Jangan Terlalu Lama Melihat Spion

JanganTerlalu Lama Melihat Kaca Spion

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Di suatu pagi yang cerah, saya seperti biasa meluncur (otewe) berangkat ke kantor dengan mengendarai mobil. Jalanan relatif ramai lancar dengan berbagai macam kendaraan melintas di jalan raya. Ada banyak mobil dan lebih banyak lagi motor yang melaju. Saya memacu kendaraan dengan kecepatan sedang, dengan menancap gas ketika di depan mobil saya kosong. Sesekali melihat kaca spion kanan dan kiri untuk memastikan posisi aman ketika mau bermanufer ke kiri atau kanan. Dan… tak terasa setelah sekitar 25 menit perjalanan, saya pun tiba di kantor, yang jarak antara rumah ke kantor memang tidak terlalu jauh.

Dalam perjalanan mengendari mobil, saya dan juga Anda semua pasti sering melihat kaca spion kan? Hanya orang bodoh dan nekad lah ketika mengemudi tidak pernah lihat spion. Coba perhatikan baik-baik, ketika Anda melihat spion tersebut, pasti hal-hal di bawah ini terjadi:

  • Melihat kaca spion untuk memastikan suasana kendaraan di belakang mobil kita.
  • Waktu melihat kaca spion pasti tidak akan berlama-lama, hanya sekerlingan saja.
  • Kendaraan yang di belakang kita, pasti kelihatan di kaca spion jauh lebih kecil dari ukuran sebenarnya.
  • Jarak kendaraan yang kelihatan di kaca spion terasa lebih dekat dengan mobil anda dibanding jarak sebenarnya.
  • Tujuan anda melihat kaca spion supaya aman dalam berkendara.

Hal di atas Benar semua kan? Apa insight yang bisa diambil dari cerita di atas? Anda pasti bisa menangkapnya kan…?

Melihat kaca spion, diibaratkan seperti Melihat Masa Lalu dalam kehidupan kita. Ciri dan sifat-sifatnya sama. Coba renungkan !

  • Kendaraan yang ada di belakang kita identik dengan Masa Lalu kita. Masa lalu selalu ada di belakang karena semua sudah terjadi. Tidak ada seorang pun yang sanggup untuk kembali ke masa lalu, kecuali hanya sekedar mengenang dan mengingatnya. Masa lalu sudah menjadi Sejarah Hidup anda. Makanya kita sering dengar kata-kata motivasi “Don’t look back, just look the future…!”.
  • Jangan melihat kaca spion berlama-lama karena Anda akan celaka, Anda bisa menabrak mobil yang ada di depan anda. Demikian juga melihat masa lalu, jangan terlalu lama, apalagi sampai meratapi masa lalu hingga mempengaruhi pikiran dan perilakunya. Wajahnya murung, kelihatan sedih, sesekali menangis, menyesal dan menyalahkan diri sendiri sambil mengatakan “Kenapa dulu aku melakukan itu…!!!”, dll. Lihatlah sekerlingan saja, sekedarnya saja. Mengenang masa lalu hanya untuk ambil ibroh dan pelajaran saja, bukan untuk meratapinya.
  • Jadikan Masa lalu itu, suatu hal yang kecil dan sepele. Tidak penting-penting amat untuk selalu diingat, walaupun masa lalu yang berkesan tidak akan pernah bisa untuk dilupakan. Masa lalu itu kecil, justru Masa Depanlah yang besar dan penting. Oleh karena itu, berfokuslah pada Masa Depan anda…
  • Apabila masa lalu sering dibuka kembali, maka akan menjadi sangat dekat dengan hidup kita, mempengaruhi pikiran kita. Seolah-olah, masa lalu kita baru saja terjadi. Padahal Masa Lalu itu adalah sesuatu yang paling jauh dalam hidup kita. Mengapa bisa? Ya… karena kejadiannya sudah berlalu, dan tidak bisa diulang kembali sekarang.
  • Sesekali melihat masa lalu boleh, tapi ingat… hanya sekedar untuk nostalgia sesaat dan untuk introspeksi diri, mengambil pelajaran berharga dari kejadian masa lalu. Jika ada yang salah, maka segera sadari, perbaiki, dan jangan diulang kembali. Jika ada yang benar, maka segera ambil dan ditingkatkan kualitasnya di masa mendatang. Dengan demikian, hidup anda akan lebih berkembang dan sukses di masa depan.

So… Jangan terkungkung dengan masa lalu yang sudah menjadi kenangan. Jangan terpenjara dengan masa lalu yang sudah menjadi sejarah. Fokuslah pada Masa Depan yang masih membentang di hadapan. Bangkitlah dan belajarlah ! Upgrade diri kita untuk menjalani dan mengisi hidup Masa Kini. Insya Allah kita akan Sukses di Masa Depan…

Baca juga: Kita Adalah Sales Person

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , ,

3 replies

  1. Kunbal+follback nya om

Trackbacks

  1. Salah Kaprah Manajemen Waktu | Sugibisnis's Blog
  2. SIKAP HIDUP BAHAGIA – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: