Hadiah Asian Games 2018

Hadiah Asian Games 2018

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Perhelatan Asian Games 2018 sudah berakhir, ditandai dengan Seremonial Penutupan Asian Games 2018 (Closing Ceremony). Ajang multi event terbesar kedua setelah Olympiade ini berlangsung selama kurang-lebih 2 pekan. Diikuti oleh 45 negara-negara di asia, dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga di dalamnya. Sekitar 11.000 Altet dari berbagai negara telah mengikuti berbagai perlombaan/pertandingan, dan menghasilkan Juara masing-masing, peraih Medali Emas, Perak dan Perunggu.

Pelaksanaan event besar Asian Games ini sangat meriah. Lihat saja keseriusan pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan segala sarana dan prasarana serta agenda acara khususnya moment Opening Ceremony dan Closing Ceremony yang begitu meriah dan spektakuler.

Pada saat Opening Ceremony, melibatkan banyak artis dan ribuan orang, menampilkan berbagai pertunjukan, seni dan kreatifitas yang menggambarkan pesona Indonesia yang kaya akan kekayaan alam dan berbagai suku dan kebudayaan, Bhineka Tunggal Ika. Didukung dengan lighting yang ciamik, dan kembang api yang spektakuler. Pokoknya meriah banget…

Trus keuntungan apa yang didapatkan oleh Indonesia, sebagai tuan rumah penyelenggaraam Asian Games 2018? Apa yang bisa anda lihat? Menurut saya, ada keuntungan besar yang didapatkan oleh Indonesia, yaitu:

  • Secara Tangible, Indonesia yang jelas mendapatkan Medali Juara, yaitu Peringkat 4 dengan perolehan medali: 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu. Selain mendapatkan Medali kemenangan, Indonesia tentu mendapatkan pemasukan devisa, baik dari penyelenggaraan setiap pertandingan maupun dari para Altet, official dan awak media dari luar negeri.
  • Secara Intangible – External, Indonesia mendapatkan hadiah yang luar biasa yaitu BRANDING yang bagus dari negara-negara asia, maupun negara-negara di seluruh dunia. Tidak kurang dari 11.000 media, baik lokal maupun internasional yang meliput penyelenggaraan Asian Games 2018 ini. Bayangkan, Indonesia dalam sorotan dunia internasional, dan beritanya sangat bagus. Indonesia tiba-tiba dikenal sebagai negara yang Hebat, Kaya akan kekayaan alam, negara yang indah dengan segenap potensi pariwisatanya, negara yang kaya akan kebudayaan, negara terdiri dari banyak suku dan agama, namun tetap akur, aman dan damai. Dan Indonesia sukses menyelenggarakan event besar Asian Games dengan meriah dan spektakuler, tidak kalah dengan negara maju lainnya.
  • Secara Intangible – Internal, Indonesia mendapatkan nilai-nilai hebat, yaitu Semangat/Fighting Spirit, Mental Juara, Kebersamaan/Persatuan, Keberanian, dan Kebahagiaan. Antusiasme masyarakat untuk membeli tiket pembukaan dan penutupan Asian Games sangat besar. Mental bertanding dari para Atlet Indonesia untuk meraih gelar juara juga sangat tinggi. Semua itu bisa kita rasakan bersama.

Demikian besar Hadiah Asian Games 2018 yang Indonesia dapatkan. Untuk itu, marilah kita rawat bersama, terutama hadiah Intangible yang sudah kita dapatkan. Teriakan, “Siapa kita? … INDONESIA” harus selalu bergema di seluruh nusantara. Kita bangga menjadi Bangsa Indonesia. Indonesia Juara…

Baca juga: Lari Sprint dan Marathon

Salam Perubahan…!!!



Categories: Uncategorized

Tags: , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Menggengam Sapu Lidi | Sugibisnis's Blog
  2. Disabilitas Mental | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: