Hidup Adalah Pilihan

Hidup Adalah Pilihan

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Sadarkan kita, bahwa Hidup itu Pilihan? Maksudnya bagaimana?? Begini, pikirkan dalam-dalam ya… bahwa dalam kehidupan ini, setiap saat kita selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan. Setiap terbetik niat di hati kita, setiap melintas sesuatu di Pikiran kita, atau akan melakukan sesuatu, pasti banyak pilihan yang muncul sebelum kita bertindak.

  • Ketika bangun tidur, mata mulai melek, muncul pilihan: bangun sekarang untuk sholat lail atau nanti dulu, atau bermalas-malasan dulu ya?
  • Ketika mau mandi, muncul pilihan: mandi sekarang atau nanti aja, pake air dingin atau air panas, sekalian gosok gigi atau tidak, mau berlama-lama atau mandi cepat, pake sabun cair atau sabun padat, dll.
  • Ketika mau makan, muncul pilihan: mau makan atau tidak, sekarang atau nanti, mau makan pakai apa (banyak sekali pilihan), mau makan dimana (banyak sekali pilihan), mau perhatikan menu sehat atau tidak, dll.
  • Ketika bekerja di kantor, muncul pilihan: segera mulai bekerja atau cek HP dulu, pekerjaan mana dulu yang harus dilakukan, mau bekerja dengan profesional atau sekedarnya saja, mau segera selesaikan kerjaan atau ditunda, mau pulang cepat atau lembur/loyalitas, mau menjadi karyawan hebat atau sekedar rutinitas, dll.
  • Ketika Sholat/beribadah, muncul pilihan: mau sholat tepat waktu atau ditunda-tunda, mau sholat yang bener dan khusyu’ atau sekedar menggugurkan kewajiban, mau sholat berjama’ah atau sendirian, dll
  • Ketika mau Menikah, muncul pilihan: mau menikah cepat/muda atau lambat, mau menikah dengan siapa dan kriteria calon pasangan seperti apa (banyak sekali pilihan), resepsi pernikahan dengan cara apa, di gedung, rumah atau masjid, bagaimana undangannya, dll… banyak sekali pilihan.
  • Ketika mendapat masalah, muncul pilihan: mau mengeluh atau bersyukur dan bersabar, mau segera diselesaikan atau ditunda, mau menerima kesalahan atau mencari kambing hitam, mau minta maaf atau memberi maaf, dll.
  • Ketika memilih Profesi, muncul banyak pilihan: mau jadi apa, karyawan, enterpreneur, guru, dokter, akuntan, pengacara, pedagang, atau jadi pengangguran?

Dan masih banyak lagi pilihan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sampai-sampai untuk hal-hal yang prinsip pun kita masih diberikan pilihan, misalnya:

  • Mau menjadi manusia beriman atau kafir (QS Al-Kahfi : 29), yang berbunyi: “Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”.
  • Mau menjadi orang yang terbaik atau buruk (QS. Al Mulk: 2), yang berbunyi “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”
  • Mau menjadi Pemenang atau Pecundang?
  • Mau menjadi orang Jujur atau Pembohong?
  • Mau menjadi orang Hebat atau Rata-rata?
  • Mau menjadi orang Cerdas atau Bodoh?
  • Mau menjadi orang Berguna atau Sampah masyarakat?
  • Mau menjadi orang Sukses atau Gagal?

Hidup Penuh Pilihan dan Pilihan membutuhkan keputusan untuk memilih. Yang jelas, tidak ada pilihan lagi bagi anda untuk tidak memilih. Kalo tidak memilih, itu artinya anda sudah mati. Jadilah Hebat karena Pilihan…

Keputusan memilih kualitas Hidup yang mana, mau menjadi Apa, mau berkiprah dimana, mau memberi kontribusi apa, dll, 100% ada di tangan anda. Anda sendiri lah yang menentukan..!!! Orang lain hanya supporting saja. Orang lain kadang hanya menjadi perantara dan asbab perubahan dalam diri anda.

Segera putuskan, jangan terus bimbang hanya diam di tengah-tengah karena anda tidak akan berubah dan tidak akan menjadi apa-apa. Namun, setelah anda memilih, bersiaplah berkomitment terhadap diri sendiri, akan segala konsekuensi yang harus dihadapi. Dengan pilihan itu, maka kita harus menjadi Hebat. Jalani semua tahapan proses perubahan anda. Nikmati dan rayakan keberhasilan anda…

Baca juga: Apa Kiprahku di Dunia

Salam Perubahan…!!!

Advertisements


Categories: Motivasi

Tags: , , , , , ,

2 replies

Trackbacks

  1. Berhitung Mundur | Sugibisnis's Blog
  2. Pertempuran Dalam Diri | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: