : 18)

Allah SWT memerintahkan kepada orang yang beriman untuk melakukan introspeksi diri atas apa yang telah dilakukan dan perencanaan hidup untuk bekal masa depan. Namun semua amal perbuatan yang dilakukan harus dilandasi dan dibingkai dengan Ketakwaan kepada Allah SWT. Semua amal perbuatan atau tindakan manusia yang dilakukan tidak dilandasi dengan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT akan sia-sia. Boleh jadi tindakan itu bertujuan buruk atau merugikan diri sendiri dan orang lain. Semua perbuatan manusia ini akan diberitakan atau ditunjukkan kembali kepadanya di hari akherat kelak.

Setiap individu juga harus melakukan Closing: Muhasabah Akhir Tahun, untuk menghitung apakah dirinya Untung atau Rugi. Maksudnya? Ya, evaluasilah diri kita, bandingkanlah amal perbuatan kita :

  • amal yang baik dan yang buruk, lebih banyak mana?
  • amal yang produktif dan yang sia-sia, lebih besar mana?
  • amal yang membangun dan yang merusak, lebih sering mana?
  • amal untuk umat dan untuk diri sendiri, lebih berat mana?
  • amal yang futuristik dan yang mandeg, lebih kuat mana?
  • akhlak baik/terpuji dan akhlak buruk/tercela lebih intens mana?

Setelah anda melakukan Evaluasi atas semua hal di atas, bagaimana hasilnya? Apakah anda Untung atau Rugi? Itu baru berbicara kuantitas. Bagaimana dengan kualitas amal, akhlak dan tingkah laku yang anda lakukan selama ini? Apakah tujuannya baik atau buruk? Apakah dilakukan secara itqon dan profesional atau asal-asalan dan sekedarnya saja? Apakah dilakukan secara jiddiyah dengan segala kemampuan yang dimiliki atau sekedar menggugurkan kewajiban?

Semua pertanyaan di atas harus anda jawab dengan jujur. Itulah yang namanya MUHASABAH, melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap diri sendiri. Setelah anda tahu hasilnya, maka anda bisa melakukan persiapan dan perencanaan untuk mengisi hidup di tahun depan, dengan harapan tahun depan akan lebih baik dan produktif…

Selamat mencoba ya…

Baca juga: Refleksi Hidup Akhir Tahun

Salam Perubahan…!!!



Categories: Personal

Tags: , , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Menulis Resolusi Tahun Baru | Sugibisnis's Blog
  2. Gebyar Tahun Baru 2018 | Sugibisnis's Blog
  3. Refleksi Hidup Akhir Tahun | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: