Salah Kaprah Manajemen Waktu

Salah Kaprah Manajemen Waktu

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Jam dinding itu menempel di tembok rumah. Di dalamnya ada 3 jarum yang selalu berputar dan ketiganya menggambarkan waktu yang berbeda. Jarum pendek berputar paling lambat, 360° dalam 1 hari, jarum ini menunjukkan JAM. Jarum panjang dan agak besar berputar agak cepat, 360° dalam waktu 1 jam, jarum ini menunjukkan MENIT. Dan 1 lagi jarum panjang tapi kecil, berwarna merah berputar sangat cepat, 360° hanya dalam waktu 1 menit, jarum ini menunjukkan DETIK.

Setiap hari saya, anda dan kebanyakan orang selalu melihat jam dinding. Namun hanya sebatas ingin tahu waktu, jam berapa sekarang. Iya kan? Nahh, sekarang saya ajak anda untuk melihat Jam Dinding itu lebih dalam lagi. Coba tatap baik-baik jam dinding anda masing-masing. Ketiga jarum jam itu berputar sesuai jatah waktunya masing-masing, tidak saling bertabrakan, karena semuanya berputar ke kanan, sehingga orang sering mengatakan ‘berputar searah jarum jam’. Jarum jam itu berputar terus dan tidak pernah berputar balik kan? Ketika jarum pendek sudah berputar 360°, itu berarti Hari sudah berganti.

Itulah karakter WAKTU Sahabatku. Waktu akan terus berputar dan tidak akan pernah kembali dan tidak akan pernah bisa dibeli dengan apa pun untuk bisa kembali. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun selalu berlalu. Waktu yang telah lewat, bahkan 1 menit yang lalu, itu sudah menjadi MASA LALU. Masa Lalu tidak bisa diputar kembali, kecuali dalam film. Masa lalu hanya bisa diingat dan dikenang. Makanya Imam Ghazali pernah mengatakan kepada murid-muridnya, “Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini?” Jawabnya adalah, “Masa Lalu

Baca juga: Jangan Terlalu Lama Melihat Spion

Kebanyakan orang sering Salah Kaprah dalam manajemen waktu. Aktivitasnya kelihatan sangat sibuk, banyak pekerjaan, banyak agenda kegiatan, dan lain-lain. Padahal kesibukannya itu belum tentu benar. Kesibukannya belum tentu produktif, karena memang beda antara Orang Sibuk dengan Orang Produktif. (lain kali kita bahas ya…!). Akhirnya banyak orang yang mengatakan,

  • “Saya sangat Sibuk…”
  • “Saya gak ada waktu…”
  • “Agendaku padat sekali…”
  • “Lain kali aja ya…”
  • “Bisa ditunda gak?…”

Itu semua belum tentu benar. Mungkin anda salah dalam me-manage waktu.

  • Terkadang kita merasa sok sibuk, padahal masih banyak waktu santai.
  • Kadang kita merasa gak punya waktu luang, padahal banyak aktivitas yang buang-buang waktu saja.
  • Kadang kita merasa kebanyakan agenda kegiatan, padahal banyak kegiatan yang tidak produktif.
  • Kadang kita menolak ajakan atau permintaan mengisi acara orang lain dengan alasan sibuk, padahal itu hanya alasan untuk menghindari amanah dan tanggung jawab lain.

Baca juga: Harta yang Paling Berharga

Yuks analisa tingkat kesibukan anda..!! Coba buatlah List Kegiatan Harian anda. Catat semua aktivitas yang anda lakukan setiap jamnya dalam 1 hari. Jangan ada yang terlewatkan ya, mulai dari bangun tidur pagi, sampai dengan tidur kembali di malam hari. Buatlah setiap hari selama seminggu dan jujurlah terhadap diri sendiri.

Selanjutnya, coba analisa, pelototin waktu yang anda gunakan setiap hari, setiap jam, setiap menit…!!! Jujurlah. Bagaimana hasilnya? Berapa jam anda tidur dalam sehari? Berapa banyak waktu luang anda? Berapa lama waktu yang anda buang percuma? Berapa padat waktu yang anda gunakan untuk kegiatan yang sia-sia dan tidak produktif? Sudah jelas kan bagaimana tingkat Kesibukan anda? Anda termasuk orang yang benar-benar sibuk atau sok sibuk?

Bijaklah dalam memanfaatkan waktu. Pakailah waktu anda untuk santai secukupnya. Fokuslah pada aktivitas yang Penting sehingga semuanya bermanfaat untuk masa depan diri dan keluarga, keimanan, kesuksesan dan kebahagiaan…

Baca juga: Penyakit Kronis Mental Manusia

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , ,

7 replies

  1. Yup, bisa dikatakan time table itu penting, dan butuh sebuat komitmen, dan konsisten dalam melakukannya.

Trackbacks

  1. Menentukan Apa Yang Penting Dalam Hidup | Sugibisnis's Blog
  2. Hidup Adalah SAAT Ini | Sugibisnis's Blog
  3. Kegelisahan Bulan November | Sugibisnis's Blog
  4. Bagaimana Kualitas Hidup Anda? – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  5. MENANGISLAH…!! – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  6. Manusia Tiba Masa Tiba Akal – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: