Memulai Bisnis Tidak Pernah dari NOL

Memulai Bisnis Tidak Pernah dari NOL

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pernahkah anda mendapatkan sebuah benang dalam kondisi kusut? Benang terurai berantakan, tidak teratur pada sumbu lingkarannya. Tidak jelas mana ujungnya. Kalau pun ketemu ujungnya, menarik dan mengurainya susah karena saling mengait dan tersangkut dengan benang itu sendiri. Bagi anda yang belum pernah melihat benang kusut, bayangkan saja ya, atau silahkan lihat di google..!!

Seandainya anda diminta untuk menguraikan benang kusut tersebut menjadi teratur kembali, bagaimana perasaan anda? Pusing! Tidak tahu caranya! Bingung mulai dari mana? Trus, apakah benang kusut itu bisa diurai kembali? Ya tentu bisa dong… asalkan anda mau melakukannya, tapi butuh waktu, ketelitian, ketekunan dan kesabaran. Tanpa itu semua, anda hanya akan stress saja.

Benang kusut itu menggambarkan suatu kondisi yang tidak karuan, tidak jelas, rumit, carut marut, penuh resiko, yang membuat orang yang menghadapinya sangat bingung dan stress. Pikiran andalah yang berperan besar dalam kebingungan anda. Pikiranlah yang membuat anda semakin bingung atau atau segera menyadari dan mencari jalan keluar. Semakin anda mengembangkan Pikiran Negatif, maka akan semakin menambah kepusingan diri anda. Dan sebaliknya, apabila anda berhasil mengembangkan Pikiran Positif, maka pikiran anda akan semakin kreatif dan lama kelamaan anda akan menemukan jalan untuk mengurai benang kusut yang sedang anda hadapi.

Seperti halnya orang yang dituntut untuk mengembangkan bisnis atau memulai sebuah bisnis, kebanyakan dari mereka akan merasa kebingungan. Pikirannya pusing tujuh keliling,

  • Ingin menjadi orang Sukses tapi tidak tahu caranya
  • Mau bisnis apa yang cocok
  • Kepingin bisnis tapi tidak tahu produk apa yang harus dijual
  • Merasa tidak memiliki modal
  • Merasa tidak punya apa-apa, dan…
  • Mau mulai dari mana?

Baca juga: Bingung Memulai Bisnis

Sadarlah wahai Sahabatku, untuk menggapai Sukses Anda tidak pernah memulai dari NOL. Anda memiliki potensi dan kekuatan yang sangat besar untuk memulai setiap usaha anda. Anda memiliki Modal Besar dalam diri anda, untuk diberdayakan dalam mengembangkan bisnis dan usaha anda. Coba kita lihat diri kita masing-masing:

  • Anda pasti memiliki Bakat/Talenta, yang mungkin anda sendiri tidak menyadarinya. Bakat anda masih terpendam dalam diri anda. Temukan dan asahlah bakat anda. Cirinya, ketika anda melakukan sesuatu hasilnya mantap dan banyak dipuji orang. Bahkan hasil pekerjaan anda lebih bagus dibanding orang lain.
  • Anda pasti memiliki Knowledge/Pengetahuan (Tsaqofah) dalam hal tertentu. Anda pasti memiliki ilmu tentang cara melakukan atau menghasilkan sesuatu. Iya kan…?
  • Anda memiliki Experiences/Pengalaman dalam mengerjakan atau membuat sesuatu. Pengalaman ini terbentuk karena anda pernah praktik langsung melakukan suatu pekerjaan, terlepas dari hasilnya baik atau tidak.
  • Anda memiliki Skill/Keahlian, yang ikut terpendam bersama Bakat anda. Mungkin anda pernah melakukan sesuatu sesuai bakat, yang dilandasi dengan Pengetahuan yang anda miliki, maka akan menghasilkan Pengalaman berharga. Jika Pengalaman itu terus dikembangkan dan dilatih akan menjadi Skill khusus bagi anda.
  • Anda memiliki modal Uang/Capital lainnya, berapa pun besarnya yang bisa anda gunakan untuk memulai usaha.
  • Anda memiliki Time/Waktu luang setiap hari. Gunakanlah waktu muda dan waktu sehat anda untuk memulai langkah baru menuju sukses. Jangan gunakan sebagian besar waktu anda untuk bersantai-santai ria.
  • Anda memiliki Network/Relasi, yang tersebar dimana-mana, baik jaringan secara real melalui persaudaraan dan pertemanan, maupun jaringan secara online di media sosial. Anda memiliki keluarga, saudara, teman, kenalan, relasi, penggemar, dan lain yang kalau dihitung ternyata jumlahnya tidak sedikit.
  • Anda memiliki Character/Sifat-Sifat Baik dalam diri anda. Kumpulan sifat-sifat baik dalam diri anda, yang setiap hari anda pertahankan menjadi habit, maka akan membentuk Karakter baik anda. Sebisa mungkin, berusahalah untuk menekan sifat-sifat buruk yang ada dalam diri anda dan gantilah dengan sifat baik, agar hidup anda semakin berkah.
  • Anda memiliki Hope/Harapan, yang bisa anda bangkitkan untuk menghidupkan Impian dan tujuan hidup anda sehingga hidup menjadi lebih terarah.

Lihatlah, Anda memiliki banyak sekali Modal Besar dalam diri anda untuk menjalani dan menikmati hidup menuju Sukses kan? Jangan pernah bilang lagi, Saya tidak punya apa-apa, saya tidak punya bakat untuk bisnis, saya tidak punya modal untuk sukses. Kembangkanlah Potensi dan Kekuatan anda di atas, Anda pasti akan Sukses…!!

Baca juga: Temukan Passion Dalam Bekerja

Salam Perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , ,

5 replies

Trackbacks

  1. Curi Start Untuk Menjadi Pemenang | Sugibisnis's Blog
  2. Benarkah Orang Berbakat Pasti Sukses? | Sugibisnis's Blog
  3. Beranikan Diri Memulai Bisnis | Sugibisnis's Blog
  4. Kesatuan Jiwa dan Bisnis – Sugibisnis – Gudangnya Inspirasi Kehidupan
  5. Daya Ungkit Dalam Kehidupan – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: