Benarkah Orang Berbakat Pasti Sukses?

Benarkah Orang Berbakat Pasti Sukses?

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Siapa yang tidak mengenal Lionel Messi dan Christiano Ronaldo, dua pemain Sepak bola hebat dunia yang mendominasi penghargaan Baloon n’door. Sama-sama hebat, skill tinggi dan sama-sama produktif dalam tim masing-masing. Tendangan keduanya sangat mematikan. Tapi coba perhatikan perbedaan keduanya. Messi memiliki skill drible bola yang sangat memukau karena memiliki BAKAT bawaan alamiah. Sedangkan CR7 memiliki skill kecepatan lari dan mengecoh lawan yang hebat karena faktor disiplin LATIHAN.

Trus kenapa kedua bisa menjadi Hebat, keduanya menjadi Sukses, dan bernilai sangat mahal? Sampai-sampai banyak club sepak bola yang tidak sanggup untuk membayar nilai transfernya. Keduanya melakukan Kerja Keras dan Ketekunan, yaitu sama-sama berlatih keras dan disiplin. Kalo anda ditanya, lebih Hebat mana di antara keduanya, Messi atau Ronaldo? Jawabannya kembali pada anda, lebih suka yang mana…!!

Jadi menurut anda, yang menentukan Kesuksesan seseorang itu Bakat atau Kerja Keras? Ternyata banyak peneliti dan motivator yang mengatakan, Kerja Keras 2x lebih kuat dibanding Bakat dalam menentukan Sukses. Orang yang memiliki Bakat bawaan, kalo tidak pernah diasah, tidak pernah belajar dan berlatih bisa kalah dengan orang yang tidak berbakat tapi mampu Berlatih Keras. Orang yang bekerja keras akan lebih sukses dibanding orang yang kerja biasa saja. Cuma, orang berbakat akan lebih cepat dalam proses belajar dan berlatihnya.

Menurut banyak pakar, Bakat didefinisikan sebagai kumpulan total dari kemampuan dan keterampilan seseorang, termasuk intrinsic gift (kemampuan alamiah) yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu hal. Kemampuan dan keterampilan alamiah itu meliputi pengetahuan, pengalaman, kecerdasan, termasuk kemampuan seseorang untuk belajar dan bertumbuh.

Prof. Angela Duckworth’s 2016 dalam bukunya “Grit: The Power of Passion and Perseverance“, memberikan sintesis yang baik mengapa para Expert dapat mencapai puncak sukses bidang mereka. Dan, percayalah, ini bukan hanya karena Bakat. Rumus Sukses menurut Prof. Angela D adalah:

The GRIT Formula:

  • Talent x Effort = Skill, dan 
  • Skill x Effort = Achievement

Untuk lebih memahami formula ini, Duckworth memberikan penjelasan berikut:

Talent is how quickly your skills improve when you invest effort. Achievement is what happens when you take your acquired skills and use them… (p. 42).

Jadi, Bakat adalah tentang seberapa cepat kemampuan dan keterampilan anda meningkat saat anda berlatih pada suatu bidang tertentu. Bakat merupakan seberapa cepat kemampuan anda Belajar sesuatu hal yang baru. Sebagai contoh, ada 10 orang lulusan SMA yang belum pernah belajar mengetik di computer, disuruh mengetik sebuah artikel. Hasilnya pasti akan berbeda-beda setiap orang. Orang yang memiliki kemampuan belajar cepat (berBakat), pasti akan lebih cepat selesai dan sedikit tingkat kesalahannya.

Sahabatku, jangan pernah lagi mengatakan, “Aku tidak berbakat untuk melakukan sesuatu hal yang baru..!!“. Atau anda selalu melihat orang lain Sukses dengan mengatakan, “Orang itu Sukses kan karena memang dia BerBakat. Sedangkan aku kan tidak..!!“. Kalimat ini akan mematikan Potensi dan Bakat Anda. Anda tidak akan pernah mengenali Bakat anda sendiri. Kunci Sukses bukan sekedar Bakat, tetapi harus ada Usaha maksimal (ikhtiar), Kerja Keras dan Do’a. Bakat hanya akan mempercepat proses menuju Sukses. Sadarlah..!!

Baca juga: Memulai Bisnis Tidak Dari NOL

Salam Perubahan…!!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Belajar Dari Orang Sukses | Sugibisnis's Blog
  2. Kekuatan Daya Ungkit – Sugibisnis – Pusat Inspirasi
  3. Temukan HARTA KARUN Dalam Dirimu – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: