Kisah 4 Lilin: Jangan Matikan Harapanmu

Kisah 4 Lilin: Jangan Matikan Harapanmu

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada tulisan kali ini, saya ingin membawakan sebuah Cerita Motivasi, yang tidak tahu juga dari mana sumber awalnya, yaitu “Kisah Empat Lilin“. Ceritanya singkat namun bisa memberikan motivasi hidup yang sangat berharga. Dengan sedikit modifikasi cerita, Simaklah..!!!

Pada satu ruangan yang gelap ada empat buah Lilin menyala terang sehingga menjadikan ruangan tersebut terang benderang. Dalam ruangan itu ada seorang anak kecil bermain dengan riangnya dan penuh kepolosan. Tanpa ia sadari nyala api menjadikan Lilin semakin meleleh dan ada angin bertiup menghembus ke dalam ruangannya yang menjadikan nyala itu bergoyang dan akhirnya apa yang terjadi? Dalam ruangan itu suasana begitu sunyi.  Terjadilah percakapan ke-empat Lilin itu, kurang lebih begini:

1. Lilin Pertama berbicara

“Aku adalah Perubahan..!!
Tapi manusia tidak mampu berubah dalam hidupnya untuk menjadi lebih Baik. Mereka Terlena dengan Kesenangannya. Mereka lebih suka bermalas-malasan. Maka lebih baik aku memadamkan diriku saja.”

Maka sedikit demi sedikit Lilin Pertama pun padam.

2. Lilin Kedua berbicara

Aku adalah Iman..!!
Sayang aku tak berguna lagi. Aku menyesal bahwa Manusia tidak lagi mengenalku. Beribadah pun malas dan tidak mau tepat waktu. Mereka mementingkan hobby dan kesenangan dunianya saja. Untuk itu, tak ada gunanya lagi aku menyala.”

Setelah itu, tiupan angin memadamkan Lilin Kedua.

3. Lilin Ketiga berbicara

Aku adalah Cinta..!!
Tak mampu lagi aku melanjutkan hidup dan tak mampu lagi menerangi, karena tidak ada lagi cinta di hati manusia. Buktinya mereka saling membenci, saling menghujat, saling menjatuhkan, dan saling bunuh. Tidak ada lagi kedamaian dan persaudaraan. Bahkan mereka membenci orang yang seharusnya mereka cintai yaitu OrangTua dan keluarganya sendiri. Maka tidak ada gunanya aku bertahan.

Tanpa menunggu waktu lama, Lilin Ketiga pun ikut padam.

Anak kecil yang bermain dalam ruangan baru menyadari bahwa ruangannya menjadi lebih gelap, karena tinggal satu Lilin yang menyala. Anak itu ketakutan dan terisak menangis tersedu-sedu, lalu dia berkata, “Apa yang terjadi, kalian harus tetap menyala, aku takut akan kegelapan, tolong… tolong…!!”.

4. Dengan terharu, Lilin Keempat berbicara

Jangan takut, janganlah menangis, selama aku masih ada dan menyala. Raihlah aku dan nyalakan ketiga lilin tadi, karena aku adalah HARAPAN.

Tanpa berpikir panjang, dengan mata bersinar, sang anak langsung mengambil Lilin Harapan dan menyalakan ketiga lilin lainnya. Ruangan yang sempat gelap menjadi terang kembali. Sang anak kecil kembali tersenyum dan meneruskan mainnya.

Demikianlah Kisah Empat Lilin. Insight apa yang bisa diambil dari cerita ini?

  • Hidup tak selamanya terang dan mulus, adakalanya angin berhembus meredupkan “Lilin-Lilin” dalam diri kita. Dalam situasi dan kondisi sesulit apapun, jangan sampai kita putus Harapan, terutama harapan kepada Allah SWT…
  • Iman bisa saja tergerus, Cinta lama-kelamaan bisa pudar, Semangat untuk Berubah pun bisa sekarat, namun yang tidak boleh mati dalam diri kita adalah HARAPAN (HOPE). Selama masih ada HARAPAN dalam diri kita, maka kita bisa menghidupkan kembali Iman yang luntur, Cinta yang pudar, dan semangat Berubah yang hilang dari diri kita.
  • Dalam hidup manusia tidak boleh pesimis, tapi harus selalu optimis dan penuh harapan. Selagi masih memiliki harapan dan keinginan, berarti kita masih memiliki peluang untuk meraih cita-cita dan tujuan hidup. Kita masih bisa mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik dan bertumbuh.
  • Jangan Matikan Harapanmu! Jaga selalu Harapanmu. Karena Harapan adalah Lilin Terakhir yang harus tetap menyala. Harapan akan bisa menumbuhkan Semangat untuk menghidupkan kembali Potensi Hebat dalam diri kita.

Nikmatilah hidup dengan penuh Harapan.

Baca juga: Menemtukan Apa Yang Penting Dalam Hidup

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Temukan Ke-Asyik-an Dalam Bekerja | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: