Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Tubuh Sehat itu menjadi dambaan semua orang, tapi sayang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Bahkan, tiap orang pasti pernah merasakan sakit, ada yang sakit ringan ada pula berat, ada yang sakit parah ada pula tidak, demikian pula ada yang sering sakit dan ada yang jarang. Banyak pula orang yang merasa tidak yakin bahwa dirinya sehat, artinya dalam dirinya pasti ada unsur penyakit.

Kadang aku berpikir, apakah ada hubungannya antara penyakit-penyakit yang diderita manusia dengan kondisi Pikiran dan Emosi mereka? Bagaimana menurut Anda???

Kalo mengingat kesehatan Rasulullah Muhammad SAW, yang selalu bugar, dalam sirah tercatat bahwa sepanjang hidup beliau hanya 2 kali sakit. Pertama, sepulang beliau ziarah ke makam orangtua dan yang terakhir sakit menjelang beliau wafat. Pasti beliau sangat menjaga pola makan sehat, walaupun jenis makanan tidak sebanyak sekarang.

Rasulullah adalah orang yang paling mulia, orang yang paling baik akhlaknya, orang yang paling dermawan dan diampuni Allah segala kesalahan beliau (maksum). Menurut aku, hal ini berarti :

  • Beliau sangat menjaga keimanannya dengan ibadah, dzikir dan do’a.
  • Beliau selalu menjaga Pikiran agar selalu baik dan positif.
  • Beliau selalu menjaga Hati dan Perasaannya sehingga Emosinya selalu baik dan terkontrol.
  • Beliau selalu menjaga Integritas tertinggi, sehingga selalau Jujur dalam setiap kisah hidupnya, bahkan dalam candaan sekalipun (gelar Al-Amin).
  • Beliau selalu menjaga sikap dan perilakunya agar selalu baik bagi semua orang dan tidak pernah melukai perasaan orang lain.
  • Beliau selalu perhatian, mencintai, memberikan manfaat dan kebahagiaan pada orang lain, hingga baju yang dipakai pun diberikan ketika diminta.

Aku juga ingat, dulu Ustadz Danu sangat terkenal di salah satu stasiun televisi, pernah melakukan penelitian selama belasan tahun mengenai hubungan Perilaku manusia dengan penyakit yang diderita. Menurut beliau hubungannya sangat erat, orang yang tidak bisa menjaga Pikiran, Emosi dan Perilakunya yang tertentu, cenderung akan mengidap penyakit-penyakit yang sama. Sebagai contoh, orang yang selalu merasa benar sendiri, cenderung akan mengidap penyakit Diabet, orang yang menahan emosi marah cenderung menyebabkan penyakit kanker, dll…

Melihat kondisi di atas, Rasulullah yang selalu menjaga Kualitas Kebaikan dan Kejujuran senantiasa sehat bugar. Dan hasil penelitian Ustadz Danu, maka aku pun sependapat, bahwa ada hubungan yang erat antara penyakit seseorang dengan kondisi Pikiran dan Emosinya.

Untuk itu, Yuks sahabatku, kita berusaha mencontoh pola hidup Rasulullah SAW yang sudah terbukti Sehat Sempurna hidup beliau. Jagalah Pikiran agak selalu baik dan positif. Jagalah hati dan Emosi agar selalu baik dan terkontrol. Insya Alloh kita akan menjadi orang yang selalu Sehat. Sehat tubuh + Sehat Iman + Sehat Pikiran + Sehat Emosi = Hidup Bahagia. Amin…

Baca juga: Penyakit Kronis Mental Manusia

Salam Perubahan…!!!



Categories: Personal

Tags: , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Lari Pagi Mencerdaskan Otak – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: