Bertanya Kepada Diri Sendiri

Bertanya Kepada Diri Sendiri

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Setiap orang yang belum tahu sesuatu, dan ingin tahu tentang sesuatu itu, maka ia akan berusaha mencari tahu. Dan tindakan nyata yang dilakukan pastilah BERTANYA. Dia akan bertanya tentang sesuatu itu kepada orang lain, bisa teman, keluarga, relasi, atasan/bawahan di kantor, kenalan, guru, dosen, para ahli, dan lain-lain. Atau yang paling populer, ia pasti akan bertanya kepada mbah GOOGLE, dan Google pun akan selalu menjawab segala pertanyaan yang diajukan kepadanya melalui mesin pencarinya. Dalam sekejap, ribuan bahkan jutaan alternatif jawaban diberikan oleh Google, kita tinggal memilihnya.

Anda pasti sering melakukannya begitu bukan? Aku juga begitu kok..!! Bertanya kepada orang lain, bertanya kepada mesin pencari Google, itu umum dan wajar. Sekarang kalau anda saya minta Bertanya kepada Diri Sendiri, itu kira-kira wajar gak? Untuk memvisualisasikannya, coba anda berdiri di depan cermin, trus bertanyalah kepada bayangan anda di cermin seperti anda bertanya kepada orang lain. Ajaklah berbicara dan dialog makhluk yang ada di cermin itu. Gimana rasanya? Canggung bukan?

Nahh, begitulah rasanya kalau kita Bertanya tentang sesuatu kepada diri sendiri. Padahal bertanya kepada diri sendiri itu sangat bermanfaat untuk pengembangan diri loh. Mengapa bisa begitu? Coba perhatikan baik-baik, kapan biasanya orang melakukan pertanyaan atau bicara kepada diri sendiri? Berikut inilah moment-moment dimana anda akan bertanya dan dialog dengan diri anda sendiri:

  • ketika bingung dan tersesat, mau ngapain, pilih yang mana, mau kemana, dll.
  • ketika belajar tentang sesuatu, ngerjain tugas, PR, pelatihan, dll.
  • ketika mendapatkan masalah, ditimpa musibah dan mencari bagaimana solusinya.
  • ketika sedang jatuh cinta dan hatinya berbunga-bunga.
  • ketika sedang gembira dan bangga berhasil meraih sesuatu.
  • ketika sedang marah dan benci terhadap seseorang.
  • ketika dirinya sedang terusik, dikritik, dimarahin dan disalahkan.
  • ketika sedang memimpikan dan menginginkan sesuatu secara kuat.
  • ketika sedang kontemplasi untuk introspeksi diri.

Bertanya kepada diri sendiri, pada hakekatnya terjadi setiap saat dalam kehidupan kita. Para Motivator sering mengistilahkan Self Talk. Lihatlah daftar di atas, itu terjadi setiap hari kan dalam kehidupan anda? Menyadari hal ini, yaitu Bertanya kepada diri sendiri akan sangat baik. Karena menurutku, Bertanya kepada diri sendiri merupakan aktivitas berpikir tentang sesuatu sebagai bentuk penyadaran diri, untuk melindungi diri kesalahan dan mengembangkan diri ke arah yang lebih baik lagi. Apalagi apabila dibarengi dengan luapan emosi, akan sangat berbekas, masuk ke alam bawah sadar dan menjadi pemicu bagi kita untuk berubah.

Dengan sering bertanya kepada diri sendiri, maka anda akan semakin dapat mengenali diri sendiri. Mengenal diri Anda sendiri adalah permulaan dari semua kemenangan dan keberhasilan hidup. Mengenal diri sendiri memang sangat penting namun terkadang sangat sulit dilakukan, kalau anda belum menyadarinya. Satu-satunya orang yang bisa mengenali diri Anda tentu hanya diri Anda sendiri, bukan orang lain..!!

Cara terbaik untuk menemukan jati diri Anda adalah dengan bertanya kepada diri sendiri. Bertanya adalah cara yang paling ampuh karena pertanyaan sebodoh apapun yang ditanyakan maka otak akan selalu mencari jawabannya perlahan-lahan. Oleh karena itu, yuks sering-sering lah bertanya kepada diri sendiri, untuk mengenal diri sendiri lebih dalam.

Baca juga: Menemukan Jati Diri

Salam Perubahan…!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Pertanyaan GILA Kepada Diri Sendiri | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: