Kita Adalah Sales Person

Kita Adalah Sales Person

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Apa maksud dari judul ini? Apakah aku dan anda semua adalah seorang salesman alias tenaga penjual? Padahal bisa jadi anda tidak memiliki produk/jasa yang anda jual/pasarkan dan itu merupakan bisnis anda. Coba simak baik-baik kondisi berikut:

  • Ketika anda kuliner di suatu rumah makan yang enak sekali, anda pasti pernah menceritakan dan merekomendasikan rumah makan tersebut ke orang lain. Benar kan..??
  • Ketika anda melakukan adventure ke tempat rekreasi yang sangat indah, anda pasti pernah menceritakan pengalaman itu dan merekomendasikannya ke orang lain. Benar kan..??
  • Ketika anda pernah menginap di suatu hotel atau villa yang nyaman, view bagus dan pelayanan sangat oke, anda pasti pernah menceritakan dan merekomendasikan hotel/villa tersebut ke orang lain. Benar kan..??
  • Ketika anda membeli mobil/motor favorit ke dealer yang sangat memuaskan anda, maka anda pasti pernah menceritakan dan merekomendasikan dealer tersebut ke orang lain. Dan anda juga menceritakan kelebihan dari motor/mobil yang anda beli. Benar kan..??
  • Ketika anda potong rambut di barber shop/salon yang membuat anda rileks dan hasilnya sesuai maunya anda, maka anda pasti pernah menceritakan dan merekomendasikan salon/barber shop tersebut ke orang lain. Benar kan..??
  • Ketika anda punya aplikasi online di HP yang sangat memudahkan dan menguntungkan anda, maka anda pasti pernah menceritakan dan merekomendasikan aplikasi tersebut ke orang lain. Benar kan..??
  • Dan masih banyak lagi pengalaman hidup yang memberikan manfaat dan kepuasan kepada anda, pasti anda ceritakan dan rekomendasikan kepada orang lain di sekitar anda…

Naahh, sekarang baru ngeh kan, bahwa ternyata secara tidak sadar anda selalu menawarkan suatu produk/jasa yang anda pakai kepada orang lain. Anda selalu menceritakan pengalaman yang indah, menarik, memudahkan dan memuaskan dari suatu produk/jasa kepada teman-teman di sekitar anda. Dan saya yakin, ketika ada teman anda yang mengikuti jejak anda, membeli atau memakai produk/jasa tsb, anda pun merasa puas, walaupun anda tidak digaji oleh perusahaan pemiliknya. Setiap Kita adalah Sales Person

Itulah salah satu fitrah manusia, yang sudah menjadi naluri alamiahnya, bahwa manusia selalu ingin berbuat baik, selalu ingin menebar manfaat kepada orang lain. Selalu ingin berbagi kisah indah kepada kawan. Selalu ingin menjual ide dan gagasan kepada orang lain. Selalu ingin menceritakan keinginan dan mimpinya kepada teman. Jagalah fitrah itu, untuk kebaikan bagi sesama dan kesuksesan anda.

Jadilah pendidik bukan sekedar guru. Jadilah pendakwah bukan sekedar da’i. Jadilah inisiator bukan sekedar pelaku. Jadilah pioneer/ trend setter bukan sekedar follower. Jadilah penyambung lidah kebenaran. Jadilah peng-explore pengalaman indah yang bisa menginspirasi banyak orang. Jadilah penjual ide dan gagasan yang brilian dimana pun anda berada. Karena, setiap Kita Adalah Sales Person…

Baca juga: Personal Branding atau Terkenal ?

Salam Perubahan…!!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , ,

3 replies

Trackbacks

  1. Disabilitas Mental | Sugibisnis's Blog
  2. Jangan Terlalu Lama Melihat Spion | Sugibisnis's Blog
  3. Salesman: SELL Atau TELL | Sugibisnis's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: