Langkah Pertama Begitu Berat

Langkah Pertama Berat Namun Penting

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Long weekend datang lagi. Kami berencana untuk pergi ke Anyer dengan mengendarai mobil. Jarak dari Tangerang ke Anyer cukup jauh, dan sudah pasti saya tidak bisa melihat secara kasat mata lokasi Anyer sekarang. Tapi dalam bayangan (Imaginasi) saya sangat jelas tergambar bagaimana keindahan pantai Anyer. Bahkan track jalan menuju Anyer pun sudah kebayang dengan jelas mau lewat mana.

Perjalanan panjang menuju Anyer memakan waktu 2-3 jam. Saya tidak akan pernah sampai ke Anyer kalo saya tidak mulai jalan. Saya tidak akan pernah berjalan/melaju kalo saya tidak berani men-starter mobil dan mulai injak gas. Setelah semua perbekalan disiapkan, mobil siap, kami pun berangkat. Mobil melaju melewati jalur yang sudah saya bayangkan sebelumnya menuju Anyer…

Apakah anda pernah merasa BINGUNG dan BERAT rasanya untuk memulai sesuatu yang baru, yang sebelumnya belum pernah anda lakukan? Rasanya ada ketakutan dalam diri anda, kebingungan dalam pikiran anda, dan kaki rasanya berat sekali untuk melangkah.

  • Takut untuk memulai aktivitas baru yang belum pernah anda lakukan, misalnya  untuk memulai bisnis baru, mencari pekerjaan baru, resign dari pekerjaan sekarang, kehidupan baru (menikah), presentasi bisnis perdana, mengajar pertama kali, dan lain-lain. Rasanya ada dinding tebal di hadapan anda, yang menghalangi anda untuk berani memulai.
  • Rasanya Berat sekali untuk BERUBAH, mengubah kebiasaan buruk yang bisa jadi hanya bersifat mubah/sia-sia maupun kebiasaan buruk maksiat yang jelas dilarang secara agama. Kebiasaan itu setiap saat, setiap hari anda lakukan tanpa kuasa untuk menghindarinya. Misalnya kebiasaan begadang, tidur pagi, main games, terlena main medsos, nongkrong/ngegosip, mengeluar kata-kata kasar dan kotor, mengumpat, berjudi, pergaulan bebas, dan lain-lain.

Padahal keberatan, ketakutan, dan kebingungan itu awalnya hanya ada dalam Pikiran anda, yang akhirnya merasuk dalam Perasaan, mempengaruhi emosi anda sehingga kaki berat untuk melangkah, susah untuk Berubah. Ingatlah pepatah Cina yang mengatakan:

“The journey of a thousand miles begins with one step” – Lao Tsu

Ingatlah bahwa ribuan langkah menuju perbaikan, perjalanan untuk mencapai Goals besar selalu dimulai dengan Langkah Pertama. Sukses Besar anda pasti akan diawali dengan Langkah Pertama. Walaupun langkah pertama itu Berat, namun itu merupakan langkah Terpenting dalam hidup anda. Tanpa langkah itu, anda tidak akan bisa Berubah, anda tidak akan bisa menggapai apa-apa.

Bayangkan cerita naik mobil, perjalanan menuju ke Anyer di atas. Karena memiliki Goals yang sangat jelas bahkan bisa dibayangkan, maka tujuan rekreasi ke Anyer pun tercapai. Titik kritis perjalanan itu adalah saat Anda Mulai Langkah Pertama. Begitu anda mulai melangkah, maka langkah-langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah. Anda akan mulai mendapatkan pengalaman baru, pelajaran berharga yang akan membuat Keberanian anda meningkat. Anda akan mulai terbiasa dengan aktivitas baru dan membentuk kebiasaan baru.

Bila anda baru pertama kali menempuh perjalanan panjang menuju suatu tujuan, boleh jadi anda pernah tersesat, salah jalan, salah jalan, salah arah dan sebagainya. Namun dengan semangat yang tinggi, kesabaran, kerja keras dan ketekunan, akhirnya anda pun berhasil sampai ke tempat tujuan. Begitulah tantangan yang harus dihadapi dalam perjalanan hidup setiap orang. Tiada kehidupan yang terlepas dari masalah. Jalani saja, hadapi saja, nikmati saja, Anda akan mulai terbiasa menghadapi tantangan, kesalahan dan kegagalan.

Baca juga: GILA-kan Imaginasimu

Salam Perubahan…!!!

 

 

 

 

 



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Beranikan Diri Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: