Buatlah Grand Design Hidupmu

Buatlah Grand Design Hidupmu

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Membaca judulnya keren banget ya…!!! Apa memang sampai segitunya ya bahwa hidup kita harus di-design? Kok seperti mau membangun rumah, gedung, perkantoran, dll… yang harus digambar dulu oleh seorang tukang Insinyur. Jawabannya, “Memang Harus Begitu, Hidup juga harus di-design atau digambar dari awal, kalo Anda ingin cepat Sukses menjadi Orang”.

Seseorang yang akan membangun sebuah gedung bertingkat yang mewah, maka bentuk dan model gedung itu harus sudah ada dalam kepala orang itu (DREAM). Dia bisa membayangkan gedung itu dengan kuat dan jelas hingga bisa menceritakan mimpinya itu secara detail kepada seorang Arsitek. Dan Arsitek itu akan membuat Design Gambar Gedung tersebut secara rinci beserta kebutuhan bahan dan material yang diperlukan. Setelah Grand Design Gedung Bertingkat itu final, barulah akan ditunjuk Kontraktor untuk mengeksekusi, mulai membangun gedung tersebut sampai selesai. Pembangunan dimulai dengan membuat pondasi yang kuat, dengan menanam tiang pancang sesuai dengan perhitungan. Setelah sekian lama, dimulai dari membangun pondasi yang kokoh, lantai demi lantai, tingkat demi tingkat dibangun, akhirnya gedung pun jadi. Proses pembangunan selesai dan berdiri megah Gedung Bertingkat sesuai dengan impian pemiliknya dan sesuai dengan Grand Design Gedung yang telah digambar…

Bayangkan kalo proses pembangunan gedung tersebut tidak diawali dengan Design Gambar yang jelas? Boleh jadi Kontraktor tidak akan berani mengeksekusi pembangunan gedung itu. Kalo pemiliknya, yang tidak memiliki bayangan gedung yang jelas, tetap ngotot harus membangun gedung, maka boleh jadi bentuk bangunan tidak akan megah, perhitungannya tidak akurat, bangunan tidak kokoh, bisa berubah-berubah, dan akhirnya pengerjaannya pun lama, tidak jelas kapan akan selesai.

Demikian juga manusia, kalo kita ingin menjadi Orang Sukses, maka kita harus memiliki Bayangan yang jelas tentang Sukses yang seperti apa yang diinginkan dan dimpikannya? Inilah yang dikatakan sebagai orang yang memiliki MIMPI Besar. Kita harus bisa menceritakan Gambaran Sukses itu secara jelas dan detail, baru kita buat Grand Design perjalanan hidup menuju Sukses tersebut, lengkap dengan target ukuran dan waktunya (Deadline). Dengan demikian perjalanan hidup kita akan lebih terarah menuju target yang kita ingin capai di setiap tahapannya. Dan Allah pun melalui kekuatan-Nya di alam semesta ini akan membantu mempercepat proses pencapaian sukses tersebut. Sehingga banyak sekali cerita pengalaman orang yang berhasil meraih Impian yang ditulisnya, lebih cepat dari target waktu yang dibuatnya. Di situlah Tangan Allah ikut berperan bagi orang yang bersungguh-sungguh bekerja dan beramal demi meraih sukses masa depan. Man Jadda wa Jadda…!!!

Baca juga: Alam Tidak Pernah Bohong

Tahapan kehidupan setiap manusia di dunia secara umum sama. Yang membedakan adalah nasibnya ketika sudah dewasa. Bagaimana kondisi kehidupannya, tingkat kesuksesannya setelah dewasa baru setiap orang bisa berbeda.

  1. Bayi lahir ke dunia. Setiap orang pasti melewati fase kehidupan dalam kandungan, lalu lahirlah menjadi Bayi dalam kondisi miskin tidak membawa apa-apa.
  2. Masa Anak-Anak. Dari bayi sampai masa anak-anak adalah masa krusial (golden age) untuk pertumbuhan kepribadiannya. Karena apa pun yang ia rasakan, alami, lihat, dengar, sentuh dan semua informasi yang masuk akan diserapnya dalam alam bawah sadarnya.
  3. Masa Remaja. Di masa ini anda mendapatkan pendidikan formal dari SD, SMP dan SMA. Akhir masa ini adalah masa pencarian jati diri anda. Jangan salah langkah karena dalam masa ini sangat kuat pengaruh dari pergaulan.
  4. Masa Kuliah. Bagi orang yang bisa melanjutkan kuliah, masa ini adalah masa transisi dari pemikiran anak-anak ke dewasa. Anda dituntut untuk berani ambil keputusan pilihan kuliah, berani hidup mandiri, manajemen waktu dan aktivitas sendiri, dll.
  5. Masa Kerja/Usaha. Masa pembuktian diri yang sesungguhkan akan potensi dan kemampuan anda. Di sinilah kesuksesan Anda akan mulai diukur, apakah anda sukses atau gagal. Apa yang sudah anda hasilkan dari pekerjaan/usaha anda. Apa yang sudah anda miliki.
  6. Masa Berkeluarga. Kedewasaan dan tanggung jawab besar semakin bertambah. Anda harus membawa bahtera rumah tangga berlayar menuju pulau Impian.
  7. Masa Aktualisasi Diri. Tidak hanya menjadi keluarga biasa-biasa, tapi apa amanah dan peran anda dalam kehidupan yang lebih luas. Apakah anda menjadi manusia yang bermanfaat/berkah kepada peradaban atau tidak sama sekali?
  8. Masa Tua. Masa dimana anda menikmati hasil jerih payah anda selama ini. Masa dimana anda bisa memaksimalkan peran anda di tengah masyarakat.
  9. Meninggal Dunia. Masa tutup usia. Di sini nama anda akan dikenang sabagai apa. Apakah anda meninggalkan nama baik karena banyak amal atau nama buruk karena perbuatan merugikan orang selama hidup anda.

Selamat membuat Grand Design Hidup Anda ya, semoga di tahun baru ini kita semua dimudahkan Allah untuk menggapai Impian kita.

Baca juga: Sukses Adalah Hak Saya

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Gedung Bertingkat Itu Indah | Sugibisnis's Blog
  2. Resolusi Hidup Mau Diapain? | Sugibisnis's Blog
  3. Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: