Temukan PASSION Dalam Bekerja

Temukan PASSION Dalam Bekerja

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Di suatu pagi hari Minggu saya sedang jogging dan menikmati udara pagi yang segar di area car free day. Setiap jam 06.00 – 11.00, jalan itu selalu ditutup, tidak boleh mobil masuk melintasi jalan itu karena digunakan untuk area olah raga pagi bagi masyarakat. Ada yang lari, jogging, senam aerobic, jalan-jalan, bahkan ada juga yang sekedar janjian ketemu bersama kawan-kawannya.

Di saat jalan-jalan, saya melihat ada kerumunan orang di bawah pohon di area pembatas jalan kiri dan kanan. Tenyata ada seorang Lelaki yang masih muda sedang menggambar… tepatnya melukis sketsa seseorang dengan gaya tertentu. Rupanya orang banyak yang antri untuk minta dilukis dengan pose sesuai permintaan. Bisa sendirian atau bersama keluarga. Setelah selesai, lukisan boleh dibawa pulang dengan mengganti biaya yang tidak mahal.

Hasil lukisannya sangat bagus dan indah walaupun hanya berwarna hitam putih. Media yang digunakan kertas putih tebal, tapi sudah dikasih bingkai. Pelukis itu dengan lincah menggoreskan pensil gambarnya di atas kertas. Sesekali melihat dan memperhatikan orang yang sedang dilukisnya. Dalam waktu yang tidak lama, lukisan pun selesai. Hasilnya… waw… hebat. Saya lihat sangat indah dengan bentuk dan gaya sangat mirip dengan orang aslinya. Diam-diam saya mengagumi pelukis itu, yang memiliki talenta lebih dalam hal melukis.

Seperti itulah seseorang yang bekerja sesuai dengan hobby-nya. Orang yang bekerja sesuai dengan Passion-nya. Bekerja di bidang yang memang menjadi kesukaannya. Orang lain melihat dia bekerja sesuai dengat Bakat atau Talentanya, dengan mengatakan, “Dia sangat hebat…” atau “Dia sangat ahli dan berbakat…

Baca juga: Temukan Ke-Asyik-an Dalam Bekerja

Pelukis itu menjalankan profesinya, dengan penuh penghayatan. Dia sangat enjoy dan menikmati pekerjaannya. Setiap goresan pensilnya di atas kertas tidak ada yang sia-sia. Semua tergores dan menyatu membentuk sebuah gambar yang sangat indah. Dipandang tidak membosankan. Wajar kalo pelukis itu dikerumuni banyak orang dan banyak pula yang minta dirinya untuk dilukis.

Bagaimana dengan Anda? Apakah anda sudah bekerja sesuai dengan passion anda? Atau jangan-jangan sampai sekarang anda belum menemukan apa sebenarnya passion anda? Padahal passion itu merupakan salah satu ke-UNIK-an anda, yang membedakan dengan orang lain. Dan disitulah kelebihan anda dibanding orang lain. Kalo anda bekerja sesuai ke-UNIK-an anda, maka hasilnya akan jauh lebih bagus, lebih indah, lebih banyak, lebih hebat dan lebih produktif.

Bagi anda yang belum menemukan passion-nya, yuks dicari..!! Mungkin dalam aktivitas sehari-hari, sebenarnya anda sudah sering melakukannya, namun anda tidak menyadarinya kalau itu passion anda. Coba anda inventarisir aktivitas dan pekerjaan anda sehari-hari, yang memiliki ciri-ciri berikut:

  • Anda melakukan aktivitas itu dengan enjoy, senang hati dan tidak terbebani dengan pikiran apa pun. Anda sangat menikmati aktivitas itu, sampai terkadang lupa makan, lupa tidur, tidak merasa lelah sampai aktivitas itu selesai. Dan anda sering mengatakan, “I love my Job..!!” Ayoo… ada gak? Kalo belum ketemu, lihat ciri berikutnya…
  • Ketika anda mengerjakan aktivitas itu, kualitas dan hasilnya sangat maksimal. Anda pun merasa sangat PUAS dengan produk yang anda hasilkan. Berbeda dengan hasil aktivitas lainnya. Sudah ketemu belum..??
  • Aktivitas yang anda lakukan, atau hasil yang anda capai mengundang banyak pujian dari banyak orang. Orang lain berdecak kagum dengan aktivitas anda, atau dengan produk yang anda buat. Naah, mulai ada kejelasan..?? Lanjutkan..!

Itulah ciri-ciri sederhana yang bisa anda pakai untuk mencari apa Passion anda. Apa ke-UNIK-kan anda. Cari dan temukan ya… kalau perlu, untuk menemukannya anda harus meluangkan waktu untuk merenung dalam suasana kesunyian.

Selamat mencoba ya..!!

Baca juga: Balon Hitam pun Bisa Terbang

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Memulai Bisnis Tidak Pernah dari NOL | Sugibisnis's Blog
  2. PASSION Itu Apa Sih? | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: