Kompetisi Mencari JUARA Futsal

Kompetisi Mencari JUARA Futsal

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada akhir bulan Desember di penghujung tahun 2017 kemarin, saya nonton Turnamen Futsal Anak-Anak di Kelurahan Cikokol Tangerang. Turnamen ini diikuti oleh beberapa tim yang dibedakan menjadi 2 tingkat, yaitu tingkat SD dan SMP. Mereka bertanding dan berkompetisi untuk mejadi JUARA, memperebutkan Piala dan Hadiah yang sudah disiapkan oleh panitia. Setiap tim Futsal didampingi oleh Coach masing-masing yang memberikan arahan selama pertandingan, dan supporter masing-masing yang memberikan motivasi dan meramaikan suasana pertandingan.

Setiap Tim Futsal memiliki banyak anggota, yang selama ini selalu belajar dan berlatih secara rutin. Coach masing-masing selalu membimbing skill, teknik, dan cara bermain Futsal yang hebat di setiap latihannya. Ia selalu memberikan motivasi kepada anggotanya untuk belajar serius, berlatih keras supaya menjadi Pemain Futsal yang Hebat.

Setelah sekian lama belajar dan berlatih, tibalah saatnya untuk bertanding dalam sebuah turnamen. Setiap Tim menyeleksi anggotanya, mencari pemain-pemain yang ‘jago’ untuk menjadi Tim Inti yang akan diikutkan dalam pertandingan. Kebayang gak, bagaimana perasaan mereka, yang selama ini hanya berlatih, kali ini harus maju dalam sebuah Pertandingan yang sebenarnya, dan itu pengalaman pertama kali? Pasti ada yang merasa grogi, dag-dig-dug, demam lapangan (bukan demam panggung ya…!!) karena mereka harus melawan Tim lain yang hebat juga, dan punya target harus menang. Beban Pikiran inilah yang menghantui perasaan mereka. Namun hal ini sangat penting untuk menguji mental dan kompetensi mereka yang sesungguhnya dalam pertandingan.

Sekarang kita lihat yuk jalannya pertandingan. Walaupun nilai hadiah yang disiapkan oleh panitia tidak seberapa – maklum turnamen tingkat kampung -, namun semua tim futsal bermain dan bertanding dengan penuh antusias, walaupun suasana cukup panas. Mereka semua menggunakan skill, teknik dan strategi masing-masing, berjuang untuk memenangkan pertandingan. Harapan mereka hanya satu, yaitu menjadi JUARA dan mendapatkan Piala dan Hadiah. Namun, tingkat keyakinan setiap Tim untuk Menang menjadi Juara berbeda-beda, sehingga mempengaruhi kualitas permainan mereka.

Setiap pertandingan berlangsung sangat seru. Para supporter dan penonton berteriak-teriak, bersorak, tertawa, membuat suasana pertandingan makin ramai. Setiap anak bermain dalam timnya dengan skill-nya masing-masing. Ada yang jago menggoyangkan kaki seperti Ronaldo. Ada yang hebat men-dribble bola, meliuk-liuk seperti Messi. Banyak juga yang lucu, berlari mengejar bola namun bolanya lebih kencang melaju, menendang bola namun bolanya tidak kena. Ada yang berlari menabrak lawan, ada yang melakukan tackling hingga menjatuhkan lawan. Ada yang bermain taktis, menggunakan strategi yang diarahkan oleh Coach, ada yang asal bermain, bergerombol ramai-ramai mengejar bola. Pokoknya Seruuu deh.

Setiap Tim bermain sesuai jadwalnya masing-masing, mulai babak penyisihan, perempat final, semi final hingga babak Final. Dan akhirnya kompetisi/pertandingan ini pun menghasilkan Tim Pemenang, berhasil menjadi JUARA…

Apa insight yang bisa diambil? Setiap orang yang ingin Sukses, berhasil, menjadi Juara dalam hidupnya, maka harus berani mengendalikan dirinya untuk selalu Belajar dan Berlatih, selalu berusaha meng-Upgrade diri untuk menjadi yang lebih baik. Belajar dan Berlatih pun tidak cukup, jangan berhenti di situ, tapi anda perlu menghadapi masalah dan tantangan hidup yang sebenarnya. Anda harus mampu berKompetisi untuk merebut peluang yang ada, menghadapi pergulatan dunia yang selalu berubah, tampil di depan mengambil kesempatan yang ada.

  • Hadapi tantangan
  • Pecahkan masalah
  • Jalani pekerjaan/usaha dengan sungguh-sungguh
  • Emban amanah penuh tanggung jawab
  • Maksimalkan kompetensi
  • Never Give Up
  • Menangkan pertandingan
  • Jadilah JUARA

Itulah semangat kompetisi yang harus kita miliki. Kompetisi itu baik, karena dengan kompetisi akan melahirkan manusia-manusia dengan kualitas terbaik. Kompetisi akan melahirkan orang yang bersemangat untuk Belajar.

Baca juga: Jadilah Pembelajar Bukan Pelajar dan Jangan Takut Competitor

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: