Menentukan Apa Yang Penting Dalam Hidup

Menentukan Apa Yang Penting Dalam Hidup

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Sadarkah anda, bahwa setiap saat selalu ada banyak sekali stimulus yang masuk dalam diri kita, masuk melalui mata kita, telinga kita dan akhirnya masuk ke dalam Pikiran kita. Stimulus itu bisa berupa data, fakta, berita, informasi, kejadian dan suatu kondisi tertentu yang berasal dari pergolakan kehidupan di sekitar kita yang mengusik diri kita. Sumbernya pun bisa dari mana-mana, bisa dari media sosial, dari orang lain, maupun hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Semua stimulus itu masuk ke kepala kita setiap saat, tanpa kita bisa membendungnya.

Stimulus atau Rangsang adalah istilah yang digunakan oleh psikologi untuk menjelaskan suatu hal yang merangsang terjadinya respon tertentu. Rangsang merupakan informasi yang dapat diindera oleh panca indra. Lebih luas lagi, Stimulus merupakan gejolak dari luar atau dari dalam jiwa seseorang yang bisa menyebabkan perubahan tingkah laku.

Bagaimana sikap kita? Tentu saja setiap orang yang hidup, pasti akan merespon semua stimulus yang masuk dalam dirinya. Respon orang pun berbeda-beda, tergantung dari tingkat Kecerdasan dan Kedewasaan Pikiran dan Emosi seseorang. Kebanyakan orang merespon secara berlebihan semua stimulus yang masuk dalam dirinya. Semuanya ingin ditanggapi, dikomentari dan diklarifikasi jika menyudutkan dirinya, dicari pembenaran ketika menyalahkan dirinya. Orang seperti ini biasanya akan selalu merasa Galau dan tidak akan Bahagia. Karena salah satu ciri orang Bahagia adalah fokus pada hal-hal yang penting dan mengabaikan hal-hal yang tidak penting.

Padahal semua stimulus yang kita terima setiap saat banyak yang hanya merupakan NOISE saja, yaitu hal-hal yang Tidak Penting. Seharusnya sikap kita yang benar adalah ABAIKAN Noise tersebut, jangan di-ACCEPT dalam diri kita. Walaupun bagi kebanyakan orang hal ini tidaklah mudah. Mengapa demikian?

  • Kita tidak tahu dan tidak bisa membedakan mana hal yang penting dan mana hal yang tidak penting sehingga akhirnya semua hal dianggap penting.
  • Banyak hal yang sebenarnya Tidak Penting terlihat Penting sehingga kita menganggapnya semua penting. Dan di poin inilah peran Setan untuk menyesatkan dan membuat manusia salah langkah.

Lalu, apa ukuran sesuatu itu Penting atau Tidak? Siapa yang bisa jawab, dapat hadiah handuk…!!! Ukurannya adalah Masa Depan. Sesuatu menjadi Penting apabila ada kaitannya dengan cita-cita dan tujuan hidup kita. Jadi semua hal yang bisa membuat kita menjadi lebih besar, hebat, dan maju di masa depan, maka itu adalah Hal Yang Penting. Di luar itu hanya Noise belaka.

Yuks, kita berusaha untuk merespon Stimulus yang Penting saja. Sedangkan yang Noise kita abaikan saja. Supaya hidup kita menjadi tenang/bahagia dan lebih sukses di masa depan…

Baca juga: Salah Kaprah Manajemen Waktu

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Kisah 4 Lilin: Jangan Matikan Harapanmu | Sugibisnis's Blog
  2. Berhitung Mundur | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: